2 Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Belum lama ini Windows 11 telah diperkenalkan ke publik. Walaupun sudah banyak orang yang mulai menggunakannya, tetapi versi sebelumnya seperti Windows 10 dinilai masih sangat baik untuk kita gunakan sampai saat ini.

Bahkan Microsoft terus memberikan sistem update demi meningkatkan performa dan membuatnya semakin stabil.

Walau demikian, tidak bisa dipungkiri kalau namanya program apalagi buatan manusia, sesekali masih suka memunculkan indikasi gejala error.

Salah satu hal yang sering dikeluhkan banyak pengguna diluar sana adalah tombol Start tidak dapat muncul. Padahal sebelumnya, kamu masih bisa menggunakan tombol Start ini dan tidak mengalami error sama sekali.

Dalam penjelasan kali ini, yakni cara mengatasi start tidak bisa dibuka di Windows 10, kita sudah berikan beberapa solusi untuk mengatasi kasus persoalan diatas dan mengembalikan fungsi Start seperti semula. 

Pasalnya tombol ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah akses aktivitas log device seperti mematikan, sleep, dan restart.

Selebihnya juga terdapat fungsi seluruh sistem operasi Windows, dari mulai aplikasi eksternal, hingga program aplikasi bawaan Windows. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Tombol Start Windows 10 Bermasalah

Sebelum kita menjelaskan lebih lanjut, mengapa fungsi tombol yang sifatnya sangat krusial ini sampai bisa error bahkan tidak berfungsi baik seperti semestinya?

Akan sangat membingungkan kalau masalah tiba-tiba muncul menimpa device komputer kalian, apalagi kalau gejalanya keluar saat kondisi yang sangat genting.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa fungsi tombol Start tidak berjalan dengan baik. Sehingga ketika masalah ini datang lagi, paling tidak kamu punya langkah antisipasi supaya tidak muncul hal yang sama.

1. File Bug

Bug sering menjadi biang persoalan utama dari sebuah program komputer yang bermasalah. File bug dapat diartikan sebagai file rusak, dan jika file ini ada di salah satu folder program, maka akan memicu aktivitas abnormal sistem sampai muncul tanda-tanda error.

2. File Sampah Menumpuk

Kalau kalian buka folder aplikasi atau sistem tertentu, sering muncul format file asing yang pada dasarnya file tersebut tidak memiliki fungsi apapun.

Kalau jenis file ini dibiarkan menumpuk, kelamaan gejalanya akan muncul seperti gangguan bug seperti diatas. Dan efek lainnya dapat membuat penyimpanan internal penuh.

3. Update Otomatis Yang Gagal

Banyak yang mengaku usai setelah mereka update Windows 10, fungsi tombol Start justru tidak berjalan baik. Hal ini dikarenakan update otomatis terhenti, mungkin bisa dari koneksi internet tidak stabil hingga membuat pemasangan sistem baru tidak terkonfigurasi dengan sempurna.


Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Setelah kita tahu beberapa persoalan diatas, selanjutnya lakukan penyelesaian sesuai tutorial cara mengatasi start tidak bisa dibuka di Windows 10 yang sudah kita tuliskan dibawah ini.

Jadi kasus permasalahan ini bukan termasuk kasus error yang serius. Banyak pengguna diluar mengeluhkan hal yang sama, sehingga penyelesaian bisa kita lakukan dengan sangat mudah, dan semua penjelasan tersebut sudah kita rangkum dibawah ini, silahkan simak tutorialnya sampai akhir.

Cara 1 : Restart Windows Explorer Melalui Task Manager

Metode pertama silahkan buka program Task Manager, dan setelah itu cari program yang kita maksud lalu restart dengan harapan fungsi akan berjalan normal.

  1. Pertama kita klik kanan bagian Taskbar dibawah.2 Klik Kanan Taskbar - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  2. Setelah itu pencet program Task Manager.1 Pilih Task Manager - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  3. Kalau sudah terbuka pencet bagian More Detail.3 Pencet More Details - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  4. Nantinya tampilan Task Manager, akan memperlihatkan semua program yang berjalan secara lengkap. Silahkan masuk ke menu tab Processes.
  5. Scroll kebawah dan temukan task Windows Explorer.4 Temukan Windows Explorer - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  6. Klik kanan task tersebut lalu pencet End Task.5 Klik Kanan End Task - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  7. Selanjutnya kamu pilih menu File Run new task.6 Pencet File - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 106 Pencet File - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 107 Ketuk Run New Task - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  8. Lalu ketikkan di kolom dengan EXPLORER.EXE.8 Ketikkan Exlorer.exe - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  9. Centang Create this task with administrative, dan konfirmasi OK.
  10. Lalu tunggu sampai desktop merefresh semua elemennya. Dan coba buka Start lagi.

Cara 2 : Menggunakan CMD

Cara mengatasi start tidak bisa dibuka di Windows 10 yang berikutnya, caranya kurang lebih sama seperti diatas, hanya saja kita Run program CMD dan masukkan command sesuai perbaikan perintah kali ini.

  1. Klik kanan bagian Taskbar.2 Klik Kanan Taskbar - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  2. Setelah itu pencet Task Manager.1 Pilih Task Manager - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  3. Kalau sudah terbuka pastikan kamu klik More Detail, sampai tampilan Task Manager terlihat lengkap seperti ini.3 Pencet More Details - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  4. Lalu klik tombol File Run New Task.6 Pencet File - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 106 Pencet File - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 107 Ketuk Run New Task - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  5. Ketikkan saja di kolom dengan cmd. Dan tap OK.9 Ketikkan cmd Dan OK - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  6. Setelah CMD terbuka, ketikkan perintah chkdsk C: /f dan Enter.10 Ketikkan chdsk - Cara Mengatasi Start Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  7. Ketikkan lagi perintah Y. Dan Enter.
  8. Selesai.

Akhir Kata

Bagaimana sangat mudah bukan cara mengatasi Start tidak bisa dibuka di Windows 10 ? Silahkan ikuti tutorial diatas untuk mengembalikan fungsi tombol Windows tersebut di komputer kalian masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang