Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain 1
Cara Agar Whatsapp Tidak Disadap Orang Lain

Mendengar kata hack atau sadap itu sepertinya sangat menyeramkan jika cara licik tersebut menimpa kepada kita. Celah hack itu memang sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk keperluan-keperluan tertentu.

Namun, mostly keperluan tersebut tentu didasari dengan keinginan negative. Bayangin aja, meretas atau menyadap kepemilikan orang lain itu saja sudah termasuk tindak kriminal, bagaimana tidak dikatakan negatif coba.

Hal-hal yang sangat rawan jadi incaran para hacker untuk melancarkan aksinya yaitu pertama rekening ATM, kemudian kartu kredit, website, dan yang terakhir akun sosmed.

Nah pasti kalian sudah sangat sering mendengar pemberitaan tentang akun sosmed yang menjadi korban dari kegiatan hack, biasanya yang diserang itu termasuk akun yang memiliki pengaruh besar, memiliki pengikut banyak dan dapat menghasilkan keuntungan besar.

Rata-rata korban incaran hacker ini adalah para influencer, bahkan beberapa artis pernah terjerat kasus ini, sampai mereka berusaha keras untuk bagaimana caranya bisa mengembalikan akun tersebut berada di tangannya kembali.

Gimana, serem bukan mendengar cerita akun sosmed di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, belum lagi jika akun tersebut disalahgunakan, siapa yang malu? Pasti pemilik akun yang bakal kena.

Undang teman dan dapatkan uang dengan mudah. Mau? Silahkan ikuti cara undang teman di Snack Video.

Nah, untuk menanggulangi keresahan diatas, disini kita akan berikan cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain. Sebab WhatsApp termasuk salah satu yang cukup rawan terkena sasaran hack, karena akun berbasis messenger ini sifatnya sangat pribadi, banyak privasi yang harus dijaga agar tidak bocor atau jadi konsumsi publik.

Cara Agar WhatsApp Tidak Disadap Orang Lain

Ada beberapa alasan orang menyadap akun WhatsApp korbannya, dari mulai iseng, jahil atau memang berniat untuk menguras keuntungan dari data yang ada di akun tersebut.

Ciri-ciri jika akun WhatsApp kamu terkena sadap yaitu, secara tiba-tiba akun logout atau keluar secara sendiri. Padahal kamu tidak menekan konfirmasi logout ataupun keluar.

Maka dari itu penting buat kalian untuk tahu cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain, supaya semua hal yang berbau privasi atau hanya untuk konsumsi pribadi tetap aman tidak bocor ke siapa pun.

Berikut akan kita sediakan beberapa cara agar WhatsApp tidak disadap orang lain, setidaknya jika mengikuti langkah-langkah dibawah ini akun kamu akan lebih terproteksi dari gangguan luar.

1. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

WhatsApp sendiri sudah menyediakan layanan untuk memproteksi akun ketika di login, pengguna dapat memasang verifikasi double seperti memasang PIN.

Pin akan muncul ketika kamu login menggunakan nomor telepon, yang pertama pusat akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS, dan yang kedua ini sistem akan mengarahkan pengguna untuk memasukkan pin yang sudah disetting.

Untuk berjaga-jaga agar WhatsApp tidak disadap, sebaiknya kamu mengaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka WhatsApp.
  2. Ketuk tombol icon titik tiga di kanan atas.Tekan Tombol Icon Titik Tiga
  3. Pencet menu Setelan.Selanjutnya Tekan Tombol Setelan
  4. Lalu pilih Akun.
  5. Disini kamu bisa pencet tombol Verifikasi Dua Langkah.Tekan Tombol Verifikasi Dua Langkah
  6. Silahkan pencet Aktifkan dan masukkan PIN.Pencet Tombol Aktifkan
    Masukkan PIN Dan Tekan Selanjutnya
  7. Konfirmasi sekali lagi, dan tekan berikutnya.
  8. Nanti kamu akan disuruh untuk mengisi alamat email sebagai akun backup, jika sudah selesai tekan tombol Lanjut.Masukkan Email Dan Tekan Lanjut
  9. Selesai.

2. Tampilkan Notifikasi Keamanan

Jika fitur ini diaktifkan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dari WhatsApp seperti jika ada teman atau kamu kamu yang telah mengganti perangkat baru untuk nomor WhatsApp yang sama.

Jadi segala aktifitas yang berhubungan dengan kegiatan login, maka sistem bakal memberikan pesan. Tujuannya adalah agar bisa aware dan mengantisipasi.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan icon titik tiga di pojok kanan atas.Tekan Tombol Icon Titik Tiga
  3. Tekan menu Setelan.Selanjutnya Tekan Tombol Setelan
  4. Setelah itu pencet tombol Akun.
  5. Disini kamu bisa buka bagian Keamanan.Tekan Tombol Keamanan
  6. Silahkan aktifkan tombol dibawah.Aktifkan Atau Tekan Centang Tombol Berikut
  7. Selesai.
Apa sih perbedaan WhatsApp Personal dengan Bisnis ? Simak perbedaan WhatsApp Personal vs WhatsApp Bisnis.

3. Download Aplikasi AppLockInstall Dan Pasang Aplikasi AppLock

Untuk Android :

AppLock
AppLock
Developer: DoMobile Lab
Price: Free

Untuk iOS :

‎AppLock - Brankas Foto
‎AppLock - Brankas Foto

Saat ini sudah banyak developer yang mengembangkan aplikasi untuk mengunci perangkat sekaligus seisinya. Yang kita maksud seisinya yaitu seperti software atau aplikasi yang terinstall.

Silahkan download dan pasang, bisa kamu cari di Playstore atau Appstore karena mendapatkannya pun gratis.

4. Logout WhatsApp Web

Terkadang ada beberapa pengguna yang setelah menggunakan WhatsApp Web lupa untuk melakukan logout WhatsApp Web di perangkat PC tersebut.

Hal ini tentu sangat rawan, karena sistem dari Whatsapp sendiri bakal menyimpan history login dan tetap selamanya login jika pengguna tidak mengeluarkannya terlebih dahulu.

Apalagi device yang kamu pakai buat WhatsApp Web ini termasuk device umum, seperti laptop kantor, warnet, laptop teman dan lainnya.

  1. Buka Whatsapp Web.
  2. Tekan icon titik tiga di bagian atas history chat.Tekan Menu Tambahan Di Whatsapp Web
  3. Kemudian pencet Keluar.Setelah Itu Klik Tombol Keluar
  4. Secara otomatis akun kamu bakal logout.
  5. Selamat mencoba.
Mau download banyak foto lewat WhatsApp Web ? Simak tips cara mudah download banyak foto di WhatsApp Web.

5. Jangan Root HP

Mungkin kalian disini sudah banyak yang tahu fenomena root HP. Ternyata aktifitas ini sama sekali tidak dianjurkan. Meski banyak keunggulan yang bisa didapat dari membobol performa sistem di dalam HP.

Namun, nilai buruk metode root HP tersebut dapat membuat program di dalam HP bisa crash. Bahkan kemungkinan terburuk akan ada virus yang tertanam secara otomatis. Celah itulah yang bisa membuat aplikasi Whatsapp kamu diretas orang lain.


Akhir Kata

Kurang lebih cara agar Whatsapp tidak disadap orang lain bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Silahkan kamu terapkan dan jaga privasi kamu, jangan sampai informasi pribadi tersebar sebagai konsumsi publik. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *