Gadget

Cara Mengatasi HP Mati Karena Kehabisan Baterai

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apakah kalian termasuk orang yang selektif dalam memilih HP? Selektif dalam hal apa? kini perkembangan teknologi makin canggih.

Pabrikan telah banyak menawarkan fitur serta keunggulan di masing-masing produknya, dan pastinya ada salah satu fitur yang diunggulkan bahkan jadi kelebihan di HP tersebut.

Contohnya seperti kapasitas RAM besar, ukuran memori yang cukup banyak, dan terakhir yaitu kapasitas baterai yang mumpuni.

Baterai merupakan suatu perangkat yang wajib ada di setiap device elektronik portable. Komponen ini bisa dibilang adalah sumber jantung dari daya suatu perangkat elektronik.

Jika kamu memilih HP dengan kapasitas ukuran baterai yang kecil, efeknya akan berpengaruh ke konsumsi daya yang cenderung boros. Tanpa disadari terkadang pemakaian terus menerus ini bisa bikin HP mati karena kehabisan baterai.

Namun, di beberapa kasus setelah HP mereka mati karena kehabisan baterai, ada saja masalah yang muncul seperti tiba-tiba charger tidak dapat mengisi daya. Jadi memang ada HP yang kondisi baterai benar-benar habis sampai 0%, terkadang sering problem soal pengisian arus ketika charger pertama dicolokan.

Kasus seperti ini terkadang menimpa HP yang kondisinya sudah lama mati dengan kondisi baterai habis, pemakaian sampai 0% dan HP dibiarkan menyala selama 2 hari lebih.

Nah, pada saat ingin dihidupkan kembali, proses pengisian daya dari charger ke HP suka tidak muncul respon atau ibarat kata chargernya seperti tidak mau masuk ke HP.

Jika masalah ini terjadi di HP kamu, jangan panik dan jangan bingung dulu, sesuai dengan pembahasan kali ini, kita akan memberikan cara mengatasi HP mati karena kehabisan baterai. Namun, sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kalau kita kenali jenis-jenis baterai yang awam digunakan oleh banyak HP atau smartphone.

Jenis Baterai Yang Sering Digunakan

Mungkin bagi sebagian orang sudah ada yang tahu ada dua jenis baterai yang sering digunakan di perangkat elektronik HP.

Dua jenis baterai tersebut dikenal dengan sebutan baterai Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Ion Polymer).

Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, namun kita tidak akan membahas jenis baterai tersebut secara spesifik. Tetapi kita lebih memberikan cara mengatasi HP karena kehabisan baterai.Jenis atau Tipe Baterai

Ternyata jenis jenis baterai Li-Po dinilai memiliki keunggulan yang lebih baik dibanding dengan baterai jenis Li-Ion. Tetapi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh jenis baterai Li-Po adalah sulit mengisi daya ketika kondisi baterai kosong atau 0%.

Jadi meskipun sudah coba dicolok charger, hp tidak langsung memberikan respon, perlu waktu beberapa detik atau bahkan menit baru baterai mau terisi.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah, bagi pengguna HP yang memiliki jenis baterai Li-Po, disarankan untuk jangan mengisi daya menunggu kondisi baterai habis apalagi sampai mati. Karena ujung-ujungnya bakal bikin kamu kesusahan buat menghidupkannya kembali.

Butuh aplikasi agar baterai iPhone tetap hemat ? Inilah rekomendasi aplikasi penghemat baterai iPhone.

Cara Mengatasi HP Mati Karena Kehabisan Baterai

Ada beberapa faktor yang menyebabkan HP mati tidak bisa di cas, untuk kasus yang terjadi kali ini kamu perlu perhatikan jenis baterai yang digunakan sampai melihat dari sisi kerusakannya.

Karena kerusakan pada hardware itu tidak semudah melakukan perbaikan kerusakan pada software.

Pertama untuk mengenali tanda-tanda baterai sudah rusak atau tidak layak, pemakaian terasa sangat boros dan tidak seperti biasanya. Kemudian pengisian daya terasa sangat cepat, mungkin dari habis ke penuh awalnya membutuhkan waktu 45 menit sekarang hanya 20 menit kurang.Colokan Charger Ke Ponsel

Kemudian ketika HP di cas daya yang masuk bukannya bertambah tapi malah berkurang. Dan selanjutnya seperti yang sudah kita katakan di atas, jenis baterai Li-Po memiliki kekurangan ketika daya 0%, arus dari charger sulit untuk mengisi kembali.

Sehingga sebelum kita masuk ke pembahasan cara mengatasi HP mati karena kehabisan baterai, kamu bisa kenali dulu apa faktor yang membuat HP sulit di cas ketika kondisi mati.

Cara 1 : Menggunakan Charger Kodok atau Desktop Charger

Jika HP kamu jenis baterainya removable, cara yang pertama ini bisa jadi solusi yang tepat.

  1. Cabut baterai dari HP.
  2. Siapkan Desktop Charger.Charger Desktop atau Cas Kodok
  3. Geser ujung pin besi menyesuaikan port konektor baterainya.Posisikan Pin Besi Dengan Konektor Baterai
  4. Kamu gak perlu khawatir karena charger ini dapat mengenali secara otomatis sumbu positif dan negatif.
  5. Jika berhasil masuk nanti akan muncul status di dalam layar desktop chargernya.Status Pengisian Baterai
  6. Tunggu kurang lebih 30 menit, kemudian cabut dan pasang ke HP, lanjutkan menggunakan charger adaptor bawaan HP.
Baterai iPhone cepat habis ? Cobalah beberapa tips untuk menghemat penggunaan baterai iPhone.

Cara 2 : Gunakan Charger Ampere Besar

Jika jenis baterai HP kamu non removable, tentu tidak bisa jika kita paksa menggunakan charger dekstop seperti cara yang pertama. Solusinya adalah gunakan charger yang memiliki ampere lebih besar.

  1. Cari adaptor charger yang memiliki ampere lebih besar dari charger bawaan, fungsinya untuk kejut daya sebagai pancingan awal.Adaptop Amper Besar
  2. Tunggu kurang lebih 30 menit kemudian ganti charger menggunakan adaptor bawaan HP.

Akhir Kata

Cara mengatasi HP mati karena kehabisan baterai bisa kamu perhatikan faktor lain, seperti kerusakan pada kabel charger, adaptor yang sudah tidak berfungsi, sampai konektor colokan di HP itu sendiri. Jika kerusakan menyangkut masalah kerusakan hardware, lebih baik kamu bawa ke tempat servis terpercaya untuk mengkonsultasikan hal ini. semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar