Gadget

Cara Mengatasi Frame Hijau di Tepi Layar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam sebuah ponsel komponen yang dinilai sangat penting adalah layar. Karena dengan komponen ini pengguna bisa melihat tampilan dan mengoperasikan HP mereka. Dengan kata lain, merawat sebuah ponsel itu cukup penting juga, jika salah satu komponen contohnya seperti layar ini rusak, tentu pengguna tidak akan bisa lagi mengoperasikan ponsel dengan normal.

Jika seandainya rusak, biaya perbaikan layar HP juga sangat mahal, bahkan ada yang sampai setengah harga dari ponsel itu sendiri. Selain tidak hanya merawat, kamu juga harus tahu beberapa ciri-ciri kalau suatu perangkat LCD di ponsel kamu menandakan timbul gejala kerusakan.

Umumnya kerusakan yang terjadi di layar LCD handphone adalah muncul efek seperti bayangan atau biasa disebut dengan istilah shadow. Kerusakan ini dipicu karena seringnya penggunaan salah satu warna di dalam elemen LCD sehingga mengakibatkan suhu pixelnya terbakar. Kalau sudah begitu efek terparahnya adalah layar HP terlihat seperti memiliki bayangan.

Selanjutnya kasus yang sering terjadi yaitu layar muncul seperti garis-garis. Dengan kemunculan garis ini tentu sangat mengganggu pandangan pengguna ketika mengoperasikan ponsel miliknya. Kerusakan ini bisa dipicu karena komponen di yang ada di dalam LCD-nya, kemungkinan bisa dari layar yang overheat, atau terkena air.

Terakhir layar muncul seperti titik hitam, ini sering terjadi karena efek dari backlight layar LCD, kemungkinan juga bisa karena pixel yang pecah dan bocor. Kalau dibiarkan dalam jangka lama biasanya akan menyebar dan sangat mungkin sampai menutupi satu layar penuh.

Lalu bagaimana jika layar ponsel muncul seperti frame berwarna hijau di bagian tepi, apakah ini pertanda kalau layar LCD ponsel milik kamu rusak? Kita kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan frame hijau di tepi layar.

Cara Mengatasi Frame Hijau di Tepi Layar

Mungkin bagi sebagian orang akan merasa panik ketika mendapati tampilan layar HP miliknya mendadak muncul frame hijau di bagian tepi. Wajar jika rasa panik tersebut memicu spekulasi jika terjadi kerusakan di dalam komponen layar LCD-nya, dan solusi utama adalah ganti layar.

Jangan terburu-buru mendiagnosa seperti itu dulu, ketahuilah bahwa frame hijau yang ada di tepi layar HP milikmu itu tidak sepenuhnya karena kerusakan perangkat hardware-nya, bisa juga disebabkan oleh sistem software bernama TalkBack.

Lalu apakah TalkBack ini bisa dibilang sebagai bug program yang rusak? Jawabannya bukan, justru fitur ini memang sengaja diciptakan untuk membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Rata-rata munculnya frame hijau di tepi layar ini sering dikeluhkan oleh pengguna HP merk Xiaomi, sebab dari beberapa survei telah mengumpulkan data jika persepsi tentang layar rusak ini dimunculkan oleh pengguna Xiaomi.

TalkBack bisa aktif kemungkinan dari kesalahan dari penggunanya sendiri, atau sebutannya yaitu human error. Kalian pasti pernah ada di masa sedang otak atik HP, menggali settingan yang ada di ponsel kamu dan jika menemukan pengaturan baru rasanya sangat ingin buat mengaktifkan atau mencobanya.

Dari situ bisa saja fitur TalkBack ini aktif, dan terlanjur si pengguna lupa posisi atau gak sadar kalau sebenarnya pengaturan anyar yang baru ditemukan tersebut berefek seperti ini. Selain itu dapat disebabkan  karena kepencet, namanya juga kesalahan dari manusia, bisa tanpa sengaja menekan ketika HP sedang digenggam atau bahkan digunakan.

Untuk mengatasi frame hijau di tepi layar, silahkan kamu simak penjelasan dibawah ini :

  1. Buka menu HP kamu.
  2. Masuk ke bagian Setelan atau Settings.Masuk ke Pengaturan atau Settings - Cara Mengatasi Frame Hijau di Tepi Layar
  3. Cari sub menu Setelan Sistem, kemudian klik Setelan Tambahan.Pilih Setelan Tambahan - Cara Mengatasi Frame Hijau di Tepi Layar
  4. Scroll dan bukan Aksesibilitas.Pilih Aksesbilitas - Cara Mengatasi Frame Hijau di Tepi Layar
  5. Disana akan terlihat fitur TalkBack, dan silahkan nonaktifkan fitur tersebut.Pilih TalkBack - Cara Mengatasi Frame Hijau di Tepi Layar
  6. Selesai.
Mau rekam layar HP tanpa root ? Ikuti tutorial cara mudah merekam layar tanpa root.

Catatan: Terkadang fitur TalkBack ini terasa mengganggu sensitifitas layar sentuhnya, itu memang merupakan bagian dari fitur ini dimana pengguna harus menekan dua kali atau double tap baru sistem akan meresponnya.


Sekarang HP kamu sudah tidak muncul lagi tampilan seperti frame hijau di bagian tepi layar, dan kamu jangan langsung mendiagnosa kalau itu kerusakan dari perangkat keras LCD-nya. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar