Android

Cara Mengatasi LCD Handphone Android Bergaris

Pinterest LinkedIn Tumblr

Rasanya kesel banget bukan kalau tahu layar LCD HP kesayangan tiba-tiba muncul gejala kerusakan, seperti ghost touching, layar tidak muncul gambar, sampai layar LCD bergaris.

Jika dalam pembahasan kita kemarin telah mengupas layar android sering gerak sendiri, apakah cara mengatasi LCD handphone android bergaris juga bisa ditangani sendiri?

Layar LCD itu sendiri memiliki fungsi yang sangat krusial pada sebuah HP layar sentuh, jika kondisinya rusak dan dan error, selain mengganggu tampilan dikhawatirkan juga dapat mengganggu sensitifitas sentuhan pada layar HP tersebut.

Maka dari itu penting bagi kita untuk sadar dan mengerti soal perawatan HP, karena jika hal ini diabaikan ujung-ujung cuma bikin nyesel juga.

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih dalam cara mengatasi LCD handphone Android bergaris, alangkah baiknya jika kita kenali terlebih dahulu penyebab jenis penyakit ini.

Penyebab Layar LCD Handphone Android BergarisHP Rusak Karena Terjatuh

Munculnya garis pada layar LCD itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, ada garis yang muncul secara vertical, ada juga garis yang muncul bentuknya horizontal. Apapun jenis atau bentuknya, tetap saja yang namanya layar rusak ujung-ujung bakal mengganggu performa penggunaan dari handphone tersebut.

1. HP Pernah Terjatuh

Biasanya faktor yang paling sering ditemui adalah HP pernah jatuh dan terbentur dengan benda keras. Apalagi saat terjatuh bagian pertama yang terkena damage itu adalah bagian layarnya.

Beberapa kasus yang saat kejadian itu juga langsung menimbulkan efek garis di layar dan ada juga yang dampaknya setelah kejadian baru timbul kerusakan.

2. HP Terkena Air

Salah satu musuh terbesar barang elektronik adalah air. Mungkin jika fitur atau fungsi andalannya sebagai perangkat tahan air, kita akan berikan pengecualian disini. Tetapi bagaimana kalau device normal yang memang sangat sensitif jika terkena air.

Bahkan resiko besar kalau terkena air adalah HP akan mati, beberapa hardware tidak berfungsi, termasuk layar akan muncul kerusakan seperti garis-garis.

3. Perangkat Konektor Bermasalah

Penyebab LCD handphone android bermasalah bisa karena konektor antara mainboard dengan layar LCDnya sudah tidak bagus.

Biasanya kabel sudah getas, atau bahkan sampai kendor. Alhasil efek yang bisa ditimbulkan dari penyebab diatas adalah layar HP akan muncul garis.

4. Sistem Error

Tenang saja, bagi yang sudah khawatir layar HP miliknya rusak karena perangkat hardware yang bermasalah, ternyata sistem yang error juga bisa jadi pemicu. Biasanya gara-gara HP bekas root, muncul bug sistem, dan masih banyak lainnya.

Mau sembunyikan foto di Kalkulator ? Ikuti cara menyembunyikan foto dan video di aplikasi Kalkulator.

Cara Mengatasi LCD Handphone Android Bergaris

Setelah sedikit banyak mengerti tentang penyebab LCD handphone android bergaris, sekarang saatnya untuk mengatasi masalah tersebut supaya kondisi HP bisa seperti normal kembali.

Banyak orang yang mendapati masalah pada layar HP sering langsung memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru, padahal jika ada solusi yang lebih murah kenapa tidak dicoba terlebih dahulu?

Cara 1 : Menggunakan Aplikasi Khusus

Kita awali dengan cara yang sederhana dan terbilang sangat mudah, kamu bisa download serta dapatkan aplikasi ini di Playstore. Aplikasi ini bernama Dead Pixel Test and Fix.

tote Pixel Behandlung
tote Pixel Behandlung
Developer: ZooxSoft
Price: Free

Sesuai dengan namanya aplikasi tersebut bertugas untuk mendeteksi pixel yang mati, dan setelah itu mereka akan memprogram untuk memulihkan kondisi layar.

  1. Download dan install aplikasi Dead Pixel Test and Fix di Playstore. Unduh Aplikasi Dead Pixel Test And Fix
  2. Setelah terinstall buka aplikasinya, jika masalah LCD garis sudah muncul silahkan tekan tombol Fix Dead Pixel.Tekan Tombol Fix Dead Pixel
  3. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.Proses Memperbaiki Pixel HP

Cara 2 : Reset Data Dari Pabrik

Seperti yang kita katakan diatas, salah satu penyebab layar LCD Android bergaris yaitu bisa karena bug sistem yang ada di dalam HP. Cara ampuh untuk menghilangkan bug tersebut bisa dengan mereset data dari pabrik.

  1. Buka pengaturan.
  2. Sebelum melakukan reset pabrik, alangkah baiknya untuk melakukan backup data melalui menu Cadangkan.
  3. Jika sudah kembali lagi ke menu awal Pengaturan ➜ Manajemen Umum ➜ Reset ➜ Reset data pabrik.Pilih Reset Data Dari Pabrik
HP Android kamu tidak bisa digunakan untuk screenshot ? Ikuti cara mengatasi Android tidak bisa screenshot.

Cara 3 : Tekan Layar

Mungkin cara ini bisa dibilang hack untuk mengatasi LCD handphone android bergaris. Layar yang bergaris tersebut bisa disebabkan oleh komponen didalamnya yang kendor, seperti disebabkan oleh kabel mainboard yang kendor dari dudukannya.Sentuh dan Tahan Layar Yang Bergaris

Terkadang untuk mengembalikannya kita perlu hack yang membuat komponen kendor didalamnya itu menjadi rekat dan berada di posisinya kembali. Cara tersebut bisa dengan menekan/tahan titik garis pada LCD yang muncul, sampai kembali normal.

Cara 4 : Keringkan HP

Jika HP kamu muncul garis di layar karena terkena air, solusinya yaitu bisa dengan mengeringkan perangkat sampai benar-benar jeroannya tidak ada air yang tersisa. Disini akan kita berikan cara bagaimana mengeringkan HP yang baik dan benar.

  1. Lepas semua perangkat eksternal seperti casing, baterai, memori dan kartu SIM.
  2. Siapkan beras kurang lebih porsinya bisa merendam HP tersebut.Metode Rendam Beras Untuk Keringkan Air
  3. Kemudian rendam HP tersebut 2 sampai 3 hari.
  4. Hidupkan kembali.
Smartphone kamu tidak bisa membaca SIM Card ? Ikuti cara mengatasi smartphone yang tidak bisa membaca SIM Card.

Akhir Kata

Jika cara diatas masih belum ada yang berhasil, sepertinya solusi yang bijak adalah membawa HP ke tukang servis terpercaya. Karena bisa jadi kerusakan disebabkan oleh perangkat keras LCD-nya yang sudah rusak, dan ini perlu bantuan tangan mekanik handal agar kerusakan tidak makin parah. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar