Penyebab WiFi IndiHome Lemot

Penyebab WiFi IndiHome Lemot 7
Penyebab Wifi Indihome Lemot

Terhubung dengan koneksi internet yang lemot, bawaannya bikin jengkel mulu karena akses laman yang kita tuju lama sekali terbukanya.

Saat ini jaringan milik Telkom Indonesia memang yang paling besar, salah satu produk yang terkenal adalah program WiFi IndiHome.

Tetapi belakangan banyak keluhan dari masyarakat yang menyebut kalau IndiHome lelet banget, kira-kira apa penyebab WiFi IndiHome lemot?

Kebutuhan dalam mengakses internet memang berbeda-beda, dan kapasitas kemampuan internet yang mereka miliki pun menyesuaikan kebutuhan serta kegunaan masing-masing.

Satu momen yang paling disesalkan banyak orang adalah ketika jaringan mereka mulai terasa sangat lemot.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jaringan lemot, pertama jelas dari jangkauan sinyal, pembangunan jaringan yang belum merata ini salah satu dampaknya adalah susah jangkauan sinyal di beberapa daerah khususnya tempat terpencil.

Kemudian bisa karena speed limit internet dibatasi, mungkin pengguna lupa jika pernah melakukan settingan berikut dalam membatasi pada speed tertentu, atau bisa juga dari batas speed yang ditentukan oleh providernya.

Lalu bisa juga dari kapasitas kuota yang mulai menipis, terkadang perangkat yang canggih akan memberikan notifikasi izin akses pembatasan speed agar lebih hemat dan awet.

Tetapi poin tersebut tidak berlaku untuk jaringan kabel seperti IndiHome.

Penyebab WiFi IndiHome lemot itu lebih disebabkan oleh masalah teknis, misalnya jaringan terputus dari pusat, pembatasan speed pada jumlah limit tertentu, kemudian sedang terjadi perbaikan jaringan, lalu masalah dalam routernya sendiri.

Penyebab WiFi IndiHome Lemot

Sabar adalah kunci ketika kita melihat kenyataan koneksi WiFi Β yang tersambung sangat lemot.

Lambatnya jaringan internet akan mempengaruhi banyak hal, seperti tugas atau pekerjaan makin terhambat, unggah file makin memakan waktu, dan yang suka bermain game bakal merasakan lag yang sangat mengganggu.

Berikut beberapa penyebab WiFi IndiHome lemot :

1. Penempatan Router Yang SalahPenempatan Router

Admin pernah beberapa kali membaca perintangan yang diberikan oleh petugas IndiHome, jika penempatan router yang salah juga bisa menghambat internet yang dijangkau.

Letakkan router dengan posisi berdiri atau menempel di tembok, hindari penempatan yang banyak sekat tembok, jauhkan dari barang elektronik lain, matikan router jika tidak digunakan biar gak panas, dan jauhkan dari paparan tempat yang bersuhu panas.

Rata-rata router yang ditaruh para ruang bersekat akan memangkas akses jaringan sinyal menjadi lebih buruk, lalu modem yang panas juga bikin lemot.

2. Terlalu Banyak PenggunaJumlah Client List Wifi Indihome

Kemampuan jumlah client dalam router itu terbatas, jika orang yang menghubungkan ke jaringan WiFi terlalu banyak, alhasil speed akan terbagi dan tidak bisa stabil merespon tiap permintaan pengguna.

Namun dengan catatan, jika diimbangi dengan speed yang tinggi, maka jumlah kapasitas client bisa makin besar namun tetap dengan batasan tertentu.

Berdasarkan pengalaman admin, 1 WiFi IndiHome speed 10 Mbps diisi dengan 8 client sudah terasa sangat lemot. Apalagi ada yang pakai buat download file, pasti makin berat.

Jadi sangat penting kalian untuk melihat pengguna IndiHome di WiFi yang kamu gunakan.

3. FUP Melebihi BatasDetail FUP Tiap Speed Indihome

Bagi yang belum tahu IndiHome memberikan standar batas FUP di masing-masing kecepatan WiFi mereka. Makin besar paketan speed WiFi maka makin besar juga batas FUP yang di setting.

Walaupun internet yang kita bayarkan berlabel unlimited, tetapi kebijakan Fair Usage Policy tetap masih diterapkan untuk layanan IndiHome. Sepertinya, untuk speed 10 Mbps IndiHome, jika selama 1 bulan sudah melebihi batas akses 300 GB maka speed akan dipangkas menjadi 2mbps.

Ketentuan berlaku kelipatan tergantung seberapa besar speed paket yang kamu ambil, untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan kepada admin Telkom.

Untuk mengetahui apakah pengguna sudah melebihi FUP atau belum, silahkan ikuti tutorial cara cek FUP IndiHome.

4. Perangkat Router RusakAlat Router Rusak

Router adalah salah satu perantara kabel optik menyalurkan jaringan signal, jika perangkat tersebut mengalami masalah tentu akan berdampak terhadap client yang menghubungkan device ke WiFi.

Jika poin keempat ini sedang kamu alami, lebih baik hubungi teknisi IndiHome untuk penggantian router baru. karena pelayanan penggantian alat bisa kamu komplain tanpa syarat.

5. Sedang Terjadi PerbaikanSedang Terjadi Perbaikan Telkom

Penyebab WiFi IndiHome lemot yang terakhir adalah jaringan sedang mengalami perbaikan atau gangguan.

Kalian hanya cukup bersabar, karena Tim dari Telkom akan memperbaiki segera dan mengirimkan teknisi untuk mengecek titik lokasi yang bermasalah.

Dalam waktu 1 hari biasanya akan kembali normal lagi.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah penyebab WiFi IndiHome lemot, note yang mungkin admin tekankan adalah perhatikan FUP koneksi yang kamu miliki, terkadang orang gak sadar kalau lemotnya WiFi mereka banyak yang disebabkan karena limit FUP sudah melebihi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.