Android

Cara Memperbaiki Samsung Galaxy Tab Restart Sendiri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang gak kesel kalau tau hpnya tiba-tiba mengalami kerusakan yang aneh seperti sering restart sendiri. Dalam dunia smartphone, fenomena ini sering disebut sebagai boot looping, dimana kondisi hp tidak dapat masuk kedalam sistem yang menyebabkan stuck di proses startup atau biasanya sering restart sendiri.

Jenis kerusakan seperti ini memang sangat membingungkan, karena dalam kondisi hp startup tidak ada yang bisa kita lakukan selain memang menunggu sistem berhasil masuk ke tampilan home. Mau kita mengetuk layar bagian manapun hasilnya juga tetap nihil, dan ujung-ujung bikin pasrah karena hp sudah tidak bisa digunakan.

Tenang saja fenomena boot looping ini sebenarnya masih bisa kamu atasi kok, solusinya bukan mampir ke tukang servis tetapi bahkan kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Pabrikan sebenarnya sudah memperhitungkan jika terjadi kegagalan seperti ini, sehingga mereka memberikan semacam kode atau sejenis tombol rahasia untuk mengatasi jika device gagal masuk atau sering restart sendiri.

Sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu cara memperbaiki Samsung Galaxy Tab yang suka restart sendiri, dibawah akan kami sediakan langkah-langkahnya. Karena cukup banyak pengguna Samsung Galaxy Tab yang sering mengeluhkan problem tersebut, oleh dengan itu langsung saja simak kelanjutannya dibawah.

Cara Memperbaiki Samsung Galaxy Tab Restart Sendiri (Boot Loop)

1. Lakukan Wipe Cache Partition

Ada dua cara untuk memperbaiki Samsung Galaxy Tab yang suka restart sendiri, untuk yang pertama kamu bisa melakukan cara menghapus cache di Samsung Galaxy Tab.

Dengan cara ini diharapkan sampah yang mungkin jadi penyebab boot loop dalamnya akan hilang dan kembali normal.

  1. Ketika Tab sedang booting silahkan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.Tekan Power + Volume Up Bersamaan
  2. Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini, kamu bisa menggeser menggunakan tombol volume atas dan bawah, kemudian arahkan ke bagian wipe cache partition.Pilih Wipe Cache Partition
  3. Untuk memilihnya tekan tombol Power.
  4. Tunggu sampai status formatting cache complete.Tunggu Hingga Proses Wiping Cache Selesai
  5. Jika sudah pilih Reboot system now.Terakhir Pilih Reboot System Now
  6. Device akan kembali reboot untuk masuk ke program Android.
Mau sembunyikan file foto dan video rahasia ? Ikuti cara menyembunyikan foto dan video di aplikasi Kalkulator.

2. Lakukan Wipe Data/Factory Reset

Bagi yang mengira bootloop adalah akhir dari nasib device kamu, jelas itu tidak benar. Kamu bisa memperbaiki Samsung Galaxy Tab yang suka restart sendiri menggunakan Wipe Data/Factory Reset.

Dimana cara ini, akan mengembalikan perangkat ke pengaturan awal saat pertama kali keluar. Dan berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melalukan reset pabrik:

  1. Ketika Tab sedang booting, silahkan tahan dan tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.Pertama Tekan Power + Volume Up Bersamaan
  2. Tunggu sampai mode tampilan berubah seperti dibawah ini :Pilih Wipe Cache Partition
  3. Silahkan geser ke menu wipe data/factory reset dengan menekan tombol volume sebagai konsol penggerak.
  4. Ketuk tombol Power untuk konfirmasi.
  5. Scroll kebawah sampai ke menu Yes–delete all user data, selanjutnya tekan tombol Power.Kemudian Tekan Yes--delete all user data
  6. Tunggu beberapa saat sampai ke tampilan berikutnya :Tunggu Hingga Tampilan Ini Muncul
  7. Disini kamu bisa pilih Reboot system now.Terakhir Reboot System Now
  8. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai sistem mereset ulang data pabrik.
Di tepi layar smartphone terdapat frame Hijau ? Tutorial cara mengatasi frame Hijau di tepi layar.

Akhir Kata

Yang perlu diketahui dengan melakukan cara wipe data/factory reset di atas, konsekuensi yang akan kamu hadapi adalah semua data yang tersimpan di memori internal akan hilang, seperti kondisi awal HP keluar pabrik. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar