Internet

Cara Menghubungkan OBS Ke Zoom

Pinterest LinkedIn Tumblr

Disaat kegiatan pertemuan mulai terbatas, dan kalian terpisahkan oleh jarak, maka solusi yang tepat untuk mengumpulkan banyak audience dalam satu forum adalah bisa menggunakan platform seperti Zoom.

Platform atau aplikasi ini dapat menjebatani mereka yang ingin melakukan pertemuan virtual jarak jauh. Sistemnya hampir sama seperti video call, namun bedanya Zoom memang dirancang khusus untuk mengumpulkan banyak audience sehingga peserta yang join bisa lebih dari 10 orang.

Menurut fitur yang ada di Zoom, bagi pengguna umum bisa memanfaatkan layanan video call sebanyak 100 orang dalam satu forum. Sedangkan untuk pengguna berbayar, mereka bahkan bisa mengumpulkan lebih banyak audience mencapai 1000 orang.

Namun disini kita tidak akan membahas Zoom secara spesifik, tetapi fokus dalam ulasan artikel kali ini adalah bagaimana caranya menghubungkan OBS ke Zoom. Bagi yang bertanya, apa itu OBS?

Jadi OBS itu adalah aplikasi Open Broadcaster Software, yang biasanya digunakan untuk merekam layar sekaligus menyertakan interface si pengguna melalui kamera laptop atau camera seperti webcam eksternal.

Kebanyakan OBS sering dipakai oleh para streamer di Youtube. Kita pernah bahas di artikel cara menghubungkan OBS dengan Youtube.

Aplikasi OBS menjadi pilihan yang tepat karena selain aplikasinya gratis dan praktis, sistem operasional dan penggunaannya juga sangat mudah. Bahkan OBS juga memberikan akses untuk dihubungkan ke platform lain seperti Zoom.

Cara Menghubungkan OBS ke Zoom

Sebelum kita masuk ke tutorial menghubungkan OBS ke Zoom, bagi kamu yang belum memiliki aplikasinya bisa download disini https://obsproject.com/download.

Sekalian yang ingin mendownload aplikasi Zoom agar tidak perlu masuk ke website-nya, langsung unduh menggunakan link berikut https://zoom.us/download.

Langkah 1. Install Aplikasi OBS dan Zoom

Jika kedua software tersebut sudah berhasil didownload, silahkan kamu install terlebih dahulu sebelum kita masuk ke pembahasan utama. Cara installnya sangat mudah, tinggal ikuti arahan atau beberapa step seperti menekan tombol next dan konfirmasi persetujuan.

Langkah 2. Install Aplikasi VirtualCam

Masih ada satu software bantuan lagi sebagai fitur penghubung antara OBS ke Zoom, yakni OBS VirtualCam, karena jika tanpa sistem berikut nantinya tidak akan muncul di menu Tools. Silahkan download disini https://obsproject.com/forum/resources/obs-virtualcam.539/ setelah itu install program OBS VirtualCam. Jika kamu menginstall dalam kondisi program OBS terbuka, silahkan restart dulu baru bisa digunakan.

Langkah 3. Mulai Menghubungkan OBS dengan Zoom

  1. Buka aplikasi OBS.
  2. Masuk ke menu Tools lalu pilih VirtualCam.

    Klik menu Tools dan pilih VirtualCam
    Klik menu Tools dan pilih VirtualCam
  3. Pastikan bagian Target Camera berada di posisi OBS-Camera.
  4. Centang AutoStart untuk menghubungkan secara otomatis.

    Setting VirtualCam
    Setting VirtualCam
  5. Tambahkan tampilan interface wajah kamu dari webcam menggunakan icon + di kotak Source, kemudian pilih Video Capture Device.
    Klik tanda +
    Klik tanda +

     

    Pilih Video Capture Device
    Pilih Video Capture Device
  6. Sekedar konfirmasi menambahkan video capture device, kamu bisa ikuti langkah seperti dibawah :

    Beri nama dan tekan Ok
    Beri nama dan tekan Ok
  7. Untuk merekam layar lakukan cara yang sama dengan menekan tombol + di kotak Source, pilih bagian Window Capture.

    Tekan tanda + dan pilih Window Capture
    Tekan tanda + dan pilih Window Capture
  8. Langkah berikutnya, kamu buka software Zoom yang sudah kamu install sebelumnya.

    Jalankan aplikasi Zoom
    Jalankan aplikasi Zoom
  9. Login ke akun kamu.

    Login ke akun Zoom
    Login ke akun Zoom
  10. Selanjutnya tekan menu Settings ➤ Video.

    Pilih menu Video
    Pilih menu Video
  11. Pada kotak Camera kamu bisa ubah menjadi format OBS-Camera.

    Pada opsi Camera, silahkan kamu arahkan ke OBS-Camera
    Pada opsi Camera, silahkan kamu arahkan ke OBS-Camera
  12. Jika sudah maka Zoom telah otomatis terhubung ke OBS.
  13. Selesai.

Penutup

Bagaimana, sangat mudah bukan. Diatas kami juga telah sediakan link download yang langsung bisa kamu unduh dan install, tinggal berikutnya kamu ikuti proses eksekusi seperti tutorial yang sudah kami tuliskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

4 Comments

  1. muhammad sidik Balas

    aku sudah punya OBS,
    terus saat install obs virutal cam, ada notifikasi bahwa file sdh ada. pdhl klu sy cek di menu tool OBS tidk ada pilihan virtual cam.
    gmn dong .

    • Admin Kompiwin Balas

      Bisa difotokan notifikasinya ? Atau kirim email ke kami mengenai permasalahan tersebut dengan Subjek “Tanya Pembaca”.

Tulis Komentar