Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Cepat Habis 7
Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Inovasi yang dikembangkan oleh pabrikan elektronik jaman sekarang hampir semuanya ingin produk buatan mereka terkesan fleksibel dan praktis dibawa kemana-mana.

Alhasil baterai merupakan opsi utama dalam pengembangan piranti elektronik yang praktis dan mudah dibawa kemana saja.

Berbicara seputar baterai, Tim Kompiwin disini punya pembahasan yang menarik, yaitu penyebab baterai HP cepat habis.

Mungkin tanpa orang sadari, pemakaian baterai HP di masing-masing device kepemilikannya itu menyesuaikan gaya personalisasi seseorang.

Pada kesimpulannya, akan didapatkan tipe penggunaan baterai yang tidak sehat dan penggunaan wajar atau pemakaian normal.

Bagi yang suka mengeluhkan baterai HP cepat habis dan boros, sepertinya kamu wajib tahu apa saja yang bikin daya penyimpanan baterai tersebut cepat terkuras habis.

Dibawah kita sudah berikan rangkuman penyebab baterai HP cepat habis berdasarkan kebiasaan umum para pengguna dan kasus yang terjadi diluar sana.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Berikut akan tersedia beberapa poin, yang mungkin salah satunya tanpa kamu sadari sering dilakukan dan itu berdampak buruk bagi kualitas baterai HP kamu.

Buat yang penasaran silahkan simak ulasan berikut:

1. Memaksa HP Ketika Kondisi Sinyal BurukHP Susah Nangkap Signal

Tanpa banyak orang ketahui, perangkat ponsel jika kehilangan sinyal dan disaat aktivitas data seluler aktif, maka sistem akan berusaha keras untuk kembali menangkap sinyal hingga menguras konsumsi daya baterai yang berlebih.

Coba deh sesekali perhatikan, ketika ponsel kamu sulit menangkap sinyal dalam waktu yang lama, tanda yang bakal muncul yaitu HP terasa panas dan baterai terkuras sangat banyak.

Solusi yang tepat adalah, matikan ponsel atau aktifkan mode pesawat jika daerah yang kamu singgahi sulit menangkap sinyal.

2. Banyak Aplikasi Yang BerjalanAplikasi Berjalan Multitask

Penyebab baterai HP cepat habis yang berikutnya karena aplikasi yang berjalan terlalu banyak.

Mungkin sudah jadi rahasia umum jika pengguna menjalankan terlalu banyak aplikasi maka dapat menyedot daya baterai yang berlebih. Membiarkan aplikasi lain berjalan secara latar juga membutuhkan konsumsi baterai berlebih.

Apalagi software yang dijalankan membutuhkan koneksi internet, misalnya seperti Facebook, WhatsApp, LINE, Instagram, dan lainnya.

Alangkah baiknya setelah kamu jalankan aplikasi, tutup semua App tersebut di laman multitask.

3. Membiarkan Semua Fitur HP Berjalan Bersamaan

Fitur yang kita maksud disini adalah seperti menghidupkan WiFi, Bluetooth, data seluler, NFC, Lokasi, Sync dan masih banyak lain secara bersamaan.

Jenis fitur yang dapat mengindikasikan pengurasan baterai seperti aktivitas jaringan dan lainnya segera kamu matikan jika tidak digunakan.

Seperti penggunaan akses jaringan, kamu bisa pakai WiFi saja atau data seluler saja untuk internetan, lalu buat yang gak ada kebutuhan mengirim file biarkan Bluetooth OFF saja.

4. Membiarkan Layar Terus AktifLayar HP Diatur Stand By

Poin yang keempat ini berkaitan dengan personality habits seseorang.

Entah kenapa mereka ada yang suka membiarkan layar ponsel terus menyala dan standby meski tidak digunakan sekalipun.

Alasan mereka adalah praktis tanpa buka kunci dan memasukkan Kata Sandi atau PIN. Tetapi kebiasaan tersebut jadi bikin boros baterai.

Di dalam pengaturan ponsel sudah disediakan opsi durasi layar mati ingin seberapa lama.

Nah, kalau ngerasa baterai HP cepat habis, silahkan ubah ke Pengaturan Normal, bikin layar standby kurang lebih 30 detik atau 1 menitan.

5. Bermain Game Seharian PenuhHP Dipaksa Main Game Terlalu Over

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jika kita memaksa HP bekerja selama seharian penuh untuk kebutuhan game, tentu lama kelamaan bakal menurunkan kualitas dari si baterai HP tersebut.

Belum lagi ketika mereka bermain dalam kondisi ngecas, yang ada makin memperpendek umur pakai baterai.

Jalan keluarnya adalah kurangi waktu main game, atau aplikasi berat lain untuk memperpanjang kualitas baterai.

Karena poin kelima inilah yang jadi pengaruh kuat dalam konsumsi baterai cepat habis.

6. Baterai Sudah RusakBaterai HP Sudah Rusak

Kemudian penyebab baterai HP cepat habis bisa dari kondisi baterai tersebut. Kalau sudah rusak mau seperti pemakaian normal pun daya yang tersedot jauh lebih cepat dibanding ketika baterai masih sehat.

Kemudian suatu baterai itu memiliki masa pakai atau lifetime yang meskipun kita sudah rawat ponsel sebaik mungkin, tetap kalau masanya harus ganti baterai maka tanda-tanda yang muncul seperti baterai lebih boros atau sering lowbat.

7. Kondisi Charger

Untuk mengisi daya baterai kita perlu yang namanya alat Charger.

Perangkat ini yang akan berhubungan langsung dengan baterai, jadi kalau part yang dipakai tidak sesuai spesifikasi atau kualitas charger kurang baik, dapat berpotensi merusak cell-cell yang ada di baterai.

Misalnya menggunakan charger ampere yang tinggi juga jadi salah satu penyebabnya.

Nah, supaya kondisi masih tetap normal-normal saja, dianjurkan pakai charger sesuai spesifikasi HP.

Akhir Kata

Seperti itulah penyebab baterai HP cepat habis, sebenarnya masih banyak faktor lain, seperti menggunakan brightness terlalu tinggi, hardware bermasalah, sistem sedang tidak benar, dan masih banyak lagi. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi banyak orang, stay safe guys.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.