Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir Oleh Seseorang

Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir Oleh Seseorang 13
Cara Mengetahui Whatsapp Diblokir Oleh Seseorang

WhatsApp termasuk salah satu aplikasi chatting terbesar di dunia yang sampai saat ini terus memiliki pengguna yang makin bertambah luas.

Artinya WhatsApp harus terus selalu memberikan layanan dan memberikan keuntungan menarik bagi para pengguna setianya, untuk terus tetap memanfaatkan aplikasi messenger berikut.

Sudah banyak fitur yang kini tersedia di dalam aplikasi, bahkan bagi pengguna lama kita bisa merasakan perkembangan WhatsApp dari versi lawas sampai yang sudah berkembang sangat begitu pesat.

Pertama kita bisa rasakan sekarang WhatsApp sudah ada fitur stories, semenjak perusahaan pindah tangan ke Facebook Group, pengguna sekarang bisa mengunggah aktivitas mereka entah itu dalam bentuk foto maupun video di kolom menu Status/Stories.

Selanjutnya ada layanan WhatsApp Web, dimana layanan ini dapat diakses oleh segala pengguna dan fungsi utamanya adalah memudahkan para pelaku usaha dalam merespon client atau pelanggan secara cepat.

Tetapi ada juga untuk layanan yang lebih spesifik, WhatsApp sudah menyediakan yang namanya WhatsApp Business. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Playstore secara gratis, dan pengoperasiannya jauh sangat membantu bagi para pelaku usaha.

Karena didalamnya terdapat banyak fitur yang bisa menguntungkan mereka dalam kegiatan berniaga atau permintaan client yang lainnya.

Pihak developer selalu tidak membatasi penggunanya melakukan komunikasi secara luas dan bebas, justru sebaliknya mereka memberikan batasan tersebut kepada penggunanya untuk lebih selektif dalam melakukan komunikasi, dan pembatasan itu dituangkan dalam bentuk fitur block.

Fitur Blok Dalam WhatsApp

Sebelum kita menyinggung lebih dalam soal cara mengetahui WhatsApp diblokir oleh seseorang, ada baiknya kalau kita sedikit singgung soal pembahasan fitur yang diberikan oleh developer sebagai ijin akses pembatasan chat para pengguna ke pengguna lain.

Blokir bisa diartikan sebagai kegiatan membatasi pengguna lain dalam berinteraksi kepada kita, begitu pun sebaliknya.

Ada beberapa alasan kenapa orang mengaktifkan fitur blokir ini, mungkin bisa karena alasan mengganggu, orang asing yang suka meneror, kontak tidak penting, dan masih banyak lainnya.

Jika kita melakukan blokir berikut efek pembatasan yang akan kamu dapatkan :

1. Tidak dapat mengirim pesan

Misalnya kita akan memblokir satu kontak di WhatsApp kita, setelah itu mereka tidak dapat mengirim pesan kepada kita. Pesan yang dimaksud juga termasuk pesan multimedia seperti foto, video, gambar dan audio. Begitu pun sebaliknya, kita juga tidak dapat mengirim pesan kepada orang yang diblokir, sampai memang akses komunikasi tersebut dibuka kembali.

2. Tidak dapat melakukan panggilan

Sama seperti poin diatas, seseorang yang kita blokir tidak dapat melakukan panggilan kepada kita lewat WhatsApp. Tampilan layar mereka hanya akan menampilkan status memanggil/ringing saja tidak sampai terhubung ke nomor. Begitupun sebaliknya.

3. Tidak bisa melihat status stories

Kontak yang diblokir tidak akan menampilkan stories di bagian kolom menu status. Ibaratnya memblokir seseorang itu seperti kontak tersebut hilang sementara dan memutus segala akses interaksi kepada kita.

Mau aktifkan mode gelap di WhatsApp ? Ikuti tutorial lengkap cara aktifkan Dark Mode di WhatsApp.

Cara Blokir Kontak Whatsapp

Bagi yang ingin tahu cara blokir kontak WhatsApp, berikut akan kami sediakan tutorialnya.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Silahkan kamu cari kontak yang ingin kamu blokir.
  3. Ketuk kontak tersebut sampai terbuka jendela chat.
  4. Tekan icon titik tiga di pojok kanan atas.Buka Chat Kontak Dan Tekan Icon Titik Tiga Di Pojok Kanan Atas
  5. Pencet tombol Lainnya ➤ Blokir.
    Terakhir Tekan Tombol Blokir
  6. Selamat mencoba.
Lebih baik berjaga-jaga untuk mengamankan chat WhatsApp kamu. Ikuti tips untuk cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain.

Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir Oleh Seseorang

Selain cara diatas, ternyata banyak orang yang penasaran juga cara mengetahui WhatsApp diblokir oleh seseorang. Biasanya mereka yang curiga diblokir oleh pacar, teman atau mantan sering banget ingin tahu ciri-ciri kontak kita diblokir itu apa saja.

1. Informasi Kontak Tiba-Tiba HilangInformasi Kontak Tiba-tiba Hilang

Pertama kamu bisa curigai dari informasi kontak yang bersangkutan. Jika ia memblokir kontak kamu pertama secara otomatis bahkan tiba-tiba foto profilnya jadi blank atau kosong.

Bisa saja kontak kamu diblokir olehnya. Tetapi hal ini kurang akurat karena jika kontak tersebut belum menyimpan nomor telepon kamu di smartphonenya, dan mereka menyesuaikan kembali pengaturan WhatsAppnya, maka bisa saja foto profil kontak hilang secara tiba-tiba.

2. Centang SatuCoba Chat Jika Centang 1 Berarti Diblokir

Nah, poin kedua ini nyambung dengan yang pertama, jika kamu yakin kalau foto profil hilang karena pengaturan WhatsApp yang bersangkutan, coba test lewat metode kirim pesan chat.

Kalau chat yang kamu kirim hanya centang satu saja, berarti pesan tidak sampai, dan kemungkinan bisa saja kontak kamu di blokir.

3. Tidak Bisa Melihat Status Kontak

Kemudian lihat bagian status kontak di menu bar atas, jika foto profil kosong, chat centang satu dan ditambah dengan kamu tidak bisa melihat informasi last seen atau online, bisa jadi memang benar kontak kamu diblokir olehnya.

Tetapi last seen bisa diatur visibilitasnya lewat pengaturan WhatsApp, untuk menyakinkan lebih dalam mari kita ke poin berikutnya untuk ciri-ciri kontak di blokir.

4. Tidak Bisa Terhubung TeleponCoba Telfon Jika Calling Artinya Diblokir

Ciri-ciri berikutnya bisa kamu ketahui dengan cara menelpon kontak tersebut. Jika mereka aktif atau online, ketika saat dihubungi statusnya pasti akan berubah ringin/berdering. Tetapi jika tidak dapat terhubung alias statusnya hanya calling/memanggil bisa dipastikan dia memblokir kontak kamu.

5. Tidak Join Panggilan Grup

Jika kamu dengan kontak yang bersangkutan masih dalam satu grup, coba saja lakukan panggilan, jika orang yang kamu curigai memblokir kontak kamu maka biasanya ketika ada panggilan grup atau Grup Call, ia tidak bisa bergabung sendiri. Hal ini bisa jadi indikasi kalau kontak sudah diblokir.

6. Tidak Lagi Melihat Stories Terbaru

Salah satu efek blokir kontak adalah mereka tidak akan bisa melihat stories yang bersangkutan. Hal ini bisa kamu jadikan patokan, mungkin selama satu minggu kebelakang kamu membuat status atau stories, orang yang kamu curigai tidak melihat sama sekali dalam kurun waktu seminggu tersebut. Kemungkinan besar memang kamu sudah diblokir. Tetapi ada juga pengaturan dari WhatsApp yang melihat stories tanpa ketahuan orangnya.

Kurang lebih itulah 6 poin cara mengetahui WhatsApp diblokir oleh seseorang, akan lebih efektif jika 6 poin tersebut kamu gabungkan dalam sekali kasus investigasi kontak diblokir. Sebab jauh lebih akurat ketimbang kamu hanya mengantongi satu poin indikasi saja.

Belum tahu yang membedakan WhatsApp Personal dan WhatsApp Bisnis ? Inilah beberapa perbedaan WhatsApp Personal vs WhatsApp Bisnis.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah tahu cara mengetahui WhatsApp diblokir oleh seseorang lewat beberapa ulasan point di atas, selanjutnya tinggal kamu telusuri dan cari tahu apa alasannya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.