[FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian di Windows 10

[FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10

Keyboard menjadi salah satu komponen perangkat keras terpenting yang harus ada di dalam sebuah komputer.

Perangakat ini yang dapat menerjemahkan komunikasi antar pengguna terhadap sistem komputer seperti dalam hal mengetik, menyeleksi perintah, dan menjalankan sebagian fungsi shortcut.

Bila terjadi masalah terhadap keyboard, artinya komputer akan mengalami sebagian fungsi yang hilang dan kita akan sulit untuk memprogram perintah didalamnya.

Tanda-tanda keyboard bermasalah dapat ditimbulkan dengan gejala beragam, seperti tidak bisa ketik di Wifi dan pencarian di Windows 10 kalian.

Ditambah lagi proses pengetikan dokumen akan terhambat serta menyulitkan kita memprogram ulang sistem saat dibutuhkan.

Pada penjelasan kali ini Tim Kompiwin akan berikan solusi untuk mengatasi persoalan keyboard bermasalah di komputer atau laptop. Tetapi sebelum itu perhatikan faktor penyebab mengapa kasus error berikut bisa muncul.

Penyebab Keyboard Tidak Bisa Ketik

Kalian tidak bisa sepenuhnya menyalahkan faktor kasus error ketik disebabkan karena komponen keyboard tersebut. Terkadang persoalan seperti ini dapat juga ditimbulkan dari sistem operasi dari Windows 10 bermasalah.

Setidaknya penjelasan berikut akan memberikan kalian gambaran apa yang sedang terjadi terhadap device komputer kita.

1. Driver Komputer Usang

Seringkali driver menjadi biang permasalahan dalam fungsi hardware komponen PC. Program ini yang bertugas menyusun partitur antar komunikasi perangkat keras dengan perangkat lunak. Bila alat jembatan tersebut error, maka bakal muncul konflik seperti satu ini.

2. Update Windows Tidak Selesai

Jangan sampai ketika komputer sedang melakukan update sistem, tiba-tiba kalian matikan secara paksa. Karena jika proses ini terhenti paksa, dipercaya Windows belum menuntaskan secara utuh sistem terbaru mereka. Efeknya akan ada malfungsi tidak umum ditemui di komputer kalian.

3. Periksa Koneksi Keyboard

Khusus pengguna komputer desktop silahkan periksa sambungan keyboard dengan konektor, pastikan terkoneksi dengan baik. Bisa saja ada kabel yang putus, terjepit, atau khusus untuk keyboard wireless mungkin boleh memastikan kembali aktivitas bluetooth dan status baterai keyboard.

4. Pengaturan Keyboard

Windows mempunyai fitur pendukung di setiap menu settings. Seperti di dalam menu Keyboard, bila Use Sticky Keys dan Use Toggle Keys berstatus aktif, kemungkinan dua poin ini yang menjadi penyebab error perangkat muncul.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian di Windows 10

Memperhatikan kesehatan komputer merupakan satu hal yang sering pengguna abaikan. Jangan sampai kalian menemukan gejala error ditengah kebutuhan sedang hectic.

Apalagi menyangkut perihal fungsi keyboard…tanpa alat ini kita belum tentu sanggup menuntaskan segala perintah kebutuhan dalam komputer.

Pada kesempatan kali ini tim Kompiwin akan merangkum metode penyelesaian keyboard PC maupun laptop bermasalah.

Termasuk gejala tidak bisa ketik di WiFi dan pencarian pada Windows 10, semua bisa teratasi dengan mudah lewat tips dibawah ini.

Cara 1 : Melakukan Update Driver

Jika komponen keyboard masih dalam kondisi baik bahkan minus kerusakan, coba kamu cek bagian Driver karena besar kemungkinan program satu ini yang menjadi biang persoalan utama.

Karena diduga driver menyumbang sebagian gejala akibat dari bug, versi tidak kompatibel dan kadaluarsa. Selengkapnya cek langkah-langkah dibawah.

  1. Ketuk tombol Start.
  2. Ketikkan “Device Manager“. Setelah itu pencet untuk membukanya.1 Device Manager - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  3. Lalu silahkan kamu cari sub driver Keyboard. Dan klik panah di sampingnya.2 Panah Keyboard - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  4. Klik kanan driver yang terinstall di sana.
  5. Setelah itu pencet Uninstall Device.3 Uninstall Device - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  6. Ikuti langkah pencopotan driver.
  7. Kalau sudah ketuk icon tombol Scan for Hardware Change.4 Scan Hardware - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  8. Tunggu komputer mengkonfirmasi.

Cara 2 : Melakukan Update Windows 10

Bila error muncul setelah kalian mengupdate Windows 10 yang tidak tuntas, silahkan coba lakukan pembaruan kembali dengan maksud sistem operaso akan menyelesaikan ulang dan memasang partitur-partitur program yang terhenti.

  1. Buka menu Start.
  2. Lalu pencet menu Settings.5 Ketuk Settings - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  3. Kalau jendela Settings sudah terbuka, pilih menu Update & Security.6 Update Secuirty - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  4. Pastikan kamu terhubung dengan internet.
  5. Arahkan ke menu Windows Update.7 Windows Update - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  6. Ketuk tombol Update.
  7. Tunggu Windows menyelesaikan pembaruan.

Baca Juga :

Tombol Start di Windows 10 tidak berfungsi ? Silahkan ikuti tips mengatasi Start tidak bisa dibuka di Windows 10.

Cara 3 : Mematikan Sticky Keys dan Toggle Keys

Sticky Keys dan Toggle Keys merupakan fitur tambahan untuk mengatur fungsi keyboard di Windows 10 agar lebih kompleks.

Walaupun keduanya berfungsi baik, tetapi pada kondisi tertentu alat ini bisa menimbulkan masalah yang tidak kita duga. Coba kalian matikan lewat langkah-langkah dibawah ini.

  1. Tap icon Start.
  2. Pilih atau buka menu Settings.5 Ketuk Settings - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  3. Disini kamu bisa klik tombol Ease of Access.8 Easse Access - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  4. Scroll bagian menu sisi kiri sampai kamu menemukan menu Keyboard.9 Pencet Keyboard - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  5. Di menu Keyboard, matikan fitur Use Sticky Keys dan Use Toggle Keys.10 Matikan Fitur - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  6. Silang Settings dan gunakan kembali.

Cara 4 : Menjalankan Perintah CMD

Command Prompt dipercaya dapat menuntaskan masalah-masalah sistem yang terjadi di sebuah program komputer.

Dan metode kali ini kalian bisa coba dengan mengetik perintah teks “System File Checker” lalu membiarkan CMD menyelesaikan secara otomatis.

  1. Klik tombol Start.
  2. Ketikkan di kolom pencarian Command Prompt.11 Command Prompt - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  3. Setelah muncul, klik kanan Command Prompt dan pilih Run as Administrator.12 Run Administrator - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  4. Bila CMD sudah terbuka, ketikkan perintah sfc /scannow.13 sfc scannow - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  5. Tekan Enter untuk memulai perintah script.
  6. Tunggu CMD menyelesaikan otomatis.
  7. Kalau sudah silang.

Cara 5 : Mengaktifkan On-Screen Keyboard

Tidak sepenuhnya menuntaskan masalah, tetapi memberikan solusi alternatif keyboard ketika tidak berfungsi.

On-Screen Keyboard adalah fitur papan ketik layar yang sering digunakan pada perangkat touchscreen. Meskipun komputer maupun laptop kalian tidak touchscreen, tetapi kita bisa mengoperasikannya lewat perintah kursor mouse.

  1. Klik tombol Start.
  2. Ketikkan kotak pencarian On-Screen Keyboard.14 On Screen Key - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  3. Silahkan buka program tersebut.
  4. Nanti papan ketik layar akan muncul di komputer kalian.15 Keyboard Layar - [FIX] Tidak Bisa Ketik di WiFi dan Pencarian pada Windows 10
  5. Klik satu per satu huruf untuk mengetikkan manual.

Cara 6 : Restart Komputer

Ketika kalian tidak bisa ketik di WiFi dan pencarian di Windows 10, coba lakukan langkah sederhana seperti restart komputer atau mematikannya sejenak dan operasikan kembali.

Restart sering kali membantu persoalan kecil yang diakibatkan oleh kesalahan program dari kekacauan sistem sedang terjadi.

Baca Juga :

Tombol Hibernate di Windows 10 belum muncul ? Silahkan ikuti panduan menampilkan Hibernate di Windows 10.


Akhir Kata

Tidak bisa ketik di WiFi dan pencarian pada Windows 10 sudah bisa kalian atasi dengan mudah. Jika semua cara diatas masih belum membantu, coba periksa kondisi komponen keyboard, kemungkinan besar bisa disebabkan juga akibat keyboard tersebut yang rusak. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar