Penyebab HP Cepat Panas

Penyebab HP Cepat Panas 7
Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Penting buat para pengguna tahu penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya, sebab masih banyak user diluar sana yang sering banget mengabaikan kondisi kesehatan perangkat ponsel mereka dan membiarkan kebiasaan buruk terus dilakukan.

Padahal jika kamu terus membiasakan kebiasaan buruk tersebut, dapat memperpendek umur komponen di dalamnya.

Munculnya gejala panas pada sebuah perangkat elektronik adalah hal yang wajar, tetapi jika panas ini suhunya jauh di atas batas normal, maka perlu kalian curigai kalau perangkat yang kamu gunakan sedang tidak baik-baik saja.

Panas yang dikeluarkan dari perangkat ponsel ini bisa dari dua sumber, yang pertama karena baterai dan yang kedua komponen hardware seperti : prosesor, layar, dan part lain.

Namun, bisa karena keduanya muncul bersamaan, contoh overheat dipicu karena panas baterai yang tidak kunjung turun, kemudian hingga panas merambat ke komponen lain dan memicu overheat.

Panas yang wajar sebenarnya gak begitu masalah jika tidak dipicu oleh penggunaan yang berlebihan.

Dan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, dikhawatirkan dapat menurunkan fungsi dan umur komponen, misalnya baterai, prosesor, dan layar.

Oleh karena itu kamu harus pahami betul penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya, supaya kinerja makin awet dan umur ponsel bisa bertahan lama.

Penyebab HP Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya

Pemicu HP cepat panas bisa dari faktor internal dan juga eksternal. Biasanya kalau ditinjau dari segi internal kurang lebih gak jauh dengan komponen HP, aplikasi, game, dan jaringan dari ponsel tersebut.

Kemudian kalau dari segi eksternal banyak dari pengaruh kebiasaan pengguna yang cenderung buruk.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya di bawah ini :

1. Menjalankan Aplikasi Berat

Membebankan tugas berat kepada perangkat ponsel tentunya dapat berpengaruh bagi konsumsi daya sebuah baterai.

Semakin lama penggunaan dalam menjalankan aplikasi berat, maka semakin boros juga baterai yang tersisa efek instan yang bakal pengguna rasakan yaitu HP akan terasa panas. Akan lebih baik jika kamu pakai dalam batas ketentuan wajar saja.

2. Memainkan Game Seharian PenuhHP Dipakai Game Seharian

Selain aplikasi berat yang membebankan tugas perangkat, penyebab HP cepat panas yang berikutnya adalah bisa disebabkan oleh game yang dijalankan seharian penuh.

Sebenarnya game memiliki respon komponen yang lebih kompleks, karena HP membutuhkan peran GPU dan prosesor dalam membentuk kualitas gambar dan kontrol yang sempurna. Jika hal ini dipacu seharian penuh, alhasil perangkat bisa sampai overheat.

3. Baterai Sudah UsangBaterai HP Rusak

Kondisi baterai yang sudah tidak sehat sangat memberikan pengaruh terhadap penyaluran daya di dalam ponsel.

Karena aktivitas baterai yang bisa dikatakan sudah tidak normal lagi, alhasil selama penggunaan harian akan memunculkan gejala aneh seperti HP suka panas dengan sendirinya.

Hal tersebut diakibatkan baterai yang sudah bocor, terlalu cepat menyerap daya hingga menyebabkan suhu perangkat meningkat.

Artikel Menarik :

HP patah-patah saat main game ? Beginilah panduan cara mengatasi HP patah-patah saat main game.

4. HP Susah Menangkap SinyalHP Susah Signal

Belum banyak orang tahu jika HP sedang melakukan aktivitas menangkap sinyal, sistem dalam perangkat sangat berusaha keras untuk kembali menghubungkan ke jaringan demi mendapatkan kualitas akses yang bagus.

Biasanya HP akan mudah panas jika kamu menghidupkan paketan data. Solusinya adalah jika berada di tempat yang sulit menjangkau sinyal, sementar matikan dulu paketan data lalu hubungkan saja ke koneksi Wi-Fi.

5. Faktor Cuaca dan Suhu Sekitar

Sebenarnya faktor eksternal seperti cuaca dan temperatur bisa sangat mempengaruhi suhu sebuah ponsel.

Jika cuaca sekitar lagi panas dan kamu terpaksa mengoperasikan ponsel di ruangan outdoor, gak perlu tunggu lama hanya hitungan sesaat saja HP kamu suhunya bakal naik.

Karena berdasarkan pengalaman admin pribadi, faktor tersebut memang sangat terbukti.

6. Charger HP BermasalahCharger HP Bermasalah

Jangan pernah kalian pakai charger HP yang tidak sesuai dengan spek aslinya.

Dikhawatirkan jika cas yang dipakai memiliki output daya lebih besar, baterai dalam ponsel terlalu cepat menerima arus hingga menyebabkan suhu naik, begitupun sebaliknya.

Apalagi kalau HP kondisi di cas tetapi masih dipaksa digunakan, seperti bermain game, atau menjalankan aplikasi berat. Tentu suhu bakal naik seketika.

Artikel Menarik :

Baterai HP cepat habis ? Ternyata ini penyebab baterai HP cepat habis beserta cara mengatasinya.


Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Melengkapi pembahasan Tim Kompiwin kali ini yakni penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya…setelah kalian sedikit tahu soal faktor kenapa HP suka panas, berikutnya kita akan berikan jalan keluar sebagai tindakan antisipatif.

  1. Jika pemakaian outdoor, hindari HP dengan paparan sinar matahari langsung.
  2. Tutup aplikasi yang tidak penting, kalau bisa menonaktifkan aplikasi berjalan latar.
  3. Hindari aktivitas ekstrim, seperti menaikkan kecerahan layar sampai maksimal.
  4. Matikan ponsel ketika dicas.
  5. Gunakan charger sesuai spek HP.
  6. Jauhkan HP dengan benda yang menghantarkan panas.
  7. Ganti baterai jika sudah rusak.
  8. Matikan fitur apapun jika tidak berguna, seperti Bluetooth, GPS, NCS, Sync dan sejenisnya.
  9. Hapus file sampah.
  10. Jangan gunakan HP buat ngegame seharian.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah ulasan kita tentang penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya.

Silahkan simak penjelasan diatas, siapa tahu kamu bisa ambil langkah preventif sebelum terjadi kerusakan yang fatal di dalam Hpmu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.