Cara Aktifkan Dark Mode (Mode Gelap) WhatsApp

Cara Aktifkan Dark Mode (Mode Gelap) WhatsApp 13
Cara Aktifkan Dark Mode (Mode Gelap) Whatsapp

Seperti yang kita ketahui bagi para user Android dan iOS, fenomena mengubah tampilan interface HP mereka menjadi dark mode itu sedang jadi trendsetter tersendiri.

Mostly pengguna yang merubah tampilan interface menjadi gelap tersebut beralasan karena jauh lebih nyaman digunakan, intensitas cahaya pun terasa lebih kalem dan kesannya elegan.

Beruntung kini pihak pengembang baik bawaan dari fitur OS HPnya sendiri sampai aplikasi media sosial sudah banyak yang menerapkan model gelap atau dark mode.

Sesuai dengan ulasan artikel kita kali ini yaitu cara aktifkan dark mode (mode gelap) WhatsApp, akan kami berikan penjelasannya dibawah ini secara lebih detail dan lengkap, baik bagi para pengguna Android ataupun pengguna iOS.

Karena masih ada beberapa user yang sampai saat ini belum bisa mengetahui cara aktifkan dark mode (mode gelap) WhatsApp. Langsung saja silahkan simak penjelasan berikut:

Dark Mode (Mode Gelap)

Berbicara soal dark mode, belum lama ini aplikasi WhatsApp meluncurkan fitur bernama mode gelap. Sebenarnya pertama kali fitur ini dikenalkan ke publik itu ada pada aplikasi sosial media bernama Twitter pada tahun 2016 silam.

Karena euforia pengguna dan antusias warganet saat itu sangat besar, maka semenjak setelah dirilis mode gelap itu banyak bermunculan sosial media lainnya yang mengikuti jejak dari Twitter seperti mulai dari Facebook, Telegram, YouTube, WhatsApp, dan Instagram.

Cara kerja fitur dark mode itu sangat simpel, pengguna tinggal aktifkan mode tersebut di pengaturan, dan secara otomatis tampilan latar interface dari aplikasi kamu akan berubah menjadi gelap.

Karena kita disini khusus membahas tentang aplikasi WhatsApp, maka jika kamu ingin mendapatkan fitur dark mode itu syaratnya versi aplikasi WhatsApp Beta minimal 2.20.31 untuk android.

Ternyata selain tampilan terlihat lebih cantik dan estetik, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengaktifkan fitur dark mode ini loh.

Takut WhatsApp kamu disadap ? Panduan lengkap cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain dengan mudah.

Manfaat Fitur Dark Mode

Cara aktifkan dark mode (mode gelap) WhatsApp perlu untuk kamu ketahui, karena dengan ini kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat yang sebenarnya bisa menguntungkan baik dari segi kesehatan atau ketahanan performa dari HPnya sendiri.

1. Bisa Mengurangi Mata Capek

Tampilan latar warna hitam dan gelap ini dapat mengurangi efek kelelahan mata, coba bandingkan jika kamu kembalikan ke mode normal pasti mata kamu akan beraksi lebih ekstra untuk menangkap cahaya dari layar HP, dan efeknya akan lebih mudah kelelahan.

2. Menghemat Baterai

Gak banyak orang tahu kalau sebenarnya mengaktifkan mode gelap itu bisa menghemat baterai. Kenapa bisa begitu? Pertama jika kontras layar lebih banyak dihasilkan maka akan menyedot banyak energi di dalam baterai. Jika menggunakan dark mode bahkan bisa menghemat baterai sampai 6 kali lebih irit.

3. Mengurangi Efek Radiasi Cahaya Biru

Ternyata menggunakan mode gelap itu dapat mengurangi pengguna terkena paparan radiasi cahaya biru loh. Seperti yang kita tahu dampak dari paparan cahaya biru ini bisa menyebabkan resiko penyakit yang berbahaya, seperti contoh kanker.

4. Lebih Nyaman dan Stylish

Entah kenapa mengaktifkan dark mode itu jadi lebih pede karena membuat tampilan interface layar HP kita jadi makin elegan. Selain itu tampilan warna gelap bisa membuat pengguna jadi lebih nyaman ketika mengoperasikan HP.

Mau kirim foto lewat WhatsApp tanpa kualitas berkurang ? Ikuti tips cara mengirim foto WhatsApp tanpa mengurangi kualitas.

Cara Aktifkan Dark Mode (Mode Gelap) Whatsapp

1. Android

Setelah membaca ulasan lengkap diatas, berikut akan kami berikan ulasan tentang cara aktifkan dark mode (mode gelap) Whatsapp, dimulai dari jenis HP android.

  1. Silahkan buka aplikasi Whatsapp.
  2. Tekan Menu Tambahan yang bentuknya seperti titik tiga di pojok kanan atas.Tekan Tombol Icon Titik Tiga
  3. Pencet bagian Setelan.Pencet Tombol Setelan
  4. Setelah itu masuk ke menu Chat.Ketuk Untuk Membuka Menu Chat
  5. Kamu bisa tekan bagian Tema.Silahkan Masuk Ke Menu Tema
  6. Centang Gelap untuk mengaktifkan dark mode.Centang Bagian Gelap Untuk Mengubah Dark Mode

Selain cara diatas kamu bisa menggunakan metode lain yakni lewat pengaturan mode gelap bawaan dari HP.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Tekan bagian menu Tampilan.Pilih Tampilan Untuk Pengaturan Lebih Lanjut
  3. Lalu centang untuk Mode Gelap.Aktifkan Mode Gelap
  4. Secara otomatis semua tampilan di HP kamu akan berubah menjadi gelap, termasuk aplikasi WhatsApp.
  5. Selesai.

2. iPhone

Kamu juga bisa mengaktifkan dark mode WhatsApp di HP Iphone, namun metodenya agak berbeda karena pengguna perlu mengatur lewat settingan bawaan dari HP.

  1. Buka Pengaturan atau Settings.Tekan Tombol Setting Di Menu Iphone
  2. Masuk ke bagian Display & Brightness.Masuk Ke Menu Tampilan Dan Kecerahan
  3. Lalu pilih Dark, kemudian aktifkan.Ubah Modenya Menjadi Gelap Atau Dark
  4. Secara otomatis tampilan akan berubah menjadi gelap termasuk aplikasi WhatsAppnya.
  5. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Bagaimana cara aktifkan dark mode (mode gelap) WhatsApp sangat mudah bukan? sekarang tinggal kamu terapkan dan sesuaikan dengan jenis Hpnya, apakah itu android atau IOS. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.