7 Perbedaan Whatsapp Biasa (Personal) dengan Whatsapp Bisnis

7 Perbedaan Whatsapp Biasa (Personal) dengan Whatsapp Bisnis 1
Akun Whatsapp Biasa (Personal) VS Akun Whatsapp Bisnis

Semua orang pasti sudah tahu aplikasi messenger yang satu ini, yaitu WhatsApp. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 silam, WhatsApp hingga kini telah sukses menarik perhatian pengguna untuk terus memanfaatkan fasilitas dan layanan yang mereka berikan.

Sempat berpindah tangan ke perusahaan Facebook pada tahun 2014 silam, WhatsApp makin mendapatkan perkembangan yang pesat. Salah satu fitur yang bisa dirasakan yaitu stories, kurang lebih sama seperti di Instagram, kini pengguna WhatsApp bisa mengupdate status baik berupa foto atau video.

Dikenal sebagai aplikasi chatting berbasis pesan multimedia, pengguna bisa mengirim teks dalam bentuk foto, gambar, audio, file dan dokumen. Hingga akhirnya perusahaan terus memberikan inovasi dan di tahun 2015 mereka merilis yang namanya WhatsApp Web.

Mereka sangat merasa terbantu dengan kehadiran WhatsApp Web ini, khususnya bagi para pelaku usaha yang membutuhkan kecepatan dalam merespon pelanggan, jadi lebih terjembatani berkat adanya WhatsApp Web tersebut.

Namun, ada yang lebih spesifik aplikasi khusus yang cocok digunakan oleh para pelaku usaha, yakni WhatsApp Business. Bagi yang baru tahu, disini kita akan berikan perbandingan antara akun WhatsApp Biasa (Personal) dengna WhatsApp Bisnis.

Whatsapp Business/Bisnis

Apakah hanya orang tertentu saja yang bisa mendapatkan WhatsApp Business? Tidak, semua pengguna bahkan orang awam pun bisa mengakses aplikasi ini. Sebenarnya WhatsApp Bisnis itu bisa didapatkan di Playstore sama seperti aplikasi WhatsApp Biasa.

WhatsApp Business
WhatsApp Business
Developer: WhatsApp Inc.
Price: Free
Mau tahu cari tahu akun WhatsApp kamu tipe Bisnis atau bukan ? Tutorial cara mengetahui WhatsApp Bisnis dengan mudah.

Hanya saja ada beberapa fungsi yang berbeda jika dibanding dengan akun WhatsApp Personal. Karena developer merancang softwarenya berikut khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis besar sampai kecil, yang mana pengguna dapat melakukan komunikasi langsung dengan pelanggan, mempromosikan produk serta layanan di chat, menjawab pertanyaan secara otomatis dan masih banyak lagi.

Pertama kali dirilis tahun 2018 silam, aplikasi ini sangat disambut baik oleh antusiasme masyarakat Indonesia. Kita merasa bangga karena di Wilayah Asia, negara kita yang berkesempatan menjajal pertama kali akun WhatsApp bisnis ini.

Mereka tahu jika rata-rata pengguna WhatsApp di sini kebanyakan untuk keperluan bisnis, dengan adanya WhatsApp Bisnis maka bisa jadi alternatif oleh para pelaku usaha untuk lebih mudah berinteraksi dengan pelanggannya, begitu juga sebaliknya.

Semua fitur yang ada di dalam sudah didesain khusus untuk memudahkan pelaku dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Untuk lebih lengkapnya kita akan ulas akun WhatsApp Biasa (Personal) dengan WhatsApp Bisnis.

Akun WhatsApp Biasa (Personal) dengan WhatsApp Bisnis

Wajar jika masih ada yang bingung apa perbedaan antara akun WhatsApp dengan akun Bisnis. Fitur serta layanan seperti bagaimana yang akan pengguna dapatkan jika memakai fasilitas akun bisnis?

Dibawah akan kita sediakan kelebihan/fitur di masing-masing aplikasi, dan silahkan kamu bandingkan mana yang lebih advance untuk keperluan bisnis kamu.

Kelebihan/Fitur WhatsApp Bisnis

1. Nama Pengguna

Di WhatsApp Bisnis cukup unik dibanding dengan WhatsApp Personal. User dibatasi dalam memberikan label nama akun mereka. Hal yang harus dihindari adalah nama WhatsApp Bisnis tidak boleh kapital. Kecuali untuk akronim dan awalan huruf depan saja. dan disini pengguna juga tidak bebas mengganti nama kapan saja, alias tidak bisa ganti nama.

2. Informasi Profil Lebih LengkapInformasi Kontak Lebih Lengkap

Kamu bisa mendapatkan informasi kontak yang lebih lengkap, dari mulai nama, alamat, kategori bisnis, email, deskripsi bisnis kamu dan situs website. Hal ini ditujukan agar pelanggan dapat mengakses informasi dari bisnis kamu lebih detail dan spesifik.

3. Fitur Pesan OtomatisMengatur Pesan Secara Otomatis

Tentu kamu pernah melakukan chat ke nomor WhatsApp Bisnis, setelah pesan terkirim selang beberapa detik mereka akan memberikan respon feedback dengan sangat cepat. Itu sebenarnya bukan operator yang mengirim pesan, melainkan sistem yang sudah diprogram untuk memberikan respon otomatis kepada pelanggan. Ada 3 jenis pesan otomatis di fitur ini :

  • Away Message

Pesan otomatis akan dikirim jika pelanggan sengaja mengirimkan notifikasi pada luar jam kerja. Si pemegang akun bisa menggunakan pesan yang sesuai dengan preferensi mereka.

  • Greeting Message

Pesan otomatis ini akan dikirim secara otomatis jika ada pelanggan pertama kali menghubungi kontak akun. Inilah yang kalian lihat ketika ngechat pertama kali akun olshop dengan balasan yang cepat.

  • Quick Replies

Fitur ini sering dimanfaatkan pengguna untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang bentuknya template. Contoh, pelanggan menanyakan barang ready, dan si pemegang akun sudah tersedia jawaban ready untuk merespon cepat. Caranya yaitu ketik simbol “/” lalu pilih pesan templatenya.

Mau kirim foto lewat WhatsApp tapi kualitasnya tetap sama ? Tutorial cara mengirim foto WhatsApp tanpa mengurangi kualitas.

4. Katalog ProdukKatalog Akun Whatsapp Business

Namanya juga akun bisnis, maka informasi kontak yang mereka miliki harus tersedia yang namanya katalog produk. Dengan adanya ini pembeli bisa memilih jenis atau barang yang akan mereka order.

Didalam katalog tersebut juga tersedia nama produk, keterangan produk dan terakhir harganya. Pengelola juga bisa menambahkan link untuk menuju ke toko atau website terkait.

Untuk mengaturnya bisa lewat Pengaturan Bisnis ➤ Katalog.

5. Analisis Statistik PesanInformasi Statistik Chat

Untuk menunjang segala kebutuhan dalam bidang bisnis, penting untuk ada yang namanya laporan. Untuk WhatsApp Bisnis sudah dilengkapi menu laporan ini di pengaturan Statistik.

6. Tanda Centang Untuk Akun Verifikasi

Kelebihan lainnya yaitu ciri-ciri akun WhatsApp Bisnis yang sudah terverifikasi oleh pusat akan mendapatkan logo centang di sisi sebelah nama akun.

7. Membuat Label Chat

Enaknya tampilan WhatsApp Bisnis adalah bisa memberikan label setiap akunnya, misal kamu ingin membuat label kategori akun yang baru order hari ini, disana sudah ada pengelompokan untuk melabelkan akun-akun pembeli. Dan seterusnya, misalnya akun yang masih hutang, akun pelanggan preorder dst.

Kelebihan/Fitur Whatsapp Personal

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan akun WhatsApp Pribadi atau Personal, selain sebagai fungsi utama yakni mengirim pesan, panggilan suara dan video. Developer kemarin baru saja mengupdate untuk fitur WhatsApp Personal ini.

1. Pencarian AdvancePencarian Advance

Kamu sekarang bisa mudah mencari hal-hal spesifik yang lebih luas mencakup file berupa foto, audio, dokumen bahkan stiker gif yang pernah dikirim. Dulu fitur pencarian ini hanya sebatas teks saja, dan sekarang sudah lebih luas.

Bagaimana bikin barcode untuk nomor WhatsApp ? Simak tutorial lengkap cara membuat barcode WhatsApp.

2. Disappearing Messages

Fitur anyar ini berfungsi untuk menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari pesan dikirim. Sehingga beberapa akun yang menurut kamu tidak begitu penting atau spam, bisa diaktifkan fitur Pesan Sementara ini untuk menghapus secara otomatis.

3. Manajemen PenyimpananManajerial Penyimpanan Langsung

Untuk mengantisipasi penyimpanan yang penuh, WhatsApp memberikan fitur baru Storage Management untuk menyortir beberapa file, foto, video dan audio yang tidak penting. Tampilan interfacenya kurang lebih seperti galeri, kamu tinggal sortir beberapa file lalu kemudian hapus.

4. Video Call Grup

Untuk menunjang kebutuhan dalam konferensi video call seperti era pandemi saat ini, WhatsApp memberikan peningkatan layanan untuk video call grup. Kamu sekarang bisa melakukan interaksi dalam bentuk video visual dengan teman-teman grup kamu. (Baca juga: Cara Video Call WhatsApp lewat WhatsApp Web)

Akhir Kata

Perbandingan akun WhatsApp Biasa (Personal) dengan Whatsapp Bisnis memang sangat terlihat, lebih spesifiknya akun personal itu memang hanya tersedia layanan untuk media komunikasi antar pribadi saja, berbeda dengan akun bisnis yang memiliki kebutuhan chat dalam bentuk kompleks. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *