Gadget

Cara Mengatasi HP Samsung Sering Restart Sendiri

Pinterest LinkedIn Tumblr

HP Samsung kamu suka restart sendiri? Kira-kira kenapa kondisi ini bisa terjadi? Sebelum kita masuk ke pembahasan inti yakni cara mengatasi HP Samsung sering restart sendiri, gak ada salahnya jika kita mengetahui apa penyebab terjadinya HP yang suka restart sendiri.

Kondisi seperti ini memang sangat menjengkelkan, apalagi jika kita sedang butuh mengerjakan suatu hal yang penting, tiba-tiba tanpa alasan yang jelas HP secara otomatis restart sendiri.

Mungkin bagi yang saat itu tidak berkepentingan, hal ini tidak begitu bikin mengecewakan, tapi bagaimana ceritanya jika mereka yang saat kejadian sedang mengetik hal-hal penting, dan lupa kalau belum disimpan tetapi malah HP restart sendiri.

Jika HP Samsung sering restart sendiri, tandanya memang sedang ada yang tidak beres. Kalau urusannya seperti boot looping, terkadang inti permasalahan tidak akan jauh dari program software atau bug pada sistem OS-nya.

Untuk lebih lengkap silahkan simak penjelasan di bawah tentang penyebab HP yang sudah restart sendiri :

Penyebab HP Sering Restart SendiriKondisi Memori Internal Penuh

Ada sebab ada akibat, tidak mungkin kalau HP dalam kondisi normal atau sehat tiba-tiba suka restart sendiri tanpa ada alasan yang jelas.

Bahkan program di dalam OS komputer pun jika devicenya mengalami masalah yang mengharuskan saat itu perlu direstart, sistem akan memberikan notifikasi persetujuan terlebih dahulu sebelum perangkat melakukan perintah restart.

1. Bug Sistem

Biasanya masalah utama kenapa HP Samsung sering restart sendiri adalah banyak bermunculan bug sistem yang mengganggu perintah program dalam OS HP. Bug dapat muncul ketika HP mengalami gagal update, menginstall aplikasi tertentu dan masih banyak lainnya.

2. Software Yang Dijalankan Error

Kalian pasti pernah menjalankan program software yang mendadak berhenti karena error. Biasanya layar akan memunculkan notifikasi jendela bertulisan Force Stop, dan seketika tombol pada layar tidak berfungsi. Untuk melakukan self healing terkadang smartphone melakukan restart sendiri tanpa ada perintah dari si pemilik.

3. Sistem Crash

Kurang lebih sama seperti point kedua diatas, HP yang suka restart sendiri biasanya disebabkan oleh komponen sistem inti yang crash. Tidak diketahui penyebab pastinya, yang jelas masih ada kaitannya dengan bug yang mengganggu.

4. Memori RAM Penuh

RAM berfungsi sebagai memori penyimpanan sementara ketika suatu program atau aplikasi dijalankan. Jika kamu terlalu memaksa banyak aplikasi yang terbuka, yang menyebabkan RAM penuh, terkadang efeknya HP jadi terasa lemot. Dan disaat inilah HP melakukan restart sendiri.

5. Memori Internal Penuh

Penuhnya memori internal juga dapat mempengaruhi faktor, efek dari memori yang penuh ini bikin kinerja HP jadi melambat, dan terkadang antara sistem didalamnya saling crash sampai menyebabkan restart sendiri.

6. Kerusakan Hardware

Tidak dapat dipungkiri, masa pakai HP yang sudah lama, dan hardware yang menandakan kerusakan bisa jadi penyebab utama HP restart sendiri. Biasanya kasus ini bisa dipicu karena HP pernah jatuh, HP pernah berbenturan dengan benda keras, dan masih lainnya.

Mau buat menjadi anime ? Ikuti panduan lengkapnya di cara menggunakan apikasi BASE apk.

Cara Mengatasi HP Samsung Sering Restart Sendiri

Setelah kita mengetahui banyak tentang faktor kenapa HP sering restart sendiri, selanjutnya sebagai langkah preventif atau memperbaiki, dibawah akan kita sediakan cara mengatasi HP samsung sering restart sendiri.

1. Mengaktifkan Aplikasi Sistem Yang Disable

Ulah bug terkadang bikin kita terlena, mereka bisa saja mematikan beberapa aplikasi sistem yang penting dan menyebabkan kinerja didalamnya malfungsi.

Seperti yang kita tahu, didalam program android ada dua buah jenis aplikasi, yakni aplikasi yang kita install di playstore dan aplikasi bawaan sistem.

Untuk mengaktifkan kembali aplikasi pada sistem. silahkan ikuti langkah dibawah :

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke menu Aplikasi.Buka Menu Aplikasi
  3. Pada bagian opsi yang bentuknya seperti icon titik 3.Tekan Opsi Lanjutan Berbentuk Titik Tiga
  4. Pilih Tampilkan Aplikasi Sistem.Tampilkan Sistem Aplikasi
  5. Setelah itu bada menu bar paling atas, ubah settingan Semua menjadi Nonaktif.Ubah Mode Disable
  6. Cari aplikasinya kemudian aktifkan.

2. Update Perangkat HP

Untuk memperbaiki sistem yang rusak, solusi yang cukup ampuh untuk mengembalikan ke kondisi normal adalah mengupdate programnya. Karena fitur update ini dapat memperbarui sistem, memperbaiki bug, dan menghilangkan cache versi sebelumnya.

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih Update Perangkat Lunak.Tekan Tombol Perangkat Lunak
  3. Kemudian tekan Unduh dan Install.Tombol Unduh Dan Instal Untuk Update
  4. Tunggu prosesnya sampai selesai.
Cetak foto dengan gaya polaroid ? Simak cara mudah membuat foto Polaroid.

3. Bersihkan Cache HP

Cara mengatasi HP Samsung sering restart sendiri berikutnya yaitu menghapus semua cache yang ada di program HP.

  1. Matikan HP terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.Tekan Tombol Kombinasi Power + Volemu Up
  3. Sampai muncul menu recovery seperti ini.
  4. Silahkan geser ke bawah menggunakan tombol volume, dan pilih wipe cache partition, untuk menekan pencet tombol power.Akhir Proses Lalu Tekan Reboot System Now
  5. Geser kebawah dan pilih Yes.
  6. Jika sudah pencet Reboot System Now.Akhir Proses Lalu Tekan Reboot System Now
  7. Tunggu sampai selesai.

4. Hapus Aplikasi Yang Terakhir Di Install

Jika kamu merasa HP restart sendiri karena ada masalah setelah menginstall suatu aplikasi, mungkin bisa jadi aplikasi tersebut memicu kerusakan sistem.

Coba diingat-ingat dan bisa kamu cari pada menu Pengaturan ➤ Aplikasi untuk melihat software apa saja yang terpasang.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih Aplikasi.Tekan Tombol Aplikasi
  3. Cari aplikasinya kemudian uninstall.

5. Ganti Baterai HP

Terkadang tanpa dipungkiri faktor kerusakan perangkat keras juga bisa jadi penyebab HP Samsung sering restart sendiri.

Dan hardware yang sering dikambing hitamkan dalam kasus ini adalah baterai HP. Kondisi baterai yang sudah tidak optimal terkadang suka bikin penyaluran daya tidak sempurna.

Oleh karena itu terkadang sering memicu error seperti suka restart sendiri atau daya cepat habis.

Solusinya kamu bisa ganti baterai yang berkualitas baik, kalau bisa ori bawaan dari HPnya.

Bingung karena muncul frame hijau di tepi layar smartphone ? Coba ikuti cara mengatasi frame hijau di tepi layar.

6. Unroot HP

Bagi kamu yang sering melakukan eksperimen seperti melakukan root pada HP, sepertinya jika sudah muncul kasus masalah seperti HP sering restart sendiri, alangkah baiknya kamu mengembalikan ke settingan awal.

Program yang bisa dibilang customable ini terkadang merusak kinerja sistem asli, akibatnya antara file custom dengan file program bawaan sering memicu crash sampai hingga menyebabkan HP mati hidup sendiri.


Akhir Kata

Jika cara mengatasi HP Samsung sering restart sendiri yang sudah kita sediakan diatas tidak ada yang berhasil, sepertinya solusi yang paling baik adalah kamu bisa membawa perangkat HP kamu ke tukang servis terpercaya.

Konsultasikan untuk menentukan bagaimana jalan keluar yang baik. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar