Perbedaan TikTok Lite Dengan TikTok Biasa

Perbedaan TikTok Lite Dengan TikTok Biasa 4
Perbedaan Tiktok Lite Dengan Tiktok Biasa

Meski terlihat sama ternyata ada perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa. Dan belum lama ini versi Lite sudah bisa kalian dapatkan dan pasang secara gratis di layanan seperti Playstore ataupun AppStore.

Aplikasi versi Lite pertama kali dirilis pada tahun 2018 Agustus silam, saat launching TikTok menargetkan ke beberapa wilayah di seluruh dunia. Tetapi untuk pasar Indonesia, mereka baru menyusul belakangan ini.


Sebenarnya dari segi interface dan pengoperasian aplikasi, keduanya masih sama. Tetap menggunakan tombol Home sebagai laman FYP dan navigasi sisanya mengikuti versi yang pernah dibuat sebelumnya.

Tanpa kalian sadari keberadaan TikTok sebenarnya sangat membantu para pengguna loh.

Karena media sosial ini bisa digunakan sebagai media promosi, kemudian untuk menarik engagement, muncul sebagai konten viral dan hal lain yang berkaitan dengan eksistensi ataupun branding.

Sebab akses menuju kesana cukup mudah dinilai dari rate pengguna TikTok belakangan mulai naik.

Kemudian peluang untuk menjadi terkenal sangat besar, itulah alasan kenapa banyak user TikTok yang belakangan makin di kenal orang-orang, karena konten mereka yang trending.

Tetapi hal yang tidak disadari pengguna berikutnya adalah tentang persoalan aplikasi. Mungkin mereka baru paham sekarang kalau ternyata ada dua versi TikTok yang tersedia di layanan Store.

Faktanya aplikasi berikut ada dua versi, dan masing-masing memiliki perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa.

Bagi yang penasaran, silahkan kalian perhatikan penjelasan dibawah ini.

Perbedaan TikTok Lite Dengan TikTok Biasa

Poin perbedaan bakal kita bagi menjadi beberapa kasus, pertama dari ukuran file, kemudian yang kedua tampilan, fitur yang dipangkas, perbedaan durasi, dan istilah dalam masing-masing aplikasi.

Nah banyak yang gak sadar kalau ternyata mereka saat ini pasang aplikasi TikTok berbeda versi, maksudnya mungkin ada yang mengira aplikasi TikTok versi Reguler, ternyata adalah Lite. Dan sebaliknya.

Untuk yang ingin tahu lebih dalam soal aplikasi TikTok berikut, silakan kenali perbedaannya di bawah ini.

1. UkuranPerbandingan Ukuran

Perbedaan TikTok Lite dengan TikTok biasa yang pertama dari segi ukuran, kalau kita perhatikan jenisnya, mungkin akan tahu siapa yang mempunyai versi lebih compact dan berukuran kecil.

Istilah Lite sendiri sering diartikan sebagai aplikasi versi compact, jadi sudah bisa dipastikan kalau TikTok Lite mempunyai ukuran lebih kecil ketimbang versi Reguler. Detail lengkapnya akan kita cantumkan di bawah ini :

  • Tiktok Lite : 82 Mb
  • Tiktok Reguler : 250 Mb

Versi Lite memang cocok terpasang di dalam ponsel yang ukuran memorinya minimalis.

2. TampilanLogo Tiktok Lite Dan Tiktok Biasa

Poin berikutnya yaitu dari segi tampilan, sebenarnya antara kedua versi ini masing sama-sama memakai mode user interface atau UI. Di Dalam aplikasi, sudah tersedia 5 tombol tab utama yang letaknya ada di bagian bawah.

Tombol tersebut terdiri dari Home, Search, Tambahkan/Upload, Inbox dan terakhir paling kanan ada Profil. Meski sama-sama memiliki 5 tombol utama, yang membedakan yaitu terletak di bagian icon atau simbolnya.

Untuk TikTok Lite pada bagian tombol Inbox mereka menggunakan gambar berbentuk petir, dan versi TikTok Reguler bagian ini menggunakan tombol bentuk amplop.

Lalu yang berikutnya aplikasi TikTok Lite memiliki icon tambahan logo petir dengan warna putih terang, sedangkan TikTok Reguler tidak ada apa-apa alias alias Hitam gelap.

3. Tersedia Laman FYP

Pertama kali kita buka aplikasi TikTok baik versi Lite ataupun Reguler, keduanya sama-sama langsung menampilkan preview video di laman For Your Page.

Kedua aplikasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan yang sama, jadi pengoperasian pada laman FYP ini kurang lebih mirip.

Pengguna akan disuguhkan dengan video berdurasi pendek, lalu swap ke atas untuk mengganti list video berikutnya.

Selain TikTok Lite, kamu juga berkesempatan mendapatkan uang melalui aplikasi Snack Video. Instal melalui link ini sekarang!

4. Pemangkasan FiturPerbedaan Fitur

Perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa bisa kita rasakan pada bagian fitur. Ternyata banyak juga tools yang absen mampir di versi TikTok Lite tetapi di dalam versi Reguler semua fitur ini ada. Seperti fitur Block List, Digital Wellbeing, LivePhoto, dan Wallet.

Kemudian di dalam menu Privasi, TikTok Reguler juga mempunyai banyak pilihan opsi untuk membatasi interaksi dari pengguna lain. Sedangkan untuk versi Lite mereka hanya disediakan 3 opsi pilihan yaitu blokir orang lain, mode akun privat dan mengizinkan orang tertentu untuk mencari profil mereka.

Selanjutnya ada fitur yang dipangkas lagi yaitu React dan Duet, di dalam versi Lite kalian tidak akan menemukan tombol tersebut.

5. DurasiPerbedaan Durasi

Yang terakhir adalah, pengguna akan merasakan perbedaan ketika mereka mengunggah konten karena antara Lite dengan Reguler memiliki durasi video yang berbeda.

Untuk Lite hanya tidak ada fitur MV sedangkan Reguler bisa sampai 30 detik 60 detik dan MV.

Belum tahu kode undangan milikmu di TikTok Lite ? Begini panduan dan tutorial tentang cara melihat kode undangan TikTok Lite milik sendiri.

Instal TikTok Lite

Gimana sudah tahu kan perbedaan antara TikTok Lite dengan TikTok Biasa. Memang salah satu perbedaan yang signifikan adalah ukuran aplikasi.

Dimana TikTok Lite memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu hanya 82 Mb. Selain itu, TikTok Lite sedang mengadakan event untuk mendapatkan poin hanya dengan menonton video.

Kamu bisa mendapatkan poin tambahan dengan memasukkan kode undangan TikTok Lite atau jika ingin otomatis, silahkan instal melalui tombol di bawah.

Poin TikTok Lite dapat dicairkan melalui Transfer Bank, OVO, dan DANA.

⬇️⬇️⬇️ Klik Tombol Di Bawah ⬇️⬇️⬇️

Instal TikTok Lite sekarang!

*Keterangan : Jika instal melalui tombol di atas, maka kamu akan mendapatkan 100.000 poin secara otomatis.

Akhir Kata

Jadi kurang lebih seperti itulah perbedaan TikTok Lite dengan TikTok Biasa yang bisa kita sajikan diatas.

Mungkin dari pendapat admin pribadi, advantage kedua perbedaan yang paling menonjol adalah ukurannya, versi Lite bisa lebih ringan dan Reguler ukurannya jauh lebih besar.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.