Gadget

Cara Mengatasi Menelpon Tidak Ada Suara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu diciptakannya telepon adalah untuk bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah berupa via suara.

Tetapi bagaimana ceritanya kalau ketika kita menelpon malah tidak muncul suara atau bisa dibilang ada salah satu komponennya yang bermasalah. Jangan panik pada ulasan kali ini, kita akan berikan solusi yakni cara mengatasi menelpon tidak ada suara.

Itulah mengapa speaker merupakan salah satu perangkat terpenting yang wajib ada di sebuah handphone.

Dengan adanya perangkat ini, pengguna bisa mendengarkan segala macam media yang berhubungan dengan suara, seperti memutar musik, menonton video, bermain game, dan yang paling penting adalah fungsi utama sebagai alat komunikasi suara.

Menelpon tidak ada suara merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna, entah itu suara yang tidak terdengar gara-gara perangkat speaker kita atau bisa karena pihak suara penelpon yang tidak masuk ke hp kita.

Penyebab Masalah Menelpon Tidak Ada Suara

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita kenali dulu penyebab masalah menelpon tidak ada suaranya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, namun ada dua perangkat krusial yang dituduh sebagai penyebab utama, yakni speaker dan microphone.

Seperti yang telah kita katakan di atas, menelpon tidak ada suara itu bisa dijelaskan dalam dua sudut pandang yang berbeda.

Yang pertama bisa karena speaker dari perangkat penerima bermasalah, kemudian yang kedua bisa karena microphone dari perangkat si penelpon yang tidak dapat menangkap suara.Handphone Terkena Air

Umumnya, penyebab utama dalam kasus ini bisa karena perangkat kemasukan air, ponsel pernah terjatuh dan terbentur mengenai benda keras.

Kemudian pengaruh jack audio juga bisa memicu kerusakan, lalu yang terakhir kerusakan pada perangkat keras seperti speaker atau microphone.

Tetapi tidak semua kasus bisa kita katakan disebabkan oleh kerusakan hardware atau masalah dengan perangkat keras lainnya.

Tetapi ada juga kasus yang disebabkan oleh BUG pada sistem yang merusak jaringan antara perangkat speaker atau microphone-nya.

Bahkan tanpa kalian sadari pun masalah sinyal jelek juga dapat mempengaruhi kualitas menelpon loh.

Mau merekam siaran Televisi ? Ikuti cara merekam siaran TV melalui smartphone atau laptop.

Cara Mengatasi Menelpon Tidak Ada Suara

Nah setelah membaca faktor penyebab di atas, lalu bagaimana cara kita mengatasi menelpon tidak ada suara?

Dibawah ini akan kita sajikan beberapa metode yang mungkin dapat membantu masalah terselesaikan, dimulai dari cara yang paling mudah :

1. Mematikan Ponsel/Smartphone

Terkadang mengatasi masalah yang kecil bisa menggunakan jalan keluar sederhana yakni merestart atau mematikan HP.

Coba kamu tekan tombol power, kemudian matikan perangkat. Setelah itu cabut SIM Card dan memory card. Tunggu beberapa saat mungkin 2 menitan, lalu kemudian hidupkan kembali.

Mematikan perangkat ini ditujukan agar sistem dapat menghilangkan secara mandiri bug atau sistem error yang bisa mengganggu koneksi speaker dan microphone saat melakukan panggilan.

2. Hapus Sampah Atau Cache Dalam Ponsel

Cara mengatasi menelpon tidak ada suara bisa dengan menghapus cache yang ada di dalam perangkat.

Fungsinya kurang lebih sama seperti diatas, yakni menghilangkan bug atau sistem error yang dapat menyebabkan disfungsi perangkat keras lainnya.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.Buka Menu Pengaturan
  2. Buka tab Aplikasi.Tekan Tombol Aplikasi
  3. Scroll dan temukan opsi Bersihkan Cache.
  4. Silahkan tunggu beberapa saat sampai selesai.
Samsung Galaxy Tab kamu sering restart sendiri ? Ikuti cara mengatasi Galaxy Tab sering restart sendiri.

3. Gunakan Mic EksternalHeadset Dijadikan Mic Eksternal

Jika keadaan sangat darurat dan memaksa kamu untuk menghubungi seseorang. Jalan keluarnya adalah bisa menggunakan mic eksternal, yang dimaksud mic eksternal ini adalah bisa dari headset. Silahkan colokan headset kemudian lakukan panggilan, jika kamu masih belum bisa menerima suara berarti lawan bicara kamu yang perangkatnya bermasalah.

4. Aktifkan LoudspeakerAktifkan Fitur Loudspeaker

Ketika panggilan silahkan kamu coba aktifkan mode loudspeaker, cara ini sekaligus bisa mengetes speaker mana yang rusak. Jika loudspeaker berhasil bunyi, berarti perangkat Earpiece di HP kamu lah yang bermasalah.

Bagi yang belum mengerti, Earpiece adalah speaker kecil yang ada di atas layar, speaker ini hanya memunculkan suara ketika melakukan panggilan.

Mau hemat kuota Android ? Ikuti cara menghemat pemakaian kuota Internet.

5. Bawa Ke Service Center

Jika cara-cara diatas tidak ada yang berhasil juga, mungkin solusi yang tepat kamu bisa bawa ke service center terpercaya.

Karena kemungkinan kerusakan bisa ditimbulkan dari perangkat kerasnya, dan silahkan kamu konsultasikan untuk menentukan jalan keluar yang disepakati.


Akhir Kata

Jadi jika HP kamu mengalami kasus seperti ini jangan panik dulu, kamu bisa gunakan metode-metode di atas โ€œcara mengatasi menelpon tidak ada suaraโ€. Siapa tahu kesalahannya bukan dari kerusakan hardware melainkan error yang terjadi oleh bug sistem. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar