Resetter Epson L1300

Resetter Epson L1300 1
Resetter Epson L1300

Didalam list yang sudah kita berikan di Resetter Epson kemarin, salah satu diantara varian L Series lainnya terdapat model printer bernama Epson L1300. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berikan ulasan lengkap tentang Resetter Epson L1300 sekaligus sedikit menyinggung soal fitur serta kemampuan potensi dari printer tersebut.

[toc]

Varian L dari jajaran produk Epson sendiri merupakan varian yang ada di kelas midd-entry, banyak lineup yang hadir di kelas L series, dan salah satunya yaitu L1300. Sebenarnya model printer tersebut termasuk model yang cukup lawas dibanding dengan saudara-saudaranya, dan kalian yang datang disini sangat tepat sebab bisa dipastikan umur printer kalian memang sudah waktu masanya untuk dilakukan reset.

Sebelum menyinggung ke inti pembahasan Resetter Epson L1300, ada baiknya kita akan ulas kembali review fitur dan kemampuan printer L1300 ini. Silahkan simak penjelasannya dibawah :

Review Epson L1300

Printer Epson seri L1300 ini umumnya digunakan untuk kebutuhan percetakan dalam skala besar. kenapa? Yang pertama bentuk dan ukuran printernya cukup jumbo, Epson membentuk ukuran yang besar ini tentu bukan tanpa alasan, mereka mengejar ukuran kertas dan resolusi printer tinggi juga.

Yap, L1300 memiliki kemampuan untuk mencetak ukuran kertas sampai A3. Jika kertas yang mereka cetak ukurannya besar, maka artinya resolusi printernya juga harus dibuat tinggi mengingat ukuran kertas A3 itu memang sangat jumbo.

Bayangin aja total ukuran dimensi printer ini 705 x 322 x 215 mm, dan berat bobotnya sangat fantastis yakni mencapai 12,2kg.

Printer sangat cocok digunakan sebagai perlengkapan sebuah usaha percetakan, meski fungsinya hanya tunggal yakni sebagai alat cetak saja, tetapi kemampuan yang sanggup printer L1300 lakukan sangat banyak.

Yang pertama sudah kita sebutkan diatas, dimana print sanggup mencetak ukuran kertas maksimal A3. Kemudian head print telah disokong dengan teknologi tinggi, Epson menyebut teknologi tersebut dengan nama bi-directional printing and uni-directional printing. Dimana hasil cetakan dari print out akan jauh lebih tajam dan berkualitas tinggi.Epson L1300

Untuk angka resolusinya mencapai 5760 x 1440 dpi, lalu teknologi tetesan tinta pada model ini khusus dimana sudah menggunakan ukuran variabel (Variable-Sized Droplet/VSDT).

Dijamannya, Epson telah memperkenalkan model tank eksternal, sehingga sangat memudahkan pengguna dalam melakukan isi ulang tanpa perlu mengaplikasikan sistem suntik lagi.

Menurut klaim, total kemampuan cetak dapat mencapai 16.000 lembar kertas, tetapi ketika dicoba printer masih bisa mencetak sampai 17.300 lembar. Bagi yang bertanya berapa kecepatan dalam sekali print per menit? Untuk mencetak file monokrom atau hitam putih bisa sampai 30 ppm sedangkan pada mode draf kertas A4 bisa mencetak dengan kecepatan 17 ppm.

Tetapi pada perintah cetak kertas A3, printer sedikit memakan waktu dalam mencetak untuk menghasilkan kualitas yang bagus. Lama print out ditentukan dari warna dan kualitas cetakan dari settingan aplikasi bawaan printer L1300.

Meski terdengar banyak kelebihannya, namun L1300 punya satu kekurangan yang menurut admin sangat krusial. Dengan kapasitas ukuran yang sangat besar, L1300 hanya memiliki fungsi tunggal saja yakni sebagai print saja. Sangat disayangkan, dengan bandrol harga 6-5 jutaan ini masih belum dibekali dengan fitur scan dan copy.

Dan L1300 tidak efektif untuk pemakaian pribadi/rumahan, alat ini cocok berada di sebuah toko percetakan atau memang tempat professional yang mendalami bidang. Mengapa? Selain harga yang mahal, kedua ukuran serta berat printer sangat memakan ruang.

Resetter Epson L1300

Meski harga mahal dan kemampuan sangat kompleks, tetapi yang namanya sistem error di dalam print tetap saja tidak dapat dihindarkan. Seperti Resetter Epson L1300, dimana masalah ini termasuk masalah yang umum terjadi di dalam printer Epson khususnya seri L.

Resiko blinking error tanda lampu warna merah akan sangat akrab menghampiri kamu sebagai pengguna printer L Series. Biasanya blinking yang sering jadi problem utama disebabkan karena Tipe Ink Pad Is At The End Of Its Service Lives, atau bisa saja dikarenakan Ink Waste Is Full. Tulisan atau pesan tersebut akan sering muncul jika kamu memaksa print dalam kondisi error untuk melakukan perintah cetak.Fungsi Printer Epson L1300

Pada dasarnya, sebuah printer itu sudah dibekali dengan chip komputer, dan didalam chip ini sanggup merekam segala aktivitas data yang telah dilakukan. Seperti aktivitas head cleaning atau aktivitas dalam mencetak, nanti printer akan mengkalkulasi antara jumlah tinta yang keluar dengan jumlah lembar yang di cetak.

Sedangkan pabrikan telah mengatur program ketika jumlah kapasitas cetak sudah mencapai batas, maka printer harus dilakukan reset agar terhindar dari cartridge luber, busa penampung tinta penuh, dan sebagainya.

kamu jangan khawatir, munculnya error blinking warna merah dan notifikasi pesan pada layar printer kamu itu tidak sepenuhnya menandakan kerusakan. Ada beberapa jenis pesan blinking yang ternyata itu akibat dari kesalahan penggunaan.

  1. Perhatikan status tinta di dalam tank, jika isi tintanya sudah habis maka kamu harus mengisi tintanya kembali sampai penuh. Orang-orang kadang gak sadar kalau tinta printernya habis, oleh karena itu selalu perhatikan bagian ini.
  2. Roller terselip kertas dari paper jam, coba kamu intip kalau di bagian roller printer terselip potongan kertas kecil, silahkan dibersihkan. Paper jam ini bisa menghambat masuknya kertas kedalam mesin print.
  3. Tank pembuangan penuh, jika tank pembuangan ini penuh, biasanya printer akan memberikan sinyal error. Penampungan ini ada yang berupa model tank ada juga model busa, jika model tank silahkan buang isinya, dan jika busa silahkan ganti.
  4. Terakhir pastikan semua kabel menancap pada posisinya, jangan sampai ada yang kendor apalagi belum terpasang.

⬇️ Download Resetter L1300

Fitur Resetter Epson L1300

Untuk melakukan resetter Epson L1300, ada dua cara yang bisa kamu gunakan. Bisa menggunakan metode manual seperti menekan kombinasi tombol resume, kemudian bisa lewat aplikasi khusus.

Umumnya aplikasi yang digunakan untuk reset printer Epson itu bernama Epson Adjustment Program.

Menu Tools Adjustment

Di Dalam aplikasinya, kamu akan mendapat beberapa tools, tools tersebut dibagi dalam 3 bagian. Pertama ada menu Adjustment, disini pengguna bisa memiliki jenis treatment seperti :

  • EEPROM Data Copy
  • Initial Setting
  • Initialize PF deterioration offset
  • Head ID Input
  • Firs dot position adjustment
  • Top margin adjustment
  • Head angular adjustment
  • Bi-D adjustment
  • PF / EJ adjustment
  • PF band adjustment
  • CR motor head protection control
  • PF motor heat protection control
  • Scanner motor head protection control

Menu Tools Maintenance Lalu di menu Maintenance terdapat perintah perbaikan seperti :

  • Head cleaning
  • Ink charge
  • Waste ink pad counter
  • Shipping setting

Menu Tools Appendix Dan yang terakhir yakni menu Appendix terdiri dari beberapa perintah yaitu :

  • Final check pattern print
  • EEPROM dump
  • Printer information check
  • Paper feed test

Cara Reset Epson L1300

Apabila kamu sudah mendownload resetter Epson L1300 melalui link yang sudah kami sediakan di atas. Sekarang kita mulai ikuti cara reset Epson L1300 pada link di bawah ini.

👉 Klik untuk cara reset Epson L1300


Akhir Kata

Diata kita sudah berikan review, faktor penyebab printer error dan resetter Epson L1300. Untuk ulasan lebih lengkap Cara Reset Epson L1300, silahkan klik link disamping atau diatas. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.