Gadget

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Pinterest LinkedIn Tumblr

Fungsi utama ponsel diciptakan adalah sebagai alat komunikasi. Namun, jika kita bilang HP sebagai alat komunikasi murni juga tidak sepenuhnya benar.

Karena perangkat ini masih membutuhkan yang namanya alat bantuan semacam chip yang berguna untuk menyambungkan ke operator jaringan.

Nah, melalui operator jaringan ini baru kita bisa melakukan kegiatan komunikasi, seperti telepon, SMS, melakukan akses ke jaringan internet, dan lain-lain.

Chip tersebut lebih dikenal dengan sebutan kartu SIM. Kartu ini bisa menyimpan data yang terintegrasi dengan operator jaringan, dan setiap kartu SIM memiliki identitasnya masing-masing atau yang disebut dengan nomor telepon.

Namun kira-kira apa yang terjadi jika kartu SIM di dalam HP tidak dapat terbaca? Bagaimana cara mengatasi SIM card tidak terbaca tersebut?

Penyebab Kartu SIM Tidak TerbacaKondisi Kartu SIM Rusak

Tapi sebelum itu alangkah baiknya kalau kita kenali terlebih dahulu penyebab kartu SIM tidak terbaca secara tiba-tiba. Ternyata ada banyak penyebabnya, dan yang paling umum terjadi adalah :

1. Kartu SIM Rusak

Bentuk kartu SIM yang cacat terkadang menyulitkan ponsel untuk mendeteksi jaringan di dalamnya. Terkadang kartu SIM yang gagal terbaca akan memberikan tanda silang pada layar notifikasi bar, dan memberikan peringatan tertulis “Tidak ada jaringan, hanya panggilan darurat saja”.

2. Kartu SIM Panas

Pemakaian HP yang overuse terkadang membuat sebagian perangkat mulai overheat atau panas. Umumnya panas disebabkan oleh baterai yang bekerja ekstra, kemudian mulai merambat ke beberapa perangkat lainnya termasuk SIM Card. Jika kondisi SIM Card panas, terkadang perangkat tidak dapat mendeteksi jaringan dan efeknya HP akan terputus dengan jaringan.

3. Alamat IMEI Hilang

IMEI adalah kode unik identitas suatu HP, jika alamat IMEI ini hilang efeknya akan mempengaruhi langsung ke HP, salah satunya yakni kartu SIM seolah-olah tidak terbaca.

4. Kerusakan Hardware IC PA

Faktor lainnya adalah bisa karena hardware atau komponen bernama IC PA mengalami kerusakan. Dampak kerusakan ini akan membuat sinyal HP hilang, sehingga menyebabkan kartu SIM seperti tidak berfungsi.

Mau merekam siaran Televisi ? Ikuti cara merekam siaran TV melalui smartphone atau laptop.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Ada beberapa metode atau cara mengatasi SIM Card tidak terbaca, dalam pembahasan kali ini kita akan sajikan 5 cara bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini.

1. Restart HPTahan Tombol Power Lalu Restart

Langkah pertama kita mulai dengan metode yang paling mudah, yakni coba lakukan restart HP. Meski terdengar sederhana, namun dengan cara me-restart HP ini bisa mengembalikan kondisi kembali pulih seperti semula. Karena bisa saja tidak terbacanya kartu SIM diakibatkan oleh bug sistem yang mengganggu perintah di dalamnya.

2. Cabut Dan Masukan Kembali Kartu SIMLepas Dan Pasang Kembali Slot SIM Card

Selain merestart HP, kamu juga bisa lakukan cara seperti mencabut dan mengembalikan kembali kartu SIM ke tempatnya. Terkadang slot kartu tidak dapat membaca karena posisi atau error.  Pertama matikan terlebih dahulu HP kamu, kemudian cari slot kartu SIM, selanjutnya lepas dan pasang kembali. Terakhir hidupkan lagi.

Samsung Galaxy Tab kamu sering restart sendiri ? Ikuti cara mengatasi Galaxy Tab sering restart sendiri.

3. Ganti Kartu SIM Yang Sudah Rusak

Mungkin banyak diluar sana yang pernah memotong kartu SIM karena slot HP yang tersedia ukurannya tidak sesuai dengan jenis kartunya. Solusinya terkadang mereka ada yang memotong secara manual, akibatnya bentuk fisik dari kartu SIM tidak utuh dan cenderung tidak beraturan.

Kondisi kartu seperti di atas ketika dimasukan ke dalam slot terkadang perangkat tidak dapat membaca akibat posisinya yang tidak pas dan goyang-goyang. Untuk itu silahkan ganti kartu SIM dengan mendatangi kantor provider terdekat, bilang saja ingin ganti kartu SIM yang rusak.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Untuk memancing jaringan kadang kita perlu melakukan beberapa metode, salah satunya dengan cara menghidupkan Mode Pesawat. Jadi metodenya kurang lebih seperti ini :

  • Restart dulu Hpnya.
  • Telah hidup aktifkan Mode Pesawat yang ada di panel notifikasi.Aktifkan Mode Penerbangan
  • Tunggu sekitar 2 menitan.Mode Penerbangan Sudah Aktif
  • Jika sudah hidupkan kembali.
Mau hemat kuota Android ? Ikuti cara menghemat pemakaian kuota Internet.

5. Ubah Pengaturan Jaringan

Berkaitan dengan jaringan, cara mengatasi SIM tidak terbaca ini bisa kamu lakukan dengan solusi mengubah pengaturan jaringannya. Ternyata kamu bisa mengubah jaringan ini dengan bebas dan kapan saja.

  • Masuk ke Pengaturan.
  • Pilih menu Koneksi.Pilih Menu Koneksi
  • Selanjutnya buka bagian Pengelola Kartu SIM.Tekan Pengelola Kartu SIM
  • Ketuk salah satu provider.
  • Kemudian ubah Mode Jaringan.Pilih Mode Jaringan

Akhir Kata

Jika cara diatas masih belum teratasi, kemungkinan kerusakan bisa terjadi pada sistem hardware-nya.

Untuk mengatasi kamu bisa pergi ke tukang service HP dan mengkonsultasikan permasalahan ini, tenang saja harga komponen konektor SIM atau IC PA tidak begitu mahal kok.

Untuk range harganya kurang lebih sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribuan. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar