Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Dengan Tepat

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Dengan Tepat 1
Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti

Kesel gak kalau tiba-tiba aplikasi yang kamu jalankan itu crash dan terpaksa harus forced close. Apalagi ketika program yang kita jalankan itu sangat penting, mungkin seperti contohnya adalah membuat dokumen di Word, memasukan data kedalam Excel dan software ugent lainnya.

Ketika aplikasi mengalami crash, sistem operasi Android akan mengirimkan pesan notifikasi popup yang berisi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau untuk yang menyetting ponsel dalam Bahasa Inggris muncul notifikasi “Unfortunately has stopped”.

Kemudian di bawahnya disediakan dua tombol perintah yaitu tombol Tunggu dan Paksa Berhenti. Untuk lebih bijak menanggapi respon tersebut yaitu memang dengan menekan tombol pilihan Paksa Berhenti.

Karena kita gak tau juga, kalaupun tombol yang kita tekan adalah tombol Tunggu, entah sampai kapan sistem program tersebut akan berhenti terus.

Disini kita punya metode lain untuk cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti, lebih tepatnya adalah sebagai sikap atau tindakan mengantisipasi dari kemungkinan aplikasi crash. Repot juga kan kalau file data yang kita ketik belum disimpan, atau disaat kita lagi ngegame tiba-tiba aplikasi keluar secara paksa, pasti gak asik dong.

Untuk cara mengatasi sayangnya  aplikasi telah berhenti sudah kita rangkum dalam segmen pembahasan dibawah, silahkan simak lebih lanjut.

Penyebab Aplikasi Crash (Berhenti Paksa)

Sebenarnya apa sih yang bikin aplikasi didalam HP Android kita bisa crash dan mendadak keluar secara tiba-tiba seperti ini? penting buat kalian ketahui karena beberapa poin penyebab dibawah ini dapat diantisipasi dan lebih untuk mengambil sikap dalam berhati-hati memperhatikan internal Hpnya sesuai kemampuan spec masing-masing.

1. Memori RAM Penuh

RAM adalah komponen yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah aplikasi.

Sifat dari komponen hardware ini adalah menyimpan memori sementara saat dibutuhkan seperti ketika membuka dan menjalankan sebuah aplikasi.

Jika terlalu banyak perintah multitask, maka RAM bisa penuh dan memaksa secara otomatis menghentikan program yang sekiranya cukup berat.

2. File Cache Menumpuk

Bagi pengguna yang jarang membersihkan sampah file seperti Cache ini tentu kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, alhasil bakal menumpuk dan bikin penyimpanan memori data aplikasinya itu penuh.

Cache memang harus sering dibersihkan, keuntungan selain menghindari aplikasi crash adalah juga bisa bikin speed navigasi lancar.

Kamu pakai ponsel dengan merk Xiaomi? Pakai ROM apa? Jika belum tahu silahkan ikuti cara cek ROM Xiaomi.

3. Sistem OS Tidak Update

Terkadang sistem OS yang jadul itu bisa jadi penyebab kenapa aplikasi sering crash.

Zaman sekarang ini, develop yang dilakukan dalam membuat sistem program aplikasi sudah sangat canggih.

Kalau tidak diimbangi dengan update perangkat OS terkini, pasti ada bagian sistem yang tidak kompatibel mengikuti jalannya perintah. Selain itu update juga dapat membersihkan bug.

4. Bug

Bug itu bisa dibilang penyelesaian develop yang belum tuntas 100%, kalau sistem yang tidak kunjung disempurnakan tersebut alhasil internal smartphone juga bakal stay dengan bug-bug versi sebelumnya. Cara menghilangkannya bisa dengan update sistem Android.

Cara Mengatasi Telah Aplikasi Berhenti

Saatnya kita masuk ke pembahasan cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti, di bawah sudah disediakan beberapa poin penting dan silahkan coba kamu eksekusi satu per satu.

1. Update AplikasiUpdate Aplikasi Yang Sering Crash

Perhatikan usia versi dari aplikasi yang mengalami crash saat kamu gunakan, silahkan cek di layanan Playstore jika memang sudah waktunya update, ketuk tombol update buat memperbarui.

Karena dengan cara ini pihak pengembang bisa memberikan layanan versi yang sudah disempurnakan termasuk menghindari sistem crash.

2. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

Menguras file penyimpanan sebuah aplikasi ditujukan agar sisa sampah yang menggu atau virus yang tertinggal hilang. Caranya :

  1. Buka pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.Klik Menu Aplikasi
  3. Cari software yang sering crash.Buka Aplikasi Yang Sering Crash
  4. Pencet bagian Penyimpanan.Pilih Penyimpanan
  5. Tekan tombol Hapus Data kemudian Hapus Memori.Ketuk Hapus Dapat Dan Hapus Memori
  6. Silahkan dicoba dulu.
File di ponsel Android bisa disembunyikan (hidden), untuk menemukannya. Silahkan ikuti langkah-langkah cara menampilkan file Hidden di Android.

3. Instal Ulang Aplikasi

Jika cara update masih belum memberikan solusi, coba kamu hapus instalasi aplikasinya, kemudian buka Playstore dan cari software tersebut untuk dipasang kembali.

Tujuannya adalah agar data yang tersimpan di dalam HP terset dan digantikan program data baru.

4. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Background

Tanpa sadar kita sudah mengaktifkan banyak aplikasi yang berjalan di latar background. Tindakan seperti ini sebenarnya bikin kapasitas RAM di dalam HP makin penuh. Untuk menguranginya bisa lakukan cara berikut :

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Tekan tombol Aplikasi.Klik Menu Aplikasi
  3. Ubah menu tampilan pada posisi Aktif.Pilih Mode Aktif
  4. Selanjutnya ketuk satu per satu aplikasi yang ingin dihentikan.
  5. Temukan tombol Paksa Berhenti buat mematikan aplikasi latar background.Tap Tombol Paksa Berhenti
  6. Selamat mencoba.
Mau mematikan ponsel Android tanpa tombol Power? Coba ikuti tutorial selengkapnya disini.

5. Pakai Custom ROM

Coba kamu instal ROM custom supaya meringankan kinerja internal HP dan kompatibel dengan aplikasi yang memiliki spec develop jaman canggih seperti saat ini.

  1. Resurrection Remix OS.
  2. CopperheadOS.
  3. Lineage OS.

6. Upgrade OS AndroidUnduh Dan Install Update

Tiap jenis sistem Android HP sudah disediakan akses buat device mendapatkan file data update dengan mudah. Caranya tinggal masuk ke pengaturan HP, lalu scroll dan pencet Tentang HP. Dan terakhir pilih tombol Update.

Sebenarnya masih ada satu cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di Android, yaitu dengan mereset factory alias mengembalikan settingan awal pabrik.

Mungkin opsi ini bisa kamu jadikan pilihan terakhir kalau semua cara diatas tidak berhasil.

Bagaimana cara ekstrak file ZIP di Android? Silahkan kamu ikuti tutorial cara ekstrak file zip di Android.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah ulasan tentang cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti kali ini, silahkan coba satu per satu metode yang telah kita berikan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.