Gadget

Cara Memperbaiki Smartphone Android Tidak Ada Suara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dari mulai awal sampai berkembangnya model ponsel yang ada di dunia, komponen yang sepertinya wajib ada di dalamย HP adalah speaker atau suara.

Dengan ada speaker ini kita bisa mendengarkan segala jenis macam bentuk media suara yang dimunculkan dari dalam ponsel. Contohnya ketika melakukan telepon kita tidak bisa menangkap pesan jika tidak ada suara.

Selanjutnya mendengarkan musik, salah satu fungsi ponsel adalah sebagai media penghibur dan jika tidak dilengkapi dengan speaker sepertinya akan terasa hampa.

Bagaimana jika kondisi diatas terjadi di HP android kamu, tiba-tiba tanpa ada sebab yang jelas speaker tidak dapat memunculkan suara, bahkan kamu sudah mencoba memutar segala jenis suara pun hasilnya tetap nihil.

Tentu hal ini bikin kita kesal dan khawatir, kenapa? Karena jika ada notifikasi pesan atau panggilan yang masuk, kemungkinan bisa terabaikan karena HP peringatan kepada pengguna.

Tenang saja dan jangan panik, disini kita coba akan berikan solusi untuk memperbaiki smartphone android yang tidak muncul suara.

Karena tidak semua kerusakan tersebut diakibatkan oleh perangkat keras speaker, bisa jadi gara-gara bug atau sistem dalam speaker yang membuat pesan perintah untuk mengeluarkan suara terhambat.

Cara Memperbaiki Smartphone Android Tidak Ada Suara

Pengguna baru akan notice kalau speaker HP tidak ada suara ketika sedang melakukan panggilan, dalam mode normal mungkin speaker kecil atau earpiece untuk panggilan masih aktif dan baik-baik saja, tetapi jika kita menggunakan media loudspeaker tiba-tiba suaranya hilang.

Speaker utama akan tetap hening jika pengguna mencoba untuk memutar music, video dan bermain game, itu artinya bisa kita simpulkan permasalahan inti yang terjadi di dalam HP Android ini ada di speaker utamanya.

Cara 1 : Cek Mode Speaker HP

Terkadang pengguna lupa untuk mengaktifkan kembali fitur-fitur detail seperti mode penggunaan speaker.

Berdasarkan kebiasaan orang-orang, terkadang ada beberapa yang suka menggunakan mode getar, mereka beranggapan jika notifikasi yang masuk dalam bentuk getar sudah cukup memberitahu pengguna untuk meresponnya.

Ada juga orang normal yang suka menggunakan mode suara, jika ada notifikasi masuk ponsel akan berbunyi dan juga bergetar.Mode Speaker Di HP

Dan terakhir ada juga orang yang sudah menggunakan mode silent. Pada mode ini HP benar-benar tidak mengeluarkan suara dan juga getaran apapun, mereka hanya akan merespon ketika membuka HP saja, dan bisa jadi mode silent ini yang bikin HP Android tidak mengeluarkan suara.

Cara 2 : Cek Volume Media

Biasanya meskipun kita sudah mengubah posisi mode suara, jika pengaturan volume media posisinya rata kiri semua alhasil suara yang dikeluarkan tidak akan muncul.

Kamu bisa mengubahnya ke posisi rata kanan alias volume up, dan setelah itu coba tes dan lihat hasilnya apakah speaker masih bisa berbunyi atau tidak. Caranya yaitu :

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih menu Suara Dan Getar.Buka Menu Suara dan Getar
  3. Selanjutnya kamu bisa pencet menu Volume.Pilih Menu Volume
  4. Ubah posisi volumenya paling tinggi.Geser Status Volume Ke Posisi Kanan
  5. Selanjutnya coba tes.
Mau buka website tapi terkena Internet Positif ++ ? Tutorial cara mengatasi internet postif di PC dan smartphone ini akan membantumu.

Cara 3 : Hapus Cache HP

Seperti yang kita katakan di atas, kesalahan ini tidak sepenuhnya timbul dari kerusakan hardware speakernya, tetapi bisa muncul karena bug atau kegagalan sistem yang membuat perintah suara jadi terhambat.

Solusinya adalah kamu bisa menghapus cache yang ada di HP, dengan harapan sistem akan kembali normal setelah semua sampah termasuk bug dihapus semuanya.

  1. Matikan ponsel terlebih dahulu.Tahan Tombol Power Lalu Tekan Matikan Ponsel
  2. Tekan tombol volume up dan power secara bersamaan.Tekan Kombinasi Tombol Power + Volume Up
  3. Nanti akan muncul tampilan Recovery seperti ini, silahkan geser ke menu Wipe Cache dengan cara menekan tombol volume, untuk konfirmasi pencet tombol Power.Pilih Menu Wipe Cahce
  4. Berikutnya pilih opsi Yes, dan tunggu sampai konfirmasi selesai.Tombol Yes Untuk Konfirmasi
  5. Terakhir tekan Reboot system now.Reboot System Now Untuk Restart Ponsel

Cara 4 : Menginstall Aplikasi Bantuan

Terakhir cara memperbaiki smartphone android tidak ada suaranya bisa menggunakan aplikasi bantuan bernama SoundAbout. Karena aplikasi ini berbayar, kami akan berikan jalan pintas dengan mengunduh apk secara gratis.

โฌ‡๏ธย Link Download SoundAbout APK

  1. Install dulu aplikasinya.
  2. Jika sudah buka aplikasinya, pada menu pertama kamu bisa pilih menu SoundAbout Service, ubah posisi ON โ€“ no status.Ubah Posisi Menjadi ON โ€“ no status
  3. Kemudian kembali dan pilih menu Media Audio, disini kamu bisa ubah posisinya menjadi Speaker.Ganti dan Pilih Speaker
  4. Lalu kembali dan buka menu Phone call audio, kamu bisa ubah menjadi Earpiece.
  5. Terakhir silahkan tes audionya.
Terlalu boros menggunakan kuota internet ? Cara menghemat kuota internet di Android ini akan memberikanmu tips agar kuota lebih hemat saat browsing.

Akhir Kata

Jika cara diatas masih belum juga berhasil, mungkin solusi yang tepat adalah membawa ke tukang servis untuk mengkonsultasikan masalah yang terjadi pada speaker HP kamu.

Karena kemungkinan hilangnya suara di HP disebabkan oleh perangkat keras speaker yang rusak. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar