Cara Mengecilkan Ukuran File Foto

Cara Mengecilkan Ukuran File Foto, Online Tanpa Buka Laptop

Beberapa orang, mungkin termasuk kamu sering bermasalah saat harus mengirim file foto dengan ukuran tertentu, baik untuk melamar kerja ataupun keperluan lain.

Biasanya ukuran foto yang kita miliki terlalu besar dan tidak sesuai dengan apa yang diminta oleh sebuah instansi atau perusahaan.

Jadi mau tidak mau kamu harus merubah ukuran foto yang kamu miliki menjadi sedikit lebih kecil, atau kalau mau lebih mudah melakukan foto ulang.

Tapi foto ulang pun belum tentu ukuran file fotonya akan sesuai dengan permintaan. Untuk mengubah atau mengecilkan ukuran foto, biasanya hal yang diperlukan adalah aplikasi penyunting foto.

Namun, untuk mendapatkan aplikasi penyunting foto, kamu pasti perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu, dan hal itu kadang memberatkan beberapa dari kita.

Gak semua gadget bisa menampung aplikasi tertentu. Tapi tenang saja, kamu bisa mengecilkan ukuran file foto kamu secara onlone.

Nah, saya akan membagikan 2 cara untuk mengecilkan ukuran file foto yang kamu miliki menggunakan situs-situs online.

1. Kecilkan Ukuran File Foto dengan Lunapic

Lunapic adalah sebuah situs yang dapat membantu kamu dalam mengedit foto secara gratis.

Di Lunatic ada banyak layanan yang bisa kamu nikmati, mulai dari mengubah background foto hingga mengecilkan ukuran file foto sesuai keinginan kamu.

Tampilan Situs Lunapic
Tampilan Situs Lunapic

Jadi hampir mirip dengan photoshop, walaupun tentu saja fitur – fitur penyuntingan di photoshop mungkin akan lebih lengkap.

Namun, tampilan situs lunapic sedikit lebih simpel dan mudah bagi pemula. Nah untuk dapat mengubah ukuran file foto, caranya yaitu:

  1. Kamu cukup mengunjungi situs www.lunapic.com agar bisa menggunakan fitur yang disediakan pada situs lunapic.
    Mulai Mengecilkan Foto dengan Lunapic
    Mulai Mengecilkan Foto dengan Lunapic
  2. Kemudian, pilih “quick upload” seperti dalam lingkaran di atas.
    Upload File Foto ke Lunapic
    Upload File Foto ke Lunapic
  3. Kalau sudah, kamu akan dibawa ke laman seperti ini. Lalu klik “Choose File“.
    Pilih File Foto yang akan Dikecilkan
    Pilih File Foto yang akan Dikecilkan
  4. Nah, nanti akan muncul box seperti ini. Kamu tinggal memilih foto yang ingin kamu ubah ukuran filenya. Setelah itu pilih “open“.
    Pilih Opsi File Set Size untuk Mengubah Ukuran File Foto
    Pilih Opsi File Set Size untuk Mengubah Ukuran File Foto
  5. Setelah itu, kamu akan digiring ke halaman selanjutnya seperti di atas. Silahkan klik “[Set File Size]” pada bagian file size seperti lingkaran pada gambar di atas.
    Masukkan Ukuran File Foto yang Diinginkan
    Masukkan Ukuran File Foto yang Diinginkan
  6. Nantinya akan muncul halaman seperti ini. kamu tinggal mengganti ukuran file foto pada box seperti di gambar di atas, sesuai keinginan kamu. Lalu klik “Resize File“.
    Pilih Opsi Save untuk Menyimpan Hasil File
    Pilih Opsi Save untuk Menyimpan Hasil File
  7. Langkah terakhir, klik “Save“. Nantinya, file foto kamu akan terunduh sendiri. Oh iya, kamu juga bisa membagikan foto tersebut langsung ke social media kamu setelah kamu selesai menyuntingnya.

Ingin cetak foto di Word dengan berbagai ukuran ? Ikuti tutorial cara print foto berbagai ukuran di Word.

2. Mengecilkan File Foto dengan Easy-Resize

Tampilan Situs Easy-Resize
Tampilan Situs Easy-Resize

Cara kedua adalah memanfaatkan situs easy-resize.com yang memang dapat membantu kamu untuk mengubah ukuran file baik foto maupun dokumen.

Cara kedua ini cenderung mudah dan simpel. Belum lagi, kamu bisa mengubah ukuran lebih dari satu file foto atau dokumen secara bersamaan tanpa perlu repot.

  1. Pertama kamu harus mengunjungi situs easy-resize.com terlebih dahulu untuk menggunakan layanan di situs ini.
    Mulai Mengecilkan Foto dengan Easy-Resize
    Mulai Mengecilkan Foto dengan Easy-Resize
  2. Lalu, kamu akan langsung mendapati box seperti gambar di atas. Kamu bisa mengklik tombol bertuliskan “Click or Drag and Drop Your Images Here” dan memilih file foto yang ingin kamu ubah ukurannya. Atau kamu bisa langsung menarik file foto tersebut langsung ke dalam box di atas.
    Masukkan Ukuran File Maximun
    Masukkan Ukuran File Maximun
  3. Pada bagian “Maximum file size“, kamu bisa memilih ukuran file foto yang kamu inginkan. Ukurannya mulai dari yang terkecil 5 kb hingga yang terbesar yaitu 1 mb.
    Klik Download untuk Menyimpan Hasil Foto yang Sudah Dikecilkan
    Klik Download untuk Menyimpan Hasil Foto yang Sudah Dikecilkan
  4. Nah, terakhir kamu bisa menekan tombol “download” seperti gambar di atas untuk dapat mengunduh foto kamu dengan ukuran yang kamu inginkan.

Ingin menggabungkan foto dengan rapi ? Coba simak cara menggabungkan foto dengan rapi dan mudah.

Itu adalah 2 cara untuk mengecilkan ukuran file foto dengan memanfaatkan beberapa situs sunting foto online. Hal ini lebih mudah dan gak merepotkan ketimbang menggunakan aplikasi seperti photoshop atau corel draw.

Sebenarnya ada banyak situs – situs yang menyediakan layanan yang hampir mirip dengan lunapic atau easy-resize yang dapat kamu temukan saat menjelajahi internet.

Namun tentu saja, tampilan dan langkah – langkah dalam mengubah ukuran file foto akan berbeda disetiap situs.

Selain itu, kamu yang tidak ingin repot membuka laptop untuk mengecilkan ukuran file foto, kamu dapat melakukannya melalui smartphone yang kamu miliki.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *