Penyebab Internet Lemot Di Android

Penyebab Internet Lemot Di Android 7
Penyebab Internet Lemot Di Android

Saat ini internet sudah menjadi bagian kehidupan dari masyarakat. Segala bentuk kebutuhan apapun bisa terselesaikan dengan sangat praktis hanya dengan bantuan internet.

Gak kebayang jika jaringan global berikut tidak tersedia untuk kehidupan manusia di era seperti ini, mungkin yang ada kita akan dihadapkan dengan kehidupan baru tanpa sentuhan modernisasi bentuk apapun.

Ngomongin soal internet, kali ini Tim Kompiwin akan membahas tentang penyebab internet lemot di Android.

Sebagai device yang paling portable dan praktis merespon segala perintah penggunanya, perangkat Android telah menyediakan akses untuk menjaring internet.

Kecepatan dalam kebutuhan browsing dan streaming harus jadi kriteria utama internet yang baik.

Belum bagi para pengguna yang gemar bermain game online, mereka tentu harus memiliki jaringan yang stabil agar tidak ngelag.

Biasanya para gamer, sebelum bermain mereka mengecek kecepatan internet terlebih dahulu agar saat bermain tidak ada halangan. Apalagi saat push rank seperti di game Mobile Legends.

Meski negara kita dari segi perkembangan internet itu masih sangat lamban, paling tidak masing-masing provider yang tersedia di sini sudah memberikan layanan terbaik untuk para konsumennya.

Penawaran kebutuhan internet telah disediakan dalam bentuk paketan, mereka bisa memilih sesuai dengan permintaan.

Tetapi apakah kamu pernah merasa, paketan internet yang dibeli sudah paling advance tetapi masih aja terasa lemot.

Apa sebenarnya penyebab internet lemot di Android ?

Penyebab Internet Lemot Di Android

Faktor penghambat akses internet di dalam ponsel Andorid kamu itu bisa dilihat dari beberapa poin. Bisa dari pengaruh internal ataupun eksternal.

Semua rangkuman tersebut akan kita sediakan listnya dibawah ini.

1. Menjalankan Aplikasi Yang Menyedot Koneksi Internet

Ada banyak aplikasi berbasis online yang selalu standby menggunakan data karena aplikasi tersebut dijalankan sebagai latar.

Mungkin saja kamu tidak sengaja atau tidak sadar lupa mengclose semua aplikasi tersebut setelah usai digunakan.

Karena ketika aktivitas masuk ke jaringan diakses secara bersamaan, dapat membuat speed internetmu menjadi lambat.

Bisa juga dari tindakan unduh file di internet, atau proses update otomatis berjalan, hal itu bisa membuat kecepatan jaringan terpangkas.

Coba kamu matikan sistem pengaturan update Android atau aplikasi secara otomatis, selain membuat internet lemot, kuotamu juga akan terkuras banyak ketika aplikasi melakukan pembaruan secara otomatis.

2. Pengaturan Hemat DataMasuk Ke Pengaturan Penghemat Daya

Kebanyakan perangkat Android saat ini telah dilengkapi dengan fitur hemat data. Keberadaan fitur ini memang sangat membantu bagi mereka yang terbatas kuota atau sedang masa limit.

Jika fitur tersebut aktif, secara otomatis speed internet dan akses ke jaringan akan dibatasi. Bagaimana caranya kamu bisa melakukan internetan tetapi tidak sampai menyedot banyak kuota.

Coba kamu masuk ke Pengaturan HP, silahkan ketik tombol pencarian Penghemat Data. Matikan jika fitur tersebut aktif. Nah, kalau gak ketemu di pencarian, biasanya fitur ini ada di bagian kelompok menu Koneksi, silahkan cari dan temukan.

Mau buka website download anime tapi terkena Internet Positif ? Inilah trik mengatasi Internet Positif di HP dan PC.

3. Cuaca Sedang BurukKondisi Cuaca Buruk

Dua poin penyebab internet lemot di Android tersebut merupakan faktor internal dari ponselnya.

Dan kalian juga harus lihat penyebab dari luar kenapa internet di HP kamu terasa sangat lamban. Faktor paling berpengaruh tersebut adalah cuaca.

Jika diluar sedang hujan dan badai, sinyal biasanya akan hilang dan sulit terkoneksi dengan stabil.

Ditambah jika terjadi lampu mati, tower provider yang berada di sekitar lokasi juga ikut mati, akibatnya adalah kita jadi sulit menjangkau jaringan.

4. Sinyal Provider Belum Sampai Ke WilayahTower Pemancar

Internetan di tempat-tempat yang sangat minim fasilitas itu akan lebih terasa penurunannya.

Karena faktor yang paling jelas adalah tower singal belum tersebar merata, jadi ponsel akan kesulitan menangkap jaringan.

Kemudian posisimu terhalang oleh objek yang tertutup, misalnya dibawah pohon rindang, di dalam ruangan tertutup, di parkiran atau tempat-tempat lain yang tidak memiliki akses masuknya signal.

5. FUP Kartu Sudah Melebihi Batas

FUP atau Fair Usage Policy sering diartikan sebagai batas limit sebuah jaringan dalam akses ke internet. Biasanya kartu yang memiliki FUP itu merupakan jenis paketan unlimited, misalnya seperti Smartfren.

Meskipun provider menawarkan kemudahan unlimited, tetapi setiap harinya para pengguna hanya dibatasi maksimal hingga 1GB dalam akses ke internet. Jika lebih maka speed akan dipangkas dari batas normal sebelumnya.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab internet lemot di Android, seperti jumlah kuota mau habis, jaringan sedang bermasalahan dan sedang perbaikan, kartu SIM bermasalah serta jaringan sedang sibuk.

Untuk pengguna IndiHome, jika kecepatannya lambat. Silahkan kamu lakukan cek FUP IndiHome untuk mengetahui sudah melebihi batas atau belum.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah penyebab internet lemot di Android, bagi para pengguna harap perhatikan beberapa poin diatas, karena jika kalian masih mungkin untuk meminimalisir nya maka lakukanlah. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.