Android

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu fitur yang lazim ada di sebuah perangkat HP adalah screenshot atau mode tangkap layar. Untuk menggunakan fitur ini, banyak cara yang bisa digunakan karena terkadang setiap model HP memiliki metode yang berbeda-beda.

Tapi apakah fitur screenshot ini masih bisa berfungsi dengan baik di HP kamu? Terkadang banyak orang yang jarang menggunakan fitur screenshot, tapi sekalinya mereka menggunakan fitur ini tiba-tiba sudah tidak bisa digunakan atau berfungsi normal.

Sesuai dengan pembahasan kali ini, berikut kami sediakan cara mengatasi HP Android tidak bisa screenshot.

Berbeda HP terkadang berbeda juga cara menggunakan fitur tangkap layar ini, dulu ketika HP Samsung masih menggunakan tombol Home button, metode untuk menangkap layarnya menggunakan kombinasi tombol Power dengan tombol Home.

Semakin kesini bentuk layar depan HP Android makin clean dan banyak yang sudah menghilangkan tombol home button. Sehingga ada penyesuaian baru dari menekan tombol Home + Power untuk menangkap layar, sekarang berubah menjadi menekan tombol Power + Volume Down.

Tetapi beberapa pabrikan HP banyak yang kemudian berinovasi, muncul model HP yang cara penangkap layarnya tidak perlu menekan tombol kombinasi seperti diatas, mereka cukup mengusap gesture jari di layar lalu sistem secara otomatis akan menangkapnya.

Namun fokus pembahasan kita tidak mengarah ke teknis penangkapan layar atau cara menggunakan fitur screenshot. Namun, disini kita akan menjawab keresahan pengguna yang fitur screenshot di HP Android tidak berfungsi secara normal.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Cara mengatasi HP Android tidak bisa screenshot itu sebenarnya cukup mudah, kamu tidak perlu datang ke tukang servis HP untuk memperbaiki masalah ini, karena penyebab problem ini biasanya dipicu oleh program sistem yang error.

Dan kamu gak perlu panik, karena kasus HP Android yang fitur screenshotnya tidak bekerja itu sering ditemui oleh banyak pengguna diluar sana, jadi jangan mengira penyakit ini jarang terjadi dan sulit diperbaiki.

Penyebab HP Android Tidak Bisa ScreenshotMemori Penyimpanan Internal Penuh

Umumnya masalah seperti ini muncul karena jaringan sistem yang ada didalamnya gagal fungsi atau terganggu oleh keberadaan bug. Untuk mengetahui lebih detail, berikut beberapa faktor penyebab HP Android tidak bisa screenshot :

1. Pemakaian Memori RAM Penuh

Fungsi dari RAM adalah untuk menyimpan memori sementara ketika HP menjalankan beberapa program atau aplikasi.

Jika penggunaan RAM penuh, terkadang efek yang bisa kita rasakan adalah HP terasa lemot dan beberapa aplikasi ada yang berhenti otomatis secara paksa. Bisa jadi salah satu program yang berhenti tersebut merupakan fungsi dari fitur screenshot ini.

2. Memori Internal/SD Card Penuh

Mungkin bukan sepenuhnya kesalahan dari fitur screenshotnya, tetapi faktor penyebab fitur ini seperti tidak berfungsi yaitu bisa karena memori internal atau eksternal penuh.

Sehingga memori tidak ada kesempatan untuk menyimpan file tangkapan layar, dan akibatnya foto belum sempat tersimpan lalu terbuang secara otomatis.

3. Sistem HP Crash

Selain disebabkan oleh bug, fitur screenshot bisa tidak bekerja karena sistem yang ada di dalam HP crash. Sehingga program satu dengan yang lainnya saling berbenturan hingga menyebabkan gagal fungsi dan crash.

4. Cahce Dalam HP Penuh

Cache bisa juga dijadikan faktor utama dalam permasalahan ini, karena didalam sampah tersebut kadang ada beberapa bug yang masih tersimpan dan mengganggu jalannya program.

Mau sembunyikan foto di Kalkulator ? Ikuti cara menyembunyikan foto dan video di aplikasi Kalkulator.

Solusi Mengatasi HP Android Tidak Bisa Screenshot

Cara 1 : Menggunakan Aplikasi Pembantu

Cara mengatasi HP Android tidak bisa screenshot yang pertama ini, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi yang khusus digunakan untuk menangkap layar.

Jika menggunakan tombol kombinasi tidak bisa berfungsi dengan baik, silahkan cari dan download aplikasi screenshot di Playstore.

  1. Install dan download aplikasi bernama DU Recorder.
  2. Jika sudah buka aplikasinya dan ikuti langkah pengenalan awal, biasanya pengguna harus mencentang perizinan akses aplikasi dengan media lain.
  3. Setelah itu DU Recorder akan menampilkan shortcut icon bulat yang berfungsi sebagai panel control.Buka Aplikasi DU Recorder
  4. Buka menu yang ada icon obengnya.Tekan Tools Tambahan
  5. Tombol screenshot otomatis akan ditambahkan di sisi kiri layar.Aktifkan Tombol Screenshot
  6. Siapkan tampilan yang ingin di screenshot, kemudian tekan panel Screenshot DU Recorder, lalu pencet.Siapkan Tampilan Layar Lalu Tekan Tombol Screenshot

Cara 2 : Aktifkan Fitur Screenshot

Terkadang kita lupa menekan tombol sesuatu yang sebenarnya itu memiliki fungsi krusial di dalam HP.

Salah satunya adalah tombol mengaktifkan fitur screenshot ini. Untuk mengembalikan normal, silahkan ikuti cara dibawah :

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Aksesibilitas.
  3. Scroll kebawah dan centang bagian Tangkap Layar.
Mau buat kuesioner melalui Google Form ? Ikuti panduan cara membuat kuesioner di Google Form.

Cara 3 : Buat Folder Screenshot

Tidak atau atau hilangnya folder bernama Screenshot, terkadang menghambat pengguna untuk menggunakan fitur ini.

Oleh karena itu kamu harus bikin terlebih dahulu foldernya baik di memori internal/eksternal, atau memori yang kamu gunakan sebagai penyimpanan utama.

  1. Buka folder memori Internal/eksternal.Buka Memori Penyimpanan Internal
  2. Buat folder bernama Picture.
  3. Buka folder Picture tersebut kemudian buat lagi folder bernama Screenshot.Tombol Membuat Folder
  4. Selesai.

Cara 4 : Hapus Cache

Sampah bisa saja mengganggu jalannya sistem internal dalam sebuah HP. Oleh karena itu kamu harus sering-sering menghapusnya agar performa tetap optimal.

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Buka Aplikasi.Buka Menu Aplikasi
  3. Pilih Hapus Cache.
Sedang download file lewat Mega.nz terkena limit ? Silahkan ikuti cara mengatasi limit download Mega.nz.

Akhir Kata

Selain di atas cara mengatasi HP Android tidak bisa screenshot, kamu juga harus memperhatikan memori internal atau eksternalnya.

Jika penuh silahkan hapus beberapa file didalamnya, atau kamu bisa menggunakan SD Card baru. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar