Internet

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini internet mungkin jadi salah satu bagian atau element yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan manusia.

Bukan tanpa alasan juga, karena hampir semua smartphone yang notabene kini sudah serba terhubung dengan dunia digital, perlu yang namanya koneksi internet untuk memperlancar jaringan.

Jika internet mereka lemot, maka secara otomatis proses transfer data ke operator juga lemah, bahkan ada beberapa akses yang terbatas atau gak bisa dibuka karena kecepatan jaringan internetnya kurang mumpuni.

Maka dari itu, penting buat diperhatikan kecepatan internet, karena jika aktivitas digital yang dilakukan menyangkut urusan penting seperti pekerjaan atau pendidikan, maka kecepatan internet harus jadi prioritas utama.

Untuk mengantisipasi hal diatas, contohnya seperti jaringan lemot atau jaringan lemah, kamu sebelumnya bisa mengecek kecepatan internetmu apakah operator yang digunakan memiliki speed yang mumpuni atau tidak?

Bagi yang ingin mengetahuinya, berikut cara mengecek kecepatan internet, dari semua jenis operator baik itu jaringan seluler atau hotspot seperti Wifi.

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Makin kesini makin banyak operator yang menawarkan fitur serta keunggulan masing-masing dalam segi internetan. Entah itu mereka menawarkan paket data yang murah, akses jaringan yang mudah, sampai mengunggulkan kecepatan jaringan yang tinggi.

Untuk membuktikan layanan tersebut, ada baiknya kalau kita langsung cek kecepatan internetnya, simak penjelasan dibawah ini :

1. Lewat Speedtest

Speedtest sendiri bisa kamu coba menggunakan dua media, yang pertama Speedtest dapat didownload dan di install di smartphone, kemudian Speedtest juga bisa dibuka secara online melalui website.

  1. Silahkan download dan install aplikasi Speedtest.
    Android :
    Speedtest by Ookla
    Speedtest by Ookla
    Developer: Ookla
    Price: Free+

    iOS:
    ‎Speedtest - ADSL Speed Test
    ‎Speedtest - ADSL Speed Test
    Developer: Ookla
    Price: Free+
  2. Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut, sebelum itu pastikan kamu terhubung dengan koneksi internet, jika kamu ingin mengetes koneksi Wifi silahkan hubungkan ke Wifi, namun jika kamu ingin mengetes kecepatan jaringan seluler, silahkan aktifkan paketan data.Hubungkan Ke Wifi Atau Jaringan Internet
  3. Lihat dibagian bawah, sistem akan mendeteksi jaringan yang terhubung ke device milikmu, dan jika sudah terhubung silahkan tekan tombol Mulai.Buka Aplikasi Speedtest Lalu Tekan Mulai
  4. Tunggu dan lihat berapa kecepatan internet yang bisa kamu gunakan.

Bagi pengguna PC atau laptop, mungkin lebih efektif jika kamu mengecek koneksi jaringan melalui website Speedtest.net. Metodenya kurang lebih sama seperti diatas, hubungkan perangkat dengan internet, kemudian tekan tombol GO.

2. Lewat Indihome Speedtest

Masih ada solusi lain mengecek kecepatan menggunakan website penyedia layanan seperti Indihome Speedtest ini. Namun cara ini akan lebih efektif jika mereka yang mengetes kecepatannya sedang menggunakan jaringan dari Indihome.

  1. Silahkan masuk ke website Indihome speedtest.
  2. Setelah kamu masuk ke dalam websitenya, tunggu beberapa saat sampai status di bawah sudah terhubung dengan jaringan yang kamu gunakan.
  3. Kemudian tinggal tekan tombol GO, dan tunggu beberapa saat sampai kamu mengetahui seberapa cepat kecepatan internet yang bisa digunakan.Buka Website Indiehome Speedtest
Mau buka situs streaming film terkena Internet Positif ? Ikuti cara bobol Internet Positif dengan cepat.

3. Memasang Ekstensi Speedtest Di Chrome

Cara mengecek kecepatan internet tidak hanya dapat dilakukan seperti cara di atas, metode berikutnya ini bisa dibilang simpel dan efektif karena kamu tinggal memasang ekstensi dan setelah itu bisa dicoba tanpa perlu membuka website-nya.

  1. Buka Google Chrome.
    Speedtest by Ookla
    Speedtest by Ookla
    Developer: speedtest.net
    Price: Free
  2. Ketuk icon titik tiga di bagian kanan atas.
  3. Buka tab Settings.Klik Opsi Tambahan Lalu Tekan Tombol Settings
  4. Tekan tombol Extensions.Tekan Tombol Extensions
  5. Buka jendela Extensions yang ada di pojok kiri atas kemudian pilih Open Chrome Web Store.Tekan Opsi Tambahan Lalu Tekan Open Chrome Web Store
  6. Ketik Speedtest di kotak pencarian, lalu pilih Speedtest by Ookla.Cari Speedtest By Ookla
  7. Terakhir tinggal pasang dengan menekan tombol Add to Chrome.Pasang Ekstensi Speedtest
  8. Kamu bisa mengetesnya di sisi pojok kanan atas pada bagian ekstensi.

4. Lewat Bandwithplace

Last but not least, kita berikan satu metode lagi yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet.

Bahkan bukan hanya kecepatan saja, tetapi bisa melihat seberapa kencenga ping.ms koneksi internet yang digunakan.

  1. Silahkan masuk ke website Banwidthplace.
  2. Langsung saja tekan tombol Mulai.Buka Website Bandwidthplace
  3. Tunggu prosesnya sampai selesai dan lihat hasilnya.
Koneksi internet terputus dan tidak bisa akses website ? Ikuti cara mengatasi internet yang bermasalah ketika tiba-tiba disconnect.

Akhir Kata

Sekarang kamu gak perlu ragu lagi kalau mau internetan, ngegame, streaming takut lemot karena koneksi lemah.

Karena sebelumnya sudah kamu antisipasi dengan mengecek speed seperti yang sudah kita sebutkan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar