Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air 10
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Alat elektronik sudah hukumnya anti bila terkena air, kalaupun mengalami accident yang mungkin tidak disengaja atau disengaja, perangkat elektronik akan mudah mengalami kerusakan saat terkena air.

Oleh karena itu penting buat kalian tahu soal cara mengatasi HP kemasukan air, karena sebenarnya jika dampak yang terkena itu sedikit, damage yang diberikan pun minor. Dan kondisi seperti inilah yang masih bisa kita selamatkan dari kerusakan.

Tetapi sesuai dengan perkembangan zaman, perangkat elektronik salah satunya termasuk ponsel pintar era modern ini sudah makin advance.

Pabrikan ada yang menawarkan inovasi HP anti air, meski device terkena tumpahan air dalam gelas, basah karena hujan, atau mungkin kena cipratan air, tetap masih aman dan normal-normal saja.

Bukan tanpa syarat juga, kemampuan maksimal HP anti air itu bisa dilihat dari spesifikasi IPS, kalau semakin rapat spek IPS-nya maka semakin bagus daya tahan HP saat terkena air.

Faktanya adalah tidak semua pengguna memiliki HP dengan spesifikasi anti air seperti yang kita jelaskan diatas, rata-rata HP yang sudah dibekali dengan kemampuan tahan air tersebut biasanya ada di kelas mid-high sampai flagship. Yang artinya dari segi harga sudah sangat segmented.

Berikut sudah kami sediakan beberapa cara mengatasi HP kemasukan air, atau bisa jadi langkah antisipasi mencegah kerusakan lebih parah.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Tentu kalian gak mau dong kalau sampai HP kesayanganmu kenapa-kenapa, ditambah biaya betulin HP yang kena air itu lumayan mahal, belum lagi ada komponen yang harus diganti atau sebagianya…bisa-bisa tekor tuh.

HP Terendam Air

Pemilik harus sigap ketika HP gak sengaja jatuh ke wastafel, ketumpahan air, kena hujan atau mungkin masuk ke kolam renang, sebaiknya ambil tindakan yang secepat mungkin agar tidak sampai mengenai komponen internal sistem lainnya.

1. Matikan HP

Kalau kondisi belum sampai parah atau HP masih nyala setelah terkena air, lebih baik segera dimatikan. Namun kalau HP sudah secara otomatis mati, biarkan saja jangan dipaksa dihidupkan apalagi dicolokkan ke charger.

Dengan mematikan HP ini kamu sudah melakukan tindakan dengan cara memutuskan daya ponsel dari kerusakan yang menyebar sampai kemana-mana hingga menyerang internal ponsel. Selanjutnya tunggu sampai benar-benar kering.

2. Lepaskan Semua Yang Terpasang Di HPCabut Casing HP

Jika HP masih menggunakan case atau model casing yang bisa dilepas, alangkah baiknya kalau semua komponen aksesori luar kamu lepas untuk memberikan sirkulasi udara keluar.

Kalau casing tidak bisa dilepas jangan dipaksakan, seperti membuka baut atau clip pengunci, karena di dalam HP ada semacam Liquid Damage Indicator yang cukup sensitif.

Dan lepas juga bagian SIM Card, Baterai, dan Memori Eksternal dari slotnya. Setelah itu goyangkan HP secara halus sampai air yang ada di dalam keluar sedikit demi sedikit.

Sedang menelepon kerabat atau keluarga tapi tidak terdengar suara sama sekali? Coba perbaiki dengan tutorial cara mengatasi menelpon tapi tidak ada suara.

3. Pakai Lap MicrofiberLap Dengan Microfiber Khusus

Gunakan lap halus dengan spesifikasi daya serap tinggi, usap bagian yang terkena air sampai bisa dipastikan titik-titik rawan tersebut kering sempurna.

Biasanya bagian lubang atau sloth seperti lubang mic, lubang charger, lubang jack dan speaker yang kadang jadi endapan air.

4. Gunakan Vacum KaretDust Cleaner Atau Vacuum Cleaner Balon

Kalau kamu tahu alat yang biasanya buat bersihin lensa kamera, vacum yang terbuat dari bahan karet balon ini bisa jadi solusi buat nyedot sisa-sisa air yang sulit dijangkau.

Tekanan yang gak begitu keras sehingga tidak menyebabkan kerusakan di bagian komponen internal HP. Lakukan secara perlahan untuk menarik sisa air di bagian sela-sela kecil.

Pastikan semuanya sudah bersih dan aman, dan biarnya HP semalaman atau seharian full. Coba besok hidupkan, jika sudah kering total maka HP bisa nyala dengan sempurna.

5. Rendam Dengan BerasHP Direndam Beras

Untuk cara mengatasi HP kemasukan air ini, ada yang bilang mitos dan kurang scientific, tetapi berdasarkan pengalaman admin sendiri, menggunakan cara hack berikut cukup efektif dan sangat membantu.

Jadi sediakan baskom dan besar, lalu isi baskom dengan beras kurang lebih hampir setengah sampai bisa merendam Hpnya.

Kemudian letakkan HP di dalam beras, pastikan semua terendam dan tertutup. Setelah itu tutup bagian atas baskom supaya mengurangi kelembaban udara.

Tunggu 1 sampai 2 hari baru coba dengan menyalakan HP. Kalau berhasil, ponsel bakal menyala dengan sempurna.

LCD HP Android kamu bergaris? Kamu bisa mengikuti tutorial cara memperbaikinya disini.

6. Keringkan Dibawah Lampu Meja Belajar

Life hack berikutnya adalah bisa dengan cara menjemur HP dibawah sorot lampu belajar. Cara ini pun pernah admin lakukan, dan hasilnya juga cukup efektif.

Siapkan lampu belajar, usahakan pakai lampu yang watt nya gak terlalu besar dan panas, mungkin bisa pakai bohlam kecil yang efeknya bikin hangat.

Letakkan HP di bawah sorotan lampu, usahakan HP dalam kondisi casing terbuka dan komponennya lepas semua. Biarkan kurang lebih seharian. Setelah itu coba nyalakan.

Akhir Kata

Seperti itulah cara mengatasi HP kemasukan air, ada beberapa cara di atas yang bisa kamu terapkan baik setelah terkena dampak maupun cara mengatasi kerusakan HP ketika terkena air. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.