Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam 1
Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Suatu tindakan yang dilakukan secara berlebihan itu akan menimbulkan efek yang tidak baik. Seperti pembahasan yang akan Tim Kompiwin bawa disini, yaitu cara mengatasi HP panas baterai tanam.

Pemakaian ponsel yang terlalu lama seringkali memicu suhu perangkat yang makin meningkat. Kalian pasti sering merasakan hal ini, apalagi kalau pemakaian ponsel di luar ruangan dan pada waktu siang hari.

Sekarang teknologi ponsel sudah makin meningkat, rata-rata HP keluar terbaru sudah menggunakan kapasitas ukuran baterai yang sangat besar, dan sistem pemasangannya pun dilakukan secara tanam tidak lepas pasang seperti HP jaman dulu.

Mungkin kalau dulu kita sering mengalami baterai panas tinggal solusi mudahnya adalah melepaskan baterai dari ponsel dan membiarkannya dingin sebentar.

Terus kalau kasusnya baterai di HP tidak bisa dilepas. bagaimana cara mengatasi HP panas baterai tanam tersebut?

Penyebab Baterai HP Terlalu Panas

Meskipun termasuk teknologi yang terbarui, penggunaan baterai tanam tidak selalu menjadi solusi. Dari segi desain memang pemakaian model tanam dapat menunjang sisi estetika sebuah ponsel.

Tetapi tidak semuanya smartphone dengan baterai tanam berjalan dengan baik.

Baterai termasuk komponen yang perlu selalu diperhatikan, pasalnya bagian perangkat ini memiliki lifetime yang pada waktu tertentu harus diganti.

Entah itu, karena kualitasnya yang sudah mulai berkurang atau memang komponen tersebut sudah tidak bisa digunakan.

Kerusakan baterai tanam pada HP dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Adapun beberapa faktor yang sering menjadi penyebab kerusakan baterai tanam pada HP antara lain sebagai berikut :

1. Pemakaian HP yang Tidak Wajar

Tidak hanya baterai yang cepat habis ketika digunakan secara brutal. Performa HP juga akan perlahan mengalami penurunan jika pemakaian yang dilakukan sangat tidak wajar.

Solusinya jangan pernah terlalu memaksakan penggunaan smartphone milikmu agar baterai tetap awet dan tidak cepat habis.


2. Menggunakan Charger Tidak Original

Perlu diperhatikan, dianjurkan pengguna tetap selalu memakai charger original atau yang satu merk dengan HP bersangkutan.

Karena kapasitas baterai dengan arus pada charger jika tidak seimbang akan menimbulkan efek yang merugikan.

Selain pengecasan berjalan lambat, untuk efek kedepannya akan memperburuk cells di dalam baterai tersebut.


3. Pemakaian HP Sambil di Cas

Ini merupakan salah satu faktor yang sering dilakukan oleh pengguna HP saat ini. Menggunakan HP sambil di cas dapat mengakibatkan proses input dan output secara bersamaan.

Hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Usahakan agar baterai HP terisi penuh terlebih dahulu sebelum benar-benar digunakan untuk jangka yang lama seperti bermain game atau menonton video di YouTube.

Mungkin sesekali dipakai untuk balas chat atau mengangkat telpon tidak masalah, tapi ingat jangan digunakan untuk aktivitas dalam jangka yang lama.


4. Menjalankan Banyak Aplikasi

Kalau sudah tidak digunakan, sebaiknya kamu uninstall semua aplikasi yang tidak terpakai. Dan hindari aplikasi multitask ketika ponsel dipakai.

Hal ini dapat menimbulkan kinerja processor HP semakin terbebani dan menguras baterai. Kami sangat menyarankan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Dan menutup semua aplikasi yang berjalan secara background.

Informasi Tambahan:

Ingin baterai HP iPhone kamu awet dan tidak cepat habis? Kami pernah merekomendasikan aplikasi penghemat baterai iPhone terbaik.


Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam

Apa yang kita sebutkan diatas, termasuk sebagian kecil penyebab kerusakan baterai ponsel milikmu. Untuk mencegah agar kondisi tidak semakin parah, kalian bisa gunakan tips di bawah ini.

1. Ganti Charger Yang Bermasalah

Pilih Charger Asli

Charger dapat menjadi pemicu kerusakan baterai. Arus yang di transfer jika tidak sesuai dengan kapasitas baterai dapat merusak cells yang ada di dalamnya. Kalau baterai sudah tidak optimal, efeknya sering memunculkan suhu panas.


2. Gunakan Jaringan WiFi

Gunakan Jaringan Wifi

Penggunaan jaringan yang tidak stabil dapat membuat HP cepat panas. Hal ini disebabkan karena sistem bekerja lebih ekstra untuk mendapatkan sinyal.

Kalian bisa merasakan ketika jaringan mulai tidak stabil, maka kinerja ponsel makin lama makin panas. Akan lebih bijak jika kamu menggunakan jaringan WiFi.


3. Atur Intensitas Cahaya Layar Normal

Atur Brightness Rendah

Penggunaan layar yang berlebihan bisa cepat menghabiskan daya tersimpan. Sehingga jika digunakan dalam pemakaian jangka lama baterai bakal memanas serta daya terasa boros.


4. Charger HP Sebelum Dayanya Habis Total

Charger HP Sebelum Habis

Kebanyakan smartphone terbaru sudah menggunakan baterai jenis Lithium Polymer. Jenis baterai seperti ini yang mengharuskan pengguna menghindari kebiasaan charger HP sampai daya benar-benar habis.

Efeknya dalam jangka lama akan merusak komponen baterai hingga penurunan performa.

Informasi Tambahan:

Perangkat HP tidak mau menyala karena baterai sudah terlanjur habis? Tenang, kami sudah membahas solusi permasalahan tersebut. Silahkan kunjungi konten artikel kami tentang cara mengatasi HP mati karena kehabisan baterai.


5. Hindari Pengisian Baterai Yang Berlebihan

Meskipun teknologi baterai sudah canggih seperti pemutusan arus ketika sudah 100%, tetapi hal ini perlu dihindari kalau kebiasaan sering dilakukan terus menerus.

Baterai akan rusak karena overcharging, efeknya adalah akan mengembung lalu sering terasa drop.


6. Sering Bersihkan Sampah Aplikasi HP

Hapus Cache Sistem HP

Untuk meringankan kinerja ponsel, kalian harus melakukan perawatan rutin seperti penghapusan cache atau file sampah dalam aplikasi.

Semakin banyak file yang menumpuk, akan membebani kinerja sistem hingga mengakibatkan lemot.


7. Tempelkan Dasar HP Ke Tempat Dingin

Sekedar tips untuk meminimalisir overheat, kalian bisa tempelkan dasar HP yang panas di atas bidang seperti lantai. Dalam waktu singkat panas tersebut akan terserap dan suhu baterai bakal normal kembali.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi panas baterai tanam yang sering orang alami. Silahkan kalian ikuti tips diatas untuk merawat ponsel masing-masing. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.