Cara Membuat Barcode WhatsApp

Cara Membuat Barcode WhatsApp 13
Cara Membuat Barcode Whatsapp

Kalian pasti sering melihat fungsi barcode di mana saja, bahkan bungkus jajanan snack yang kamu beli di minimarket terdekat saja sudah banyak yang menggunakan sejenis label ini. Ibarat kata snack bukan barang digital saja sudah ada barcodenya, bagaimana kalau benda tersebut termasuk benda yang berhubungan dunia digital?

Contohnya seperti WhatsApp, meski sedikit orang yang tahu aplikasi ini ternyata memiliki satu fungsi yang dapat digunakan dalam membuat semacam label barcode.

Penggunaan label barcode dalam urusan komunikasi digital seperti WhatsApp meski terdengar tidak ada gunanya sebenarnya label tersebut sangat efektif jika diaplikasikan di beberapa bidang kegiatan.

Mungkin orang awam tahunya barcode WhatsApp digunakan untuk melakukan scan akses masuk ke WA Web, tetapi bukan fungsi ini yang akan kita singgung. Tetapi bagaimana cara membuat barcode WhatsApp yang digunakan untuk kepentingan kegiatan khusus.

Lalu fungsi utamanya untuk apa? cara membuat barcode WhatsApp sangat efektif digunakan dalam dunia bisnis online. Calon pelanggan tidak perlu lagi repot-repot memasukkan nomor HP secara manual, mereka cukup scan code tersebut maka secara otomatis akan dibawa ke jendela chat ke nomor yang bersangkutan.

Cara Membuat Barcode WhatsApp

Sebenarnya teknis dalam membuat barcode WhatsApp itu sangat simpel. Pertama langkah yang harus disiapkan adalah buat link untuk menuju ke WhatsApp chat, kemudian link tersebut kamu ubah menjadi label barcode.

Setelah barcode selesai terbuat, silahkan share kepada target orang yang ingin kamu sasarkan, kemudian mereka melakukan scan dan secara otomatis WhatsApp akan mengarahkan ke dalam chat nomor kita.

Namun, cara membuat barcode WhatsApp tidak bisa kita lakukan lewat fitur atau tools yang tersedia di layanan chat tersebut. Pengguna harus mendownload aplikasi bantuan terlebih dahulu, baru bisa mengolah link yang berisikan nomor bersangkutan untuk diubah menjadi sebuah barcode.

Tenang saja, untuk mendapatkan aplikasi tersebut sangat mudah kok, bahkan kamu bisa menginstallnya dengan gratis di layanan Playstore. Langsung saja simak tutorilanya dibawah ini :

  1. Siapkan dulu link untuk menuju ke dalam chat nomor yang bersangkutan, cara membuat link ini ada templatenya khusus yakni https://wa.me/(no WA) silahkan isikan no WA yang kita buatkan kurung dengan nomor kamu.Masukkan Link Dengan Nomo WA
  2. Untuk mengetes jika link tersebut aktif, silahkan buka menggunakan browser, jika berhasil akan muncul tampilan oleh WhatsApp seperti ini.Jika Muncul Seperti Ini Berarti Berhasil
  3. Jika berhasil Copy link tersebut.Salin Alamat Link Nomor WA Kamu

Nah, PR selanjutnya adalah bagaimana mengubah link tersebut menjadi sebuah label barcode. Jangan khawatir, sekarang ini sudah banyak developer penyedia layanan untuk membantu dalam membuat barcode dan aplikasi yang termasuk salah satu diantaranya yaitu Barcode Generator.

  1. Silahkan download terlebih dahulu Barcode Generator di Playstore.
    Barcode Generator
    Barcode Generator
    Developer: Aeiou
    Price: Free
    Download Aplikasi Barcode Generator
  2. Jika sudah terpasang, silahkan buka aplikasinya.
  3. Pada tampilan awal, kamu bisa klik tombol Tambah di bagian pojok kanan bawah, kemudian tekan menu Add Code.Tekan Icon Tambah Lalu Pencet Add Code
  4. Nantinya akan muncul beberapa pilihan disana, karena kita butuh untuk membuat QR Code, maka silahkan tekan QR Code.Pilih Yang QR Code
  5. Ada banyak metode pilihan QR Code, karena kita akan membuat URL jadi barcode, silahkan ketuk bagian URL.Selanjutnya Pilih URL
  6. Paste link yang sudah di copy, kemudian paste di bagian kotak URL.Paste Link WA di Kotak Yang Sudah Disediakan
  7. Kamu juga bebas ingin isi bagian Code description dan Label. Jika sudah tekan tombol Centang di bagian pojok kanan atas.
  8. Secara otomatis barcode akan muncul dan simpan dengan cara menekan tombol kartu memori.Silahkan Save Barcode Yang Sudah Jadi
  9. Selamat mencoba.
Mau melakukan video call lewat WhatsApp Web ? Simak tutorial selengkapnya di cara video call WhatsApp di laptop tanpa emulator.

Cara Scan Barcode WhatsApp

Cara scan barcode ini juga tidak bisa dilakukan lewat aplikasi WhatsApp, jadi kita perlu menggunakan aplikasi bantuan lagi sama seperti diatas. Dan aplikasi Barcode Generator ini juga dapat digunakan untuk scan QR Code, caranya bisa ikuti langkah dibawah ini:

  1. Download Barcode Generator.
    Barcode Generator
    Barcode Generator
    Developer: Aeiou
    Price: Free
  2. Buka aplikasinya dan tekan tombol + ketika masuk ke tampilan utama layar.Tekan Icon Plus Yang Ada Di Pojok Kanan Bawah
  3. Kemudian pilih Scan Code.Pilih Scan Code
  4. Secara otomatis kamera akan nyala dan arahkan kotak instruksi di dalam kamera tersebut diatas barcode.
  5. Bila berhasil terdeteksi, sistem akan membawa kamu ke link yang dituju.
  6. Selesai.
Aplikasi WhatsApp sudah menyediakan fitur dark mode. Simak cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp.

Akhir Kata

Bagaimana, cara membuat barcode WhatsApp sangat mudah bukan? gunakan fungsi ini semaksimal mungkin, karena keuntungan dari menggunakan barcode bisa memudahkan segala akses termasuk dalam dunia bisnis online. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.