Cara Cek ROM Xiaomi

Cara Cek ROM Xiaomi 1
Cara Cek Rom Xiaomi

Penting buat para user mengetahui cara cek ROM Xiaomi, karena untuk saat ini sudah banyak jenis ROM yang tersebar bebas di pasaran dan itu sangat mempengaruhi dari segi kualitas HP Xiaomi milikmu.

Jadi saat ini versi ROM khusus HP Xiaomi itu ada banyak, petama ROM versi Global yang merupakan ROM asli, kemudian ROM Official China yaitu ROM asli juga tapi khusus pasar China, ROM versi Developer China atau bisa dibilang semi, firmware global developer, dan terakhir ROM Distributor yang bisa kita sebut sebagai ROM abal-abal atau palsu.

Untuk poin nomor empat tersebut tentu harus kita hindari, ROM distributor lah yang membuat nilai kualitas sebuah HP Xiaomi itu turun, karena dengan menggunakan jenis ROM ini pengguna bakal mendapatkan ROM yang sudah banyak dimodifikasi, sehingga menyebabkan kinerja sistem operasi Android kurang maksimal.

Jadi penting buat para pengguna untuk tahu cara cek ROM Xiaomi di HP masing-masing. Sebab tidak semua versi Xiaomi yang dijual di sini punya satu versi ROM yang sama, melainkan pabrikan Xiaomi memproduksi HP secara lokal mengacu pada aturan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri).

Alhasil banyak komponen yang sudah diverifikasikan menyesuaikan kebutuhan dan adaptasi pengguna lokal.

Meski demikian pengguna harus selektif agar mereka terhindar dan tidak dapat ROM Distributor HP abal-abal. Simak segmen pembahasan dibawah ini untuk versi lengkapnya.

Spesifikasi Rom HP Xiaomi

Diatas kita sudah sedikit singgung kalau versi ROM dalam HP Xiaomi itu ada 5 jenis tipe.

Pertama versi ROM Global Official, ROM China Official, ROM China Developer/Semi, Firmware Global Developer, dan terakhir ROM Distributor abal-abal.

ROM Global OfficialMIUI Versi Global

Sesuai dengan namanya, penggunaan ROM versi ini suka ada di tipe Xiaomi untuk pasar global. Jadi standar buat HP Xiaomi yang dijual selain di luar China, mereka memakai ROM jenis ini.

Alhasil jenis bahasanya jauh lebih general, menyesuaikan tempat pasar tujuannya. Dan ciri-ciri dari ROM berikut adalah :

  1. Dibekali dengan settingan bahasa general, atau lebih komplit.
  2. Sudah terpasang aplikasi standar Google.
  3. Termasuk sudah tersedia layanan Playstore.
  4. Nomor kode MIUI tersedia 4 digit.

ROM China OfficialRom Versi China Kode CN

Karena Xiaomi termasuk produk buatan China, sehingga mereka memiliki ROM original resmi khusus buat pasar di negara asalnya tersebut. Biasanya tipe HP yang pakai ROM ini diperjual belikan untuk pasar global dan China.

Bagi yang ingin tahu ciri-ciri ROM China official, kurang lebih seperti ini.

  1. Tidak tersedia aplikasi standar Google dan layanan Playstore.
  2. Bahasa sangat terbatas yaitu hanya bahasa Inggris dan bahasa Mandarin saja.
  3. Kemudian yang terakhir pada kode MIUI terdapat 3 titik dan ada kode CN.
Ponsel Xiaomi kamu tidak bisa digunakan untuk menelepon? Begini cara memperbaiki Xiaomi tidak bisa telepon.

ROM China Developer

Versi ROM yang ketiga ini hanya dipakai untuk kebutuhan developer saja, seperti pengujian sistem, program baru, dan masih banyak hal lain berkaitan dengan performa ponsel.

Ciri dan karakternya sama seperti ROM China official, dimana hanya tersedia dua jenis bahasa saja yaitu China dan Inggris, kemudian didalam program HP tidak tersedia layanan Google atau Playstore.

Pada bagian informasi MIUI terdapat tulisan Beta yang kelebihannya adalah sistem jauh lebih cepat mendapat jadwal update ketimbang ROM Official.

ROM Global DeveloperMIUI Versi Develop Atau Beta

Kurang lebih fungsinya hampir sama seperti diatas, yang mana ROM hanya difungsikan sebagai kebutuhan pengembangan saja tetapi versi dan ciri-cirinya sama persis dengan ROM Global Official.

Contohnya di dalam program sudah tersedia layanan Google, termasuk playstore dan kawan-kawannya. Kemudian bahasa lebih general, lalu pada bagian informasi MIUI terdapat tulisan beta.

Terakhir keunggulannya adalah Xiaomi dengan jenis ROM ini bakal mendapatkan jadwal update lebih cepat dari versi ROM lainnya.

ROM Distributor atau Abal-AbalRom Versi Abal Abal

Mungkin bisa kita bilang basis dari versi ROM Distributor ini sama seperti ROM China Official, punya bahasa yang beragam(karena modifikasi), punya kode MIUI CN, namun banyak hal seperti fitur, jaringan di dalam sistem internal yang meragukan.

Untuk ciri-cirinya bisa kita jelasnya seperti dibawah ini.

  1. Merupakan hasil modifikasi dari ROM versi China, yang mana sudah dikembangkan dengan bahasa yang general dan beragam.
  2. Terdapat 4 titik kode pada informasi MIUI.
  3. Tidak bisa melakukan update ke versi MIUI terbaru.
  4. Dan suka atau sering muncul iklan ketika menggunakan aplikasi tertentu.
  5. Punya 4 digit angka lebih.

Cara Cek ROM Xiaomi

Setelah kita sudah mengantongi beberapa ciri-ciri di atas, setelah ini cara cek ROM Xiaomi akan lebih mudah membedakan mana spek yang ori standar global mana yang distributor abal-abal.

Langkah-langkahnya pun sangat mudah tinggal buka menu pada pengaturan HP, setelah itu cocokan di dalam informasi MIUI-nya, baca kode seperti jumlah titik dan CN sebagai penanda ROM versi China.

  1. Silahkan buka Pengaturan HP.Ketuk Tombol Pengaturan
  2. Kemudian pilih menu Tentang Ponsel.Selanjutnya Pencet Tentang Ponsel
  3. Scroll kebawah sampai ketemu judul Versi MIUI.MIUI Versi Global
  4. Selanjutnya kamu bisa tap sebanyak 5 kali judul tersebut sampai muncul tampilan informasi yang lebih komplit.
  5. Selamat mencoba.
Ponsel Xiaomi kamu tidak bisa dimatikan dengan tombol Power? Mungkin kamu bisa coba cara mematikan smartphone tanpa tombol power.

Cara membedakanya mudah banget, untuk contoh ROM Global itu punya format spec tulisan MIUI Global 10.2.3.0 . Disitu dituliskan 4 digit angka dan ciri-ciri ini sangat sesuai dengan versi ROM Global yaitu punya format 4  digit angka dan 3 titik pemisah.

Kalau versi ROM China Official selalu kode setelah angka ada tulisan “CN” yang mengartikan pasti bahkan ROM berikut adalah versi china.

Sedangkan kalau ROM abal-abal bisa dipastikan spesifikasi MIUI-nya punya format 4 digit angka lebih. Contohnya MIUI 12.2.4.5.1 Global. Disitu bisa kita pastikan kalau ROM didalam HP Xiaomi milikmu itu termasuk versi rom distributor.

Tetapi jangan terkecoh dulu, meski disana tertulis embel-embel Global, bukan berarti keterangan aslinya seperti itu. Yang bisa kita gunakan patokan adalah jumlah angka digit yang lebih dari 4 itu bisa jadi referensi sumber utama.

Dan terakhir kalau informasi MIUI terdapat tulisan Beta, maka bisa dipastikan kalau versi ROM tersebut adalah tipe developer, yang secara rincinya sudah kita jelaskan diatas.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara cek ROM Xiaomi di HP kamu, sekarang tinggal baca dan amati informasi dalam spec MIUI punya format seperti apa.

Karena lewat situ, kita bisa tahu kalau ROM yang digunakan adalah versi global, china, distributor atau developer. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.