Apa Arti dan Maksud Bahasa Gaul Gacle dalam Hubungan ?

Arti Gacle dalam Bahasa Gaul

Pernah menemukan seseorang yang menggunakan kata gacle? Kata ini merupakan salah satu kata dalam bahasa gaul yang akhir-akhir ini banyak digunakan. Kita tahu bahwa gaul sendiri merupakan sebuah bahasa yang kerap digunakan sebagai sarana komunikasi oleh anak-anak muda.

Bahasa tersebut juga biasanya menunjukkan seberapa akrab seseorang dengan lawan bicaranya. Penggunaan bahasa gaul ini juga sering dipakai untuk konteks informal.

Sekarang banyak orang yang menggunakan bahasa gaul, terutama di media sosial. Mungkin kamu juga pernah menemukan kata tersebut baik di TikTok, Instagram, WhatsApp, Twitter, dan lain-lain. Terkadang meskipun kamu sudah menemukan istilah tersebut, kamu kesulitan untuk memahami maksud yang sebenarnya.

Begitu juga dengan kata gacle ini yang sampai sekarang banyak orang yang kesulitan memahami maksud dari kata tersebut. Namun tidak perlu khawatir karena di sini kami akan memberikan penjelasannya.

Apa Arti Gacle dalam Hubungan ?

Sebenarnya kata gacle merupakan bahasa gaul Jawa. Maksudnya, kata tersebut memang berasal dari bahasa Jawa yang artinya kuburan. Banyak masyarakat Jawa mulai dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur yang menggunakan kata tersebut.

Kata gacle masuk ke dalam bahasa kasar alias ngoko. Namun ada juga yang menjelaskan jika gacle memiliki arti pertunjukkan atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa terhadap masyarakat Kasepuhan Ciptagelar.

Namun belakangan kata ini viral di media sosial, khususnya TikTok. Ini terlihat dari unggahan seseorang yang dikejar begal dan di video tersebut dia mengatakan “Ati ati enek klitih, gir e cilik nggacle”.

Melalui video tersebut, dia menjelaskan situasi yang menegangkan. Adapun arti gacle di video tersebut yaitu nyeremin, menakutkan, atau membahayakan.

Kemudian jika ditarik ke konteks sebuah hubungan, mungkin maksud gacle dalam hubungan yaitu sebuah hubungan yang membahayakan karena mungkin hubungan tersebut akan membawa ke dalam hal-hal negatif.

Akhir Kata

Demikian pembahasan seputar gacle. Jadi kata tersebut berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti sesuatu yang menyeramkan, menegangkan, atau bahkan kuburan. Sekarang kamu tinggal mengaitkan saja kata gacle ini dalam konteks bahasa gaul. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang