Xiaomi Tidak Bisa Telepon

Xiaomi Tidak Bisa Telepon 1
Xiaomi Tidak Bisa Telepon

Xiaomi tidak bisa telepon? padahal jika kita tengok secara fungsi, ponsel merupakan alat untuk melakukan interaksi komunikasi jarak jauh, kalau muncul masalah seperti ini, kira-kira apa yang bisa dilakukan?

Yang pasti suatu hal yang mengubah fungsi normal menjadi suatu kasus indikasi malfungsi, dapat kita curigai kalau HP tersebut sedang ada yang tidak beres.

Padahal kita sudah coba cek pulsa didalam nomor SIM Card tersebut dan ternyata nominalnya masih banyak, batas masa tenggang pun jauh dari kata hangus, terus apa yang sedang terjadi dengan HP kita?

Kesal bukan rasanya, kalau sedang ada urusan penting entah kita yang ingin mengabari seseorang atau di telpon kontak lain tetapi kondisi HP sedang tidak bersahabat.

Sebenarnya kasus Xiaomi tidak bisa telepon itu tidak hanya terjadi pada brand merk asal China tersebut, melainkan hampir semua jenis ponsel bisa kemungkinan terjadi hal yang sama.

Tetapi karena sering banyaknya menimpa para user Xiaomi, disini kita akan buatkan khusus ulasan buat kamu yang sedang bingung mengatasi persoalan satu ini.

Sebelumnya kita intip dulu apa penyebab HP Xiaomi tidak bisa telepon, simak segmen ulasannya berikut ini.

Penyebab Xiaomi Tidak Bisa Telepon

Ada beberapa faktor yang jadi indikasi utama kenapa HP Xiaomi muncul masalah seperti ini. Tidak semua persoalan itu datang dari kesalahan usernya, karena bisa jadi settingan dalam ponsel atau bahkan jaringan operatornya.

1. Kartu SIM Mode 4G Only

Kalau kamu suka ubah mode jaringan buat dapetin akses jaringan makin cepat, kadang suka lupa kalau pernah atur settingan baru ke pengaturan default. Salah satunya yaitu mengganti mode jaringan menjadi 4G LTE Only.

Dan ternyata dengan memposisikan mode ini, bisa menghambat aktifitas panggilan loh.

2. Terjadi Masalah Pada Slot SIM

Satu-satunya komponen reader kartu SIM hanya bisa dengan akses slot kartu SIM. Kalau ada masalah dengan perangkat keras tersebut, maka kartu SIM gak bisa masuk dengan sempurna. Coba kamu matikan HP, lepaskan kartu SIM lalu pasang lagi, siapa tahu lagi error atau bisa dengan swap posisi dari SIM 1 ke SIM 2 atau sebaliknya.

3. Pakai ROM Custom

Saat ini sudah banyak jenis ROM abal-abal yang tersedia di pasaran. Dan penggunaan rom tersebut terkadang suka muncul bug  sampai mengganggu aktivitas telepon. Kalau kamu beli HP Xiaomi bekas, coba deh perhatikan apakah rom yang dipakai itu asli atau bukan. Kalau ternyata buka, lebih baik flash ulang pakai rom aslinya.

4. Settingan Panggilan Dikecualikan

Kita suka lupa waktu otak atik menu pengaturan HP sudah pencet mode apa saja, nah salah satu diantaranya itu bisa saja yang menyebabkan Xiaomi tidak bisa telepon. Mode tersebut bernama panggilan dikecualikan. Biasanya ada pilihan untuk nomor yang tidak dikenal atau semua nomor, silahkan ubah menjadi normal.

5. Pernah Memblokir Nomor

Coba deh kamu ingat-ingat apakah pernah blokir nomor yang bersangkutan atau tidak, karena jika sistem dalam HP sudah di setting memblokir kontak tertentu, maka kedua belah pihak tidak bisa melakukan aktifitas panggilan.

Tombol Power kamu tidak bisa digunakan? Kamu bisa ikuti tutorial selengkapnya disini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Telepon

Berikutnya adalah langkah-langkah buat memperbaiki HP Xiaomi tidak bisa telepon, kurang lebih segmen berikut adalah penjabaran dari poin penyebab di atas.

1. Ganti Mode Jaringan

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Ketuk menu Tentang Ponsel.Scroll Kebawah Dan Buka Tentang Ponsel
  3. Tap sebanyak 5x pada menu Penyimpanan Internal.Tap Sebanyak 5x Memori Internal
  4. Masuk bagian informasi telepon 1 atau telepon 2 sesuai posisi slot SIM card hpmu.Masuk Ke SIM Card Error
  5. Pastikan menu setel jenis jaringan yang disukai tidak di posisi LTE.Pilih Sesuai Dengan Selera

2. Ubah Slot SIM Card

  1. Matikan HP.
  2. Silahkan cabut dan pasang lagi SIM card. Atau bisa swap posisi dari SIM 1 ke SIM 2 dan sebaliknya.
  3. Jika masih gagal disarankan untuk update perangkat lunak, lewat Pengaturan HP ➤ Tentang Ponsel ➤ Pembaruan Sistem ➤ terakhir ketuk Perbarui.

3. Mengganti ROMCek Versi MIUI

Kalau rom yang dipakai di HP kamu itu abal-abal solusinya adalah flash ulang dengan mengganti rom asli. Untuk mengetahui kualitas asli atau palsunya, bisa dilihat dari Kode MIUI, kalau asli kodenya bisa sampai 3 – 4 digit, kalau yang abal-abal lebih dari 4 digit angka.

Contohnya MIUI Global 9.5|Stabil 9.5.10.0 (Asli).

4. Panggilan Dikecualikan

  1. Masuk ke Pengaturan HP.
  2. Buka dan ketuk Setelan Sistem Aplikasi.
  3. Pencet icon menu Telepon untuk membuka.
  4. Tap Daftar Blokir Panggilan.Pilih Daftar Blokir Panggilan
  5. Nonaktifkan semua tombol mode yang ada di sana.Matikan Semua Centang
  6. Terakhir kembali.
Bagaimana cara mengembalikan video yang terhapus? Penasaran? Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di tutorial ini.

5. Membuka Blokir Nomor

  1. Masuk ke pengaturan HP.
  2. Pilih Setelan Sistem Aplikasi.
  3. Kemudian pencet Telepon.
  4. Ketuk bagian Nomor Terblokir pada menu Kelola Daftar Blokir.Pencet Nomor Terblokir
  5. Jika ada nomor yang terblokir, maka disana bakal tercantum dan ketuk tahan lalu Hapus.Ketuk Dan Tahan Nomor Lalu Pencet Hapus
  6. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah penyebab dan cara Xiaomi tidak bisa telepon. Setelah ini kamu bisa lakukan metode yang kita sediakan di atas buat mengatasi masalah di Hpmu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.