Internet

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar istilah kuesioner? Mungkin ada yang tahu maksudnya tapi tidak mengerti penjelasannya? Kalau kalian cari di internet, pengertian dari kuesioner ini adalah alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui pos; daftar pertanyaan.

Itu adalah pengertian yang kita kutip dari kamus KBBI, namun secara umum kalian juga sudah tahu dan mungkin punya presepsi masing-masing tentang apa itu kuesioner, intinya secara teknis pemikiran kita hampir sama yakni soal pertanyaan dan tanggapan dari sekelompok orang.

Hmm bukan suatu hal yang perlu diperdebatkan, karena topik utama pembahasan kita kali ini bukan tentang apa arti kuesioner itu sendiri, namun tentang teknis penyaluran kuesioner terhadap khalayak dengan cakupan yang lebih luas dan modern.

Seperti yang kita tahu dulu pemberian kuesioner ini masih dilakukan dengan cara yang terbilang tradisional. Yakni masih menggunakan kertas berupa media cetak, yang nantinya disebarkan kepada banyak orang untuk mengisi beberapa pertanyaan didalamnya.

Tetapi jaman sudah berubah, sekarang sistem makin lebih canggih. Dulu ketika kuesioner kita temui masih dalam bentuk media cetak kertas, kini beralih menjadi media elektronik dengan sistem yang lebih canggih. Nah, salah satu platform yang menyediakan kuesioner online adalah Google.

Mereka memiliki fitur baru bernama Google Form. Platform ini sebenarnya merupakan cabang dari Google Docs, namun pihak developer mengemasnya dalam bentuk seperti formulir atau kuesioner, yang dapat diakses banyak orang karena berbasis online.

Lalu bagaimana cara membuat Google Form ini?

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Cara membuat kuesioner online ini cukup mudah, kamu tinggal ikuti beberapa langkah dibawah ini saja :

  1. Buka link berikut untuk membuka Google Doc Form. https://docs.google.com/forms/u/0/
  2. Jika kalian belum login, silahkan login menggunakan akun Gmail.
  3. Setelah masuk akan muncul tampilan seperti ini, silahkan pilih salah satu template yang ingin kamu buat.Pilih Template di Google Form
  4. Kita akan contohkan dari template Kosong.Pilih Template Kosong atau Blank
  5. Saatnya kamu mengedit beberapa bagian agar tampilannya terlihat rapi:
    • Isi judulnya di paling atas.Tambahkan Judul Google Form
    • Jika ingin menambahkan deskripsi silahkan masukkan dibawah judulnya.Tambahkan Deskripsi Form
    • Kemudian di kotak bawahnya bisa kamu mulai dengan pertanyaan pertama, isi pertanyaan tersebut di bagian kolom ini.Mulai Membuat Pertanyaan
    • Kamu bisa memilih jenis jawaban pada kuesionernya, tekan tombol kotak disamping kemudian pilih ingin model jawaban pilihan ganda, jawaban berupa pernyataan, jawaban berupa centang dan masih banyak lagi.Tentukan Opsi Jawaban
    • Jika dipilih model kuesioner pilihan ganda, kamu bisa menginput beberapa pilihan jawaban dengan menekan Tambahan Opsi.Opsi Jawaban Dapat Berupa Paragraf, Pilihan Ganda atau Lainnya
    • Untuk pertanyaan dan opsi jawaban, kamu bisa menambahkan gambar dengan tekan icon gambar di sampingnya.Tekan Ikon Gambar untuk Menambahkan Gambar di Pertanyaan dan Opsi Jawaban
    • Untuk lanjut ke pertanyaan kedua, kamu dapat mengetuk icon tambah di menu tab pada bagian kanan.Tekan Ikon + untuk Membuat Pertanyaan Baru
    • Selanjutnya silahkan isi dan atur sesuai format yang kamu tentukan.
    • Kamu juga bisa menambahkan note *Wajib diisi dengan mencetang bagian ini.Jika Wajib diisi Diaktifkan maka Pertanyaan Wajib Dijawab oleh Responden
    • Lanjutkan sampai pertanyaan terakhir ya.
  6. Selesai.

Jika ingin menggunakan template yang sudah ada silahkan klik salah satu sesuai dengan tema yang ingin kamu buat.

Mau menghubungkan OBS dengan Google Meet saat vicon ? Ikuti panduan cara menghubungkan OBS ke Google Meet.

Form untuk Mengisi Informasi Kontak Audience

Template untuk Informasi Kontak

Membuat Form Informasi Kontak

Disini kamu bisa menggunakan template ini untuk mengetahui informasi kontak dari para audience. Gak perlu ngedit lagi karena didalamnya sudah tersedia pertanyaan seperti nama, alamat, email dan seterusnya.

Form untuk Mengetahui Waktu Audience

Formulir ini ditunjukkan untuk mengambil data waktu datang para audience. Sehingga hasil kuesioner bisa ditentukan berdasarkan hari, waktu yang sudah mereka isi.

Form untuk RSVP Acara

Selanjutnya template ini digunakan untuk mereka yang ingin mengambil data audience mengenai kedatangan menghadiri suatu acara. Disana akan terdapat data konfirmasi persetujuan dan nama audience yang akan datang.

Form untuk Lamaran Kerja

Sesuai dengan namanya, kuesioner ini ditunjukkan untuk para audience yang membutuhkan formulir pendaftaran kerja. Disana akan banyak pertanyaan yang umumnya merupakan pertanyaan informasi diri.

Sudah nggak zaman nyimpen file di laptop, mulailah upload file ke Google Drive biar bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Penutup

Dan masih banyak lainnya jika kamu menekan menu Galeri Template. Gak perlu bingung, karena Google telah memberikan judul dan informasi setiap templatenya.Klik Galeri Template

Kamu Bisa Pilih Template Form yang Sesuai

Dan sekarang kamu sudah bisa membuat kuesioner online, soal konsep dan tema itu bebas tergantung bagaimana konten yang akan kamu buat, bahkan bisa menggunakan template dari sana. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar