Android

Cara Mengatasi Layar Android Yang Bergerak Sendiri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernah mendengar istilah Ghost Touch? Mungkin inilah istilah yang dapat menggambarkan pengertian dari layar sentuh HP suka bergerak sendiri. Ghost Touch sebenarnya sangat lazim menjadi kasus yang sering ditemui di beberapa pengguna smartphone layar sentuh.

Kondisi tentu sangat mengganggu dan menjengkelkan, apalagi ketika kita sedang dalam kondisi yang urgent atau penting contohnya mengirim pesan kepada seseorang, kemudian tiba-tiba layar gerak sendiri sampai menyebabkan semua tulisannya typo.

Kemudian jika kita sedang bermain game, tiba-tiba layar gerak sendiri yang menyebabkan permainan terganggu. Niat main game biar terhibur tetapi malah bikin emosi.

Jika ghost touch ini dibiarkan, dapat memperparah kondisi bahkan hingga menyebabkan ada bagian layar yang sampai tidak bisa disentuh. Kalau sudah seperti ini bagaimana cara mengatasi layar Android yang bergerak sendiri?

Penyebab Layar Android Bergerak SendiriKondisi Layar Yang Sudah Pecah Dan Rusak

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti yakni cara mengatasi layar Android yang bergerak sendiri, alangkah baiknya kita kenali penyakit ghost touch ini kenapa bisa terjadi.

1. Charger HP Abal-Abal

Tidak hanya ghost touch saja, penggunaan charger abal-abal bisa memicu jenis kerusakan layar lainnya. Karena berdasarkan pengalaman pribadi admin, menggunakan charger HP abal-abal termasuk adaptor dan juga kabelnya, dapat merusak layar sampai membuat tampilan berubah menjadi ungu. Jadi kamu ketika mengecas HP perhatikan dan jangan asal main colok saja, kalau bisa pakai charger asli bawaan dari HP-nya.

2. Masalah Pada Baterai

Di beberapa kasus ghost touch sering muncul ketika kondisi baterai HP mendekati habis. Layar yang bergerak akan hilang ketika baterai diisi kembali. Jika kondisinya seperti ini, silahkan ganti baterai yang baru dan usahakan pakai merk ori.

3. Kondisi Layar Panas

Pemakaian yang ekstra terkadang bikin beberapa hardware di HP menjadi panas. Termasuk piranti yang bekerja ekstra selain baterai yakni layar. Kondisi seperti ini kadang dapat memicu munculnya ghost touch, jadi kalau kondisi layar sudah panas lebih baik diamkan dulu sampai benar-benar suhunya kembali normal.

Mau download file lewat Zippyshare ? Ikuti panduan lengkap cara download file di Zippyshare.

4. Bug Sistem

Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan perangkat keras, tetapi pemicu munculnya penyakit ghost touch juga bisa disebabkan oleh bug sistem yang mengganggu jaringan internal. solusinya kamu bisa bersihkan cache atau mengupdate perangkat untuk menghilangkan bug.

5. Kondisi Anti Gores Yang Sudah Tidak Layak

Perhatikan pemakaian anti gores yang sudah rusak atau tidak layak, karena dapat mengurangi sensitifitas sebuah layar sentuh. Jadi jika kondisi screen protector sudah pecah, rusak dan tidak layak sebaiknya segera ganti baru.

Cara Mengatasi Layar Android Yang Bergerak Sendiri

Setelah kalian membaca faktor penyebab di atas, sekarang saatnya kita masuk ke tahap solusi yakni cara mengatasi layar Android yang bergerak sendiri.

1. Ganti BateraiGanti Baterai Yang Sudah Rusak

Diatas kita telah singgung faktor penyebab ghost touch adalah kondisi baterai yang sudah tidak optimal.

Ciri-ciri baterai tidak optimal yaitu bentuk fisiknya membesar atau mengembang, cepat habis, pengisian daya tidak sempurna, dan mudah panas. Jika sudah seperti ini alangkah baiknya langsung ganti dengan baterai yang baru.

2. Ganti Charger HPGunakan Charger Asli Sesuai Ampere

Meski kedengarannya sepele, tetapi menggunakan charger abal-abal atau tidak sesuai dengan spec daya pengisian baterai HP, bisa jadi pemicu layar gerak sendiri.

Bahkan efek terparahnya bisa memunculkan kerusakan layar lainnya seperti layar menjadi ungu. Solusinya gampang, ketika mau ngecas perhatikan dulu dan biasakan pakai charger asli yang sesuai dengan speknya.

Punya file gambar terlalu besar ? Ikuti cara mengecilkan ukuran file foto tanpa laptop.

3. Ganti Screen ProtectorPerhatikan dan Ganti Anti Gores HP

Kondisi anti gores yang sudah tidak layak sangat mempengaruhi sensitivitas layar HP kamu, contohnya kondisi sudah retak, pecah, perekatnya sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga ada kemungkinan untuk menyentuh dan menekan tombol sembarangan.

Anti gores seperti itu sudah tidak layak dipertahankan, silahkan ganti anti gores baru namun sebelum mengganti bersihkan layar bekas pemakain screen protector lama.

4. Bug ROMBug Dalam Custom ROM

Selain bug pada sistem HP yang membuat layar gerak sendiri, ternyata Bug Room juga dapat mempengaruhinya. Bagi kamu yang sering otak-atik atau melakukan custom pada HP kamu pasti sudah tidak asing dengan aktivitas custom ROM HP ini.

Dan ternyata efek dari meng-custom tersebut dapat memicu bug yang muncul dari suatu aplikasi yang ternyata bentrok dengan sistem didalam HP.

Solusinya bisa kembalikan data HP kembali normal seperti Reset Data Pabrik dengan cara :

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Manajemen Umum.Ketuk dan Pilih Manajemen Umum
  3. Ketuk tombol Reset.Buka dan Pilih Menu Reset
  4. Kemudian Reset data pabrik.Pilih Reset Data Dari Pabrik
  5. Selamat mencoba.
Mau edit foto wajah kamu menjadi berbagai ras ? Ikuti cara edit foto berbagai ras dengan Pix2mix.

Akhir Kata

Sebenarnya masih ada satu jenis bug lagi yang bisa memicu problem Ghost Touch, yakni bug multitouch. Ciri-cirinya akan muncul ketika kamu coba menekan layar dengan dua buah jari secara bersamaan, setelah itu layar akan bergerak sendiri.

Untuk mengatasinya kurang lebih sama seperti diatas, coba lakukan reset data pabrik. Jika masih gagal, lebih baik bawa ke tukang servis terpercaya, dan konsultasikan apakah memang ada kerusakan di bagian hardwarenya. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar