Cara Melihat Pengguna Wifi IndiHome

Cara Melihat Pengguna Wifi IndiHome 1
Cara Melihat Pengguna IndiHome

Pengguna atau pemilik yang berlangganan akses internet IndiHome, selain memanfaatkan fasilitas internet, tentu mereka harus tahu beberapa poin-poin penting untuk selalu menjaga kestabilan serta kecepatan jaringan saat WiFi dibutuhkan.

Nah dan beberapa poin yang wajib pengguna perhatikan adalah, pertama selalu mengganti nama dan password WiFi mungkin minimal 1 bulan sekali untuk pemakaian pribadi.

Lalu yang kedua yaitu mengatur agar batas limit lebih terkendali, karena paketan IndiHome sendiri akan mengurangi speed ketika batas limit sudah berlebihan. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi tabel FUP IndiHome terbaru.

Dan poin terakhir yang harus diperhatikan adalah siapa saja client atau perangkat yang terhubung dengan WiFi kita.

Penting nih, karena terkadang ada oknum nakal yang suka main colong-colongan WiFi. Tanpa pemilik sadari, tiba-tiba pemakaian dalam kurang dari satu bulan sudah mencapai batas limit.

Maka dari itu berikut kita akan berikan panduan cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita supaya pemilik juga bisa memantau aktifitas dalam penggunaan bulanan masih dalam batas normal atau tidak.

Berikut tutorial cara melihat pengguna WiFi IndiHome, bagi yang sudah penasaran memantau aktifitas jaringan pribadi miliknya, ikuti panduan berikut ini.

Cara Melihat Pengguna WiFi IndiHome

Memang kesal rasanya jika WiFi yang sudah kita pasangi dengan pengaman password ekstra, tahu-tahu dibobol oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Kebanyakan pembobol WiFi ini sifatnya sangat merugikan, selain tindakannya bisa dibilang mencuri, mereka juga sering banget melakukan akses internet yang berlebihan.

Mungkin kalau hanya satu dua buah oknum yang bobol, kerugiannya tidak begitu dirasakan, tetapi bagaimana ceritanya kalau hampir 6 lebih client yang coba mencuri WiFi kita? bisa-bisa dalam seminggu udah kena limit tuh.

1. Menggunakan Modem ZTE

Sebelum masuk dan mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, pertama pastikan kamu sudah tahu alamat IP WiFi IndiHome kamu.

Alamat IP ini biasanya akan diberikan ketika proses pemasangan pertama oleh teknisi Telkom.

  1. Buka browser, kemudian ketik IP modem IndiHome kamu, jika kamu lupa lebih baik konfirmasi terlebih dahulu kepada pusat agar menghindari kesalahpahaman. Namun biasanya, modem seperti ZTE ini menggunakan IP Umum 168.1.1.
  2. Masukkan saja ke kotak alamat URL seperti format berikut http://192.168.1.1/.Masuk Ke Alamat IP
  3. Setelah masuk kamu disuruh untuk login modem kamu, pada bagian ini kamu juga akan mendapatkan username dan password ketika proses pemasangan pertama. Coba saja memasukan template Username : admin/user password : admin/user. Jika gagal informasikan kepada pusat untuk menghindari kesalahan.Masukkan Username Dan Passwordn
  4. Setelah masuk silahkan buka menu Status ➜ Lan Status ➜ DHCP Client List.Masuk Ke Status, Lan Status dan Tekan DHCP Client List
  5. Disana akan terlihat siapa saja yang sedang menggunakan WiFi kita.
Sedang download file dengan IDM tapi lambat sekali ? Ikuti trik cara mempercepat download file lewat IDM.

2. Menggunakan Modem Huawei

Kurang lebih metodenya hampir sama seperti diatas, namun bedanya adalah jenis alamat IP modem Huawei ini yang berbeda, dimana umumnya modem berikut memiliki alamat IPΒ 192.168.100.1Β atauΒ 192.168.1.254.

  1. Masukkan alamat IP yang diberikan petugas ketika proses pemasangan pertama.Masuk Ke IP Modem Huawei
  2. Setelah berhasil masuk, kamu disuruh untuk login ke perangkat modem yang digunakan. Silahkan login dengan Username dan Password yang sudah diberikan ketika pertama kali memasang. Biasanya Username : user/admin dan Passwordnya : user/admin. Jika salah konfirmasi ke pusat.Masukkan Admin Dan Password
  3. Untuk melihat siapa saja client yang terhubung silahkan klik kotak menu Status yang ada di bagian atas.
  4. Klik sub menu Β User Device Information yang ada di bagian kiri.Klik Menu Status Lalu Pilih User Device Information
  5. Disini kamu bisa lihat siapa saja yang sedang menggunakan WiFi kamu.
  6. Selamat mencoba.

3. Menggunakan Aplikasi Fing

Bagi yang ingin mudah untuk mengetahui siapa saja pengguna yang terhubung dengan WiFi kita, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Fing.

  1. Download dan install aplikasi Fing di Playstore.
    Untuk Android:
    Fing - Network Tools
    Fing - Network Tools
    Developer: Fing Limited
    Price: Free+
    Untuk iOS:
    β€ŽFing - Network Scanner
    β€ŽFing - Network Scanner
    Developer: Fing Limited
    Price: Free+
    Install Aplikasi Fing
  2. Buka aplikasi, biasanya langkah awal kamu akan mendapatkan perintah izin akses, untuk itu silahkan konfirmasi untuk memberikan izin akses.
  3. Pada tampilan awal, kamu bisa klik Pemindaian WiFi, jika kamu disuruh untuk menghidupkan lokasi, silahkan hidupkan saja.Ketuk Pemindaian Wifi
  4. Geser ke menu tab Saluran, disana akan muncul beberapa client yang terhubung dengan WiFi kamu, jika orang yang terhubung dengan WiFi kamu tulisannya “Wi-Fi anda“.Klik Sub Menu Saluran Dan Lihat Client List Yang Terhubung Dengan Wifi Kamu
  5. Selamat mencoba.
Mau cek berapa kecepatan internetmu ? Ikuti tutorial cara cek kecepatan internet (trusted).

4. Menggunakan Perintah CMD

Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan IP dan login ke akses modem kamu, cara terakhir bisa menggunakan perintah CMD.

  1. Klik tombol Start kemudian cari CMD, buka dengan Run as administrator.
  2. Setelah itu masukkan perintah net view.Ketik Perintah Net View
  3. Selanjutnya ketikkan lagi perintah arp -a, ingat ada spasi setelah perintah bagian arp.Ketik Perintah arp -a
  4. Nantinya akan muncul beberapa pengguna yang terhubung ke WiFi kamu.
  5. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Sekarang cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita sudah bisa dilakukan dengan beberapa metode diatas.

Setelah itu tindakan yang harus kamu lakukan adalah mengganti passwordnya agar tidak di bobol oleh pengguna lain lagi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.