Penyebab HP Patah Patah Saat Main Game

Penyebab HP Patah Patah Saat Main Game 7
Penyebab HP Patah Patah Saat Main Game

Siapa coba yang gak jengkel performa HP menurun disaat kita sedang bermain game.

Hampir semua pengguna pasti menginginkan ponsel mereka cepat dan responsif, khususnya ketika dipakai dalam bermain game, tampilan visual yang jernih dan grafis FPS halus merupakan spesifikasi impian para gamers manapun.

Lalu apa sih penyebab HP patah patah saat main game ?

Orang bermain game disaat mereka merasa suntuk dan bosan, jangan sampai mood hiburan tersebut hancur hanya gara-gara tampilan layar HP yang patah-patah dan gak menyenangkan dibuat ngegame.

Ada banyak faktor penyebab HP patah patah saat main game, kebanyakan malfungsi ini sering diakibatkan dari sistem internal ponsel yang kamu gunakan sendiri.

Tetapi bisa juga dari faktor lain, kemungkinan ini akan berlaku jika kita bermain game online yang membutuhkan koneksi internet.

Penyebab HP Patah Patah Saat Main Game

Umumnya gejala HP patah patah ketika digunakan dalam bermain game adalah bisa dari kinerja SoC/prosesor yang menurun.

Penurunan tersebut bisa diakibatkan dari beberapa hal, misalnya pengguna banyak menjalankan aplikasi multitasking, kemudian membiarkan banyak aplikasi berjalan secara latar, dan masih banyak lagi.

Kinerja yang menurun tersebut dapat membuat HP menjadi lemot akibat respon balik yang dikirimkan lambat. Buat yang ingin tahu lebih lengkap berikut penyebab HP patah patah saat main game :

1. Spesifikasi CPU dan GPU HP Rendah

Prosesor Sebuah HP

Ketika kita memainkan game di HP, komponen yang akan mengambil peran adalah prosesor. Karena aplikasi seperti game itu membutuhkan garfis berkualitas tinggi, dan kemampuan rendering yang mumpuni.

Jika diimbangi dengan spesifikasi prosesor tinggi, maka semakin cepat pula CPU memproses data komunikasi sistem, dan GPU yang baik akan mengolah grafis menjadi lebih halus serta lancar.

Sebelum menginstall sebuah game, ada baiknya jika kamu lihat spesifikasi dan menyesuaikan kemampuan prosesor HP masing-masing.

2. RAM Penuh Atau Kecil

RAM Dalam HP Penuh

Fungsi RAM sendiri adalah sebagai penyimpanan sementara ketika aplikasi dijalankan. Game yang memiliki ukuran besar, biasanya akan membutuhkan kapasitas ruang RAM yang lebih banyak.

Sehingga sesuaikan juga spesifikasi RAM dalam ponsel dengan game yang diinstal, jangan jalankan aplikasi lain ketika game sedang kita mainkan.

Karena semakin banyak aplikasi berjalan maka semakin banyak juga ruang yang termakan. Jelas efeknya akan membuat game jadi ngelag.

3. Memori Perangkat Penuh

Ruang Penyimpanan Penuh

Penyebab HP patah patah saat main game yang berikutnya adalah bisa karena memori internal penuh.

Banyaknya aplikasi yang kamu install tentunya akan menduduki sebagian ruang internal untuk penyimpanan data.

Jika game yang kamu pasang tidak kebagian ruang, maka efeknya adalah sistem kesulitan membaca file karena sebab saking banyaknya data di dalam memori internal.

4. Koneksi Internet

Kecepatan Internet Lemot

Bila kita berbicara soal game online, contohnya seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, dan sejenisnya…jalannya game ini sangat dipengaruhi oleh konektivitas internet.

Semakin cepat jaringan yang ditangkap, maka semakin lancar juga jalannya game online.

Penyebab HP patah patah saat main game itu sebenarnya tidak hanya dari segi internal, namun pengaruh luar contohnya jaringan internet yang buruk pun dapat membuat game ngelag.

5. Bermain Game Sambil Di Charger

Bermain HP Ketika Di Cas

Beberapa kasus sering ditemui para pengguna yang merasa hp mereka lemot saat bermain game setelah dicolokkan ke pengisian charger.

Kebiasaan seperti ini selain membuat game ngelag, juga memberikan efek buruk terhadap kesehatan HP-nya.

Coba deh bayangin, ada dua sumber aktivitas keluar masuk di dalam baterai, efek instan yang bakal kamu rasakan adalah ponsel akan panas bahkan bisa overheat.

Jadi hindari kebiasaan buruk seperti ini karena efeknya gak baik buat kesehatan ponsel.

Sebenarnya masih ada beberapa faktor lain, contoh Data cache yang menumpuk, HP overheat, sistem operasi HP sudah usang dan jadul, serta perangkat device berumur.


Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Bermain Game

Setelah kalian membaca penjelasan penyebab HP patah patah saat main game diatas sudah selesai, rasanya belum sah kalau kita tidak ulas jalan keluar dalam solusi permasalahan HP patah patah ini.

  1. Pastikan ruang penyimpanan internal masih longgar.
  2. Bersihkan RAM secara rutin.
  3. Matikan aplikasi yang belum dikeluarkan.
  4. Tutup semua aplikasi berjalan latar dan aplikasi multitasking.
  5. Hindari penggunaan Bluetooth Wireless.
  6. Matikan mode hemat data.
  7. Update game dan update OS ponsel.
  8. Bersihkan sampah cache.
  9. Hindari bermain game sambil ngecas.
  10. Uninstall aplikasi yang tidak penting.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah ulasan Tim Kompiwin mengenai penyebab HP patah patah saat bermain game.

Silahkan simak penjelasan diatas dan pelajari cara mengatasinya agar HP kamu aman dari yang namanya gejala ngelag. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.