Cara Menggunakan Scrcpy Untuk Mirroring Android Ke Komputer / Laptop

Cara Menggunakan Scrcpy
Cara Menggunakan Scrcpy

Zaman sekarang ini sudah sangat memungkinkan para pengguna melakukan mirroring tampilan layar ponsel android ke dalam perangkat komputer.

Faktanya lebih dari puluhan aplikasi yang support dengan aktivitas mirroring tersebut, dan salah satunya akan kita bahas di dalam artikel cara menggunakan scrcpy untuk mirroring Android ke komputer.

Nah kali ini sistem pengoperasiannya sangat jauh berbeda dibanding dengan aplikasi mirroring lain. Karena pengguna harus sedikit meng-tweak step pemasangan mirroring tanpa opsi singkat one click connecting.

Ada program lain seperti command prompt yang berpengaruh besar dalam proses mirroring kali ini. untuk mengetahui lebih dalam, silahkan simak terus ulasan cara menggunakan scrcpy untuk mirroring Android ke komputer.

Apa Itu Scrcpy ?

Apa sih scrcpy itu? Jadi pengertian sebenarnya dari Scrcpy itu merupakan program yang dibuat oleh developer bernama Genymobile.

Perusahaan ini sudah cukup memiliki nama dalam bidang konektifitas antar perangkat komputer dengan Android .

Fungsi Scrcpy sendiri dapat melakukan perintah mirroring dari perangkat Android ke dalam PC, baik melalui perantara USB atau TCP/IP.

Pertanyaan yang sering dilontarkan seputar aktivitas mirroring menggunakan Scrcpy ini salah satunya adalah…apakah ponsel android kita perlu di root? Jawabannya tidak. Bahkan kamu bisa menjangkau banyak sistem operasi seperti: Windows, GNU/Linux, dan Macintosh.


Kriteria Spesifikasi Android

Agar tutorial cara menggunakan scrcpy untuk mirroring Android ke komputer berjalan lancar, pengguna harus memperhatikan minimum requirement Android yang sudah ditetapkan sebagai batas minimal program.

  1. Pertama spesifikasi Android yang kamu gunakan sebagai objek percobaan minimal harus menggunakan versi Lollipop 5.0.
  2. Jika syarat pertama sudah terpenuhi, selanjutnya aktifkan USB Debugging, silahkan cari di menu pencarian Pengaturan HP.

Keunggulan Scrcpy

Meskipun banyak software mirroring serupa, namun Scrcpy memiliki keunggulan yang gak jauh lebih unggul dari lainnya. Berikut beberapa keunggulan program Scrcpy :

  1. Program ini sengaja didesain sangat ringan dan compact, sehingga tidak ada kemungkinan komputer mengalami lagging atau ketika proses mirroring terpantau delay.
  2. Memiliki kemampuan frame tinggi, total mencapai 30 hingga 60 fps.
  3. Memiliki kualitas resolusi gambar tinggi dari Full HD 1920 x 1080 bahkan bisa lebih diatasnya.
  4. Kemampuan latensi rendah, mencapai 35 – 70 ms.
  5. Karena ukuran program sangat ringan, maka startup mirroring terhitung cepat bahkan hanya butuh 1 detik saja.
  6. Tanpa perlu install aplikasi di dalam sistem Android.
Baca Juga :

Ingin screen recording layar laptop ? Berikut panduan dan tutorial tentang cara merekam layar PC dan laptop baik dengan aplikasi / tanpa aplikasi.


Cara Menggunakan Scrcpy Untuk Mirroring Android Ke Komputer

AndroidSelanjutnya kita masuk ke segment cara menggunakan scrcpy untuk mirroring Android ke komputer.

Link Download Scrcpy 32-bit / 64-bit

Sebelum itu kalian perlu siapkan terlebih dahulu program Scrcpy, untuk mendapatkannya pengguna bisa download di internet secara gratis dan gampang.

Berikut kita sudah sediakan link download scrcpy untuk sistem 32-bit dan 64-bit.


Cara Penggunaan

  1. Download terlebih dahulu Scrcpy diatas sesuai dengan sistem type 32 bit atau 64 bit.
  2. Kemudian buka hasil download, klik kanan dan pilih Ekstrak File.Ekstrak File Scrcrpy
  3. Buka hasil folder dan Copy semuanya.Buka Folder Dan Copy Semua File
  4. Buat lokasi folder di Drive E: atau Drive D: dengan nama Scrcpy.Klik Kanan Untuk Buat Folder
  5. Setelah terbuat silahkan Paste di dalam folder ScrcpyPaste Di Folder Scrcpy
  6. Kemudian hubungkan android dengan komputer menggunakan USB.
  7. Aktifkan USB Debugging di pengaturan Android. Setiap ponsel memiliki navigasi yang berbeda-beda. Untuk lebih mudah, langsung saja klik tombol pencarian dan ketik USB Debugging.Cari Debugging USB Dan Buka
  8. Aktifkan USB Debugging.Hidupkan Debugging USB
  9. Kembali ke komputer, tap tombol Start dan cari Command Prompt. Buka menggunakan Run as administrator.Cari CMD Dan Run As Administrator
  10. Ketik perintah e: dan Enter (menyesuaikan lokasi partisi posisi folder Scrcpy).Masukkan Perintah e (sesuai lokasi drive)
  11. Ketik perintah cd scrcpy dan Enter.Masukkan Perintah cd scrcpy
  12. Ketik perintah scrcpy –f dan Enter.Masukkan Perintah scrcpy -f
  13. Tunggu maka secara otomatis tampilan layar HP akan pindah ke PC.

Permasalahan Scrcpy

1. Jika pada script CMD menampilkan tulisan “adb not found“, pastikan file adb.exe tersedia di dalam folder Scrcpy tersebut.

2. Jika pada script CMD menampilkan tulisan “device unauthorized“, centang ketika tombol izinkan selalu perangkat komputer ketika perintah scrcpy –f mulai dihubungkan. Atau buka pengaturan cabut otorisasi debug USB di pengaturan HP, dan ulangi step diawal dari ulang. Setelah itu centang perintah perizinan ke komputer.

3. Gunakan kabel USB yang bagus.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menggunakan Scrcpy untuk mirroring Android ke komputer, silahkan ikuti arahan diatas buat kalian yang ingin melakukan tips mirroring lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.