Penghasilan TikTok

Penghasilan Tiktok

Tahukah kalau kamu bisa mendapatkan uang melalui penghasilan TikTok. Benar sekali, sambil main TikTok kamu bisa mendapatkan penghasilan juga.

Ada kabar baik bagi pengguna aktif dari TikTok. Kabar baiknya adalah kamu dapat menghibur diri dengan bermain TikTok dan di waktu yang sama bisa mendapatkan uang dari event TikTok ini.


Kok bisa? Di zaman modern seperti saat ini memang ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang. Salah satunya melalui sosial media.

Tidak hanya melalui TikTok, sosial media lainnya seperti Facebook dan Instagram memungkinkan kamu untuk mendapatkan uang. Pada awal diciptakan memang sosial media merupakan platform tempat orang-orang membagi-bagikan momen berupa foto, cerita, atau video. 

Namun, tidak lama, media sosial juga membawa popularitas bagi orang-orang. Banyak brand serta orang-orang yang melihat media sosial menjadi media promosi.

Hal ini tentunya membuat sebuah lapangan pekerjaan baru yang membuat orang-orang mendapatkan uang dari situ.

Mungkin pekerjaan yang berlatar media sosial yang paling populer adalah seorang influencer.

Namun, selain pekerjaan yang satu itu, masih ada banyak cara lainnya untuk mendapatkan penghasilan dari sosial media. Termasuk penghasilan TikTok.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas cara-cara mendapatkan penghasilan dari Tiktok dan siapa tahu salah satu dari cara ini dapat kamu coba. Yuk langsung saja kita simak di bawah ini. 

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok 

Tidak dapat dipungkiri kalau mendapatkan uang memang menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk didapatkan. Apalagi jika uang tersebut bisa didapatkan lewat hal-hal yang disukai.

Misalnya sosial media seperti TikTok dimana jutaan orang banyak menghabiskan waktu untuk melihat video demi video yang ada di fyp kalian.

Nah, berikut merupakan beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan TikTok. Yuk mari kita lihat ada apa saja.

1. Sponsored Content Post

Seperti namanya, cara mendapatkan penghasilan TikTok yang pertama adalah dengan membuat konten dari sponsor.

Artinya konten tersebut memang sengaja dibuat untuk mempromosikan sebuah barang atas permintaan brand atau orang yang meminta.

Biasanya konten seperti ini akan menjelaskan sebuah barang hingga detail. Bayarannya pun juga lumayan loh, tetapi sebelum membuat konten semacam ini, kamu sebelumnya harus mendapatkan popularitas di TikTok dahulu ya.Penghasilan Tiktok

2. Donasi atau Payout Coins

Kalau kamu pernah melihat seorang influencer dari TikTok sedang menjalani Live mungkin kamu sadar kalau penonton dapat memberikan mereka stiker yang dibeli dengan koin.

Nah, bukan sekadar stiker, apa yang kamu berikan tersebut bisa ditukarkan menjadi uang nyata loh.

Penghasilan TikTok 8

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara ini mungkin bisa kamu lakukan kalau kamu memiliki passion di bidang content creator. Caranya yaitu menjadi Tiktok Manager.

Cara kerjanya, kamu mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat. Sasarannya pun bukan hanya content creator, tetapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.

Sekarang TikTok sudah mengerluarkan versi Lite. Lalu apa perbedaannya ? Coba simak informasi perbedaan TikTok vs TikTok Lite.

4. Jual Beli Akun TikTok

Kalau kamu sudah terbiasa dengan mengurus akun TikTok menjadi populer. Selanjutnya kamu bisa menjual akun TikTok yang sudah populer tersebut.

Popularitas menjadi hal yang sangat mahal. Jadi, jangan kaget kalau banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk akun TikTok yang memiliki jumlah followers dan engagement yang besar. (Baca Juga: cara menambah followers TikTok)

5. TikTok Marketing

Sama seperti Instagram atau Facebook yang memiliki ads. Di TikTok kamu juga bisa mengaktifkan fitur yang satu ini.

Penghasilan TikTok 9

6. Agensi Influencer

Agensi influencer adalah metode yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok. Jadi kamu akan berada di posisi pihak ketiga yang menghubungkan orang dengan orang lain.

Salah memasukkan tanggal lahir di akun TikTok ? Begini tutorial dan tips cara mengubah umur di TikTok.

Cek Penghasilan Akun TikTok

Cara cek penghasilan dari TikTok tidak jauh berbeda dengan Instagram yang mereview produk atau layanan produk.

Namun, bedanya TikTok tidak menyediakan jasa Google Adsense seperti YouTube untuk monetisasi akun. Jadi intinya kamu bisa mendapatkan uang dari setiap iklan yang muncul di konten milik kamu.

Di TikTok ada tiga faktor utama yang mempengaruhi pendapatan penggunanya, yaitu: jumlah followers, banyaknya Like video, dan interaksi atau engagement dengan para followers (engagement).

Apabila tiga faktor tersebut sudah dipenuhi, maka kamu bisa melihat perkiraan berapa keuntungan yang didapat menggunakan TikTok Money Calculator. Salah satunya adalah Likigram.

Tips Monetisasi TikTok

Setelah mengetahui cara mendapatkan uang dari TikTok, terdapat beberapa tips agar proses monetisasi Anda berjalan lancar dan lebih maksimal.

Berikut ada beberapa tips monetisasi Tiktok yang dapat kamu lakukan. 

  1. Tetapkan Niche Akun. 
  2. Setting Target
  3. Optimalkan konten agar dapat masuk fyp
  4. Tingkatkan jumlah followers

Akhir Kata

Di era yang serba canggih ini, mendapatkan uang memang bisa didapatkan dari mana saja. Namun, bukan berarti uang tersebut bisa didapatkan begitu saja. Kamu tetap harus melakukan kerja keras dan selalu bersemangat dalam membuat setiap konten.

Hal yang paling penting adalah selalu cintai apa yang kamu lakukan. Lakukanlah semua pekerjaan dengan cinta kasih. Dengan perasaan tersebut, semua pekerjaan pasti terasa menyenangkan.

Sekian mengenai penghasilan TikTok dalam artikel kali ini. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.