Cara Monetisasi Akun TikTok untuk Pemula

Cara Monetisasi Akun TikTok untuk Pemula 7
Cara Monetisasi Akun Tiktok Untuk Pemula

Pencapaian sebuah akun terutama untuk platform seperti TikTok adalah ketika mereka sebagai pengguna dapat memonetisasi akun untuk mendapatkan uang.

Sudah bukan jadi rahasia lagi, kalau platform media sosial seperti TikTok dapat menghasilkan uang bahkan dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk itu kita disini akan bahas seputar cara monetisasi akun TikTok untuk pemula. Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari TikTok dan kami akan membahas secara lengkap pada konten artikel ini.

TikTok

Banyaknya pengguna TikTok dapat menjadi peluang besar buat mereka yang ingin menghasilkan uang di era yang sudah serba digital ini.

Pengenalan TikTok di Indonesia dulu sempat sangat struggle, dari awal menuai kecaman hingga berujung pemblokiran akses.

Kini TikTok kembali diterima masyarakat karena image dan branding baru buat platform TikTok yang lebih maju.

Aplikasi berikut dikembangkan di China oleh developer bernama ByteDance. Mereka merancang TikTok sejak tahun 2016 silam.

Lalu tidak membutuhkan waktu yang lama, selang satu tahun TikTok dikenalkan ke publik, aplikasi ini langsung sukses menarik sebanyak 100 ribu orang pengguna hanya di negara China saja.

Hingga pada akhirnya, mereka melakukan branding ulang, demi pangsa pasar global yang cakupannya jauh lebih besar.

Admin yakin, sebagian pengguna sudah cukup kenal dekat dengan keberadaan Tiktok ini, tanpa lama-lama lagi kita mulai masuk ke segmen cara monetisasi akun Tiktok untuk pemula.

Tips TikTok:

Mau download video TikTok tanpa watermark? Kami sudah pernah mengulas cara download video TikTok no watermark tanpa harus install aplikasi tambahan.


Cara Monetisasi Akun Tiktok untuk Pemula

Kapan lagi kita bermain sosial media tetapi dibayar bahkan bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Dari sekian banyaknya media sosial, TikTok termasuk salah satu platform yang memberikan kepada content creator untuk mendapatkan uang.

Dengan-dengar TikTok memiliki sistem yang hampir mirip dengan YouTube, jadi para content creator akan mendapatkan penghasilan melalui iklan.

Selain itu, TikTok juga menyediakan fitur “Donasi“, jadi saat content creator melakukan live streaming. Para penonton dapat memberikan koin, dimana 100 koin setara dengan $1.39.

Tetapi privilege tersebut hanya untuk orang-orang tertentu yang memang memiliki pengikut jutaan bahkan puluhan juta followers.

Buat kamu yang terhitung masih pemula dalam duni perTikTok-an. Masih banyak kok cara untuk menghasilkan uang dari bermain TikTok ini. Dan berikut adalah beberapa alternatifnya:

  1. Jual barang lewat Tiktok.
  2. Membuka Paid Promote atau endorse.
  3. Donasi ketika melakukan live.
  4. Jual beli akun Tiktok.
  5. Agensi influencer.
  6. Sponsor atau built-in akunmu.
  7. Dan menjadi jasa Tiktok Marketing atau pengelola Tiktok.

Ulasan lengkap bisa kalian simak dibawah ini :

1. Jual Barang Lewat Tiktok

Berjualan Di Tiktok

Mempromosikan barang dagangan kita lewat media sosial adalah opsi yang cukup menjanjikan karena taktik pemasarannya jauh lebih luas.

Kita bisa menjangkau banyak orang bahkan tanpa perlu effort yang besar. Belum lagi dibantu dengan laman baru yang beberapa bulan lalu TikTok luncurkan, yaitu TikTok Shop

Mereka tahu bahwa kebanyakan pengguna di platform TikTok sering kali mempromosikan barang dagangan masing-masing. Alhasil TikTok mengeluarkan laman khusus yakni TikTok Shop yang bisa langsung kamu akses di atau buat lewat akun pribadi.

Sistemnya jadi jauh lebih ringkas, pengguna tinggal pilih barang yang ingin dibeli, kemudian checkout lalu terakhir selesaikan pembayaran.

Bagaimana ingin mencobe berjualan di TikTok dengan TikTok Shop? Silahkan kamu ikuti panduan cara membuat akun TikTok Shop dengan mudah dan tanpa syarat apapun.


2. Membuka Paid Promote Atau Endorse

Analisis Akun

Untuk membuka jasa paid promote atau endorse, kalian tentu harus memenuhi beberapa kriteria sesuai permintaan client. Kebanyakan akun sudah memiliki followers yang cukup dan banyak buat membuka akses awal.

Kemudian jumlah per view setiap unggahan video terlihat sangat aktif serta ramai. Lewat engagement rate yang bagus tersebut, dapat menarik client untuk istilahnya menitipkan barang kepada content creator TikTok dengan tujuan produk tersebut bisa lebih dikenal banyak orang.

Untuk meningkatkan akun menjadi kelas influence, kalian harus rajin mengunggah konten menarik, melakukan branding karakter masing-masing, dan tentunya tidak memposting konten yang original.


3. Donasi Ketika Melakukan Live

Lakukan Live Streaming

Seperti yang kami utarakan sebelumnya, TikTok menghadirkan fitur “Donasi” ketika kita melakukan live streaming.

Hampir mirip dengan platform lain seperti Twitch atau Facebook, pengguna dapat melakukan streaming entah itu Daily Activity atau Streaming Game. Kemudian para penonton dapat memberikan koin sebagai Gift.

Dimana jika kita sudah mengumpulkan banyak koin dari Gift tersebut. Para content creator dapat menukarkannya menjadi uang.

Mau coba live streaming di TikTok? Kita sudah siapkan panduan lengkap tentang cara live streaming di TikTok dengan mudah.


4. Jual Beli Akun TikTok

Kegiatan transaksi jual beli akun media sosial sudah menjadi rahasia umum. Mereka yang bertugas menjadi pengelola, harus membuat akun sesuai dengan minat, lalu tugas selanjutnya adalah mencari followers, like, dan jumlah tayang agar engagement akun bagus.

Setelah akun menjadi besar, kesempatan ini yang kemudian mereka gunakan untuk menjual ke perusahaan atau brand agar diambil alih.

Sasaran pengelola jual beli akun ini adalah buat para brand yang kesulitan membangun akun dari nol.

Dan buat pemegang jasa, PR paling berat adalah membangun komunitas dengan berbagai topik atau minat tertentu.

Tips TikTok:

Mau belanja di TikTok Shop dengan banyak barang? Kami sudah pernah membahas cara belanja di TikTok lebih dari satu barang.


5. Agensi Influencer

Influencer Tiktok

Poin kelima ini sangat berhubungan dekat dengan pembahasan nomor dua. Untuk agensi influencer ini kamu gak perlu yang namanya membangun akun dari nol, atau mencari engagement yang baik.

Jasa agensi influencer ini cukup mempelajari sistem dalam TikTok, dan menjalin relasi kepada brand-brand besar di luar sana.

Karena tugas dari agensi ini sendiri adalah menjembatani dengan para influencer demi tujuan deal yang disepakati.

Agensi akan mendapatkan keuntungan lewat biaya potongan dari hasil kesepakatan dengan influencer.

Bahkan jika bisnis ini jalan berkelanjutan, agensi bisa menawarkan management untuk memegang pengelolaan traffic brand ke akun content creator.


6. Sponsor Atau Built-in

Kurang lebih mirip dengan sistem endorse atau paid promote. Bedanya built-in ini akan terus menjadi pendamping brand utama kreator dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungannya adalah built-in biasanya tergolong dari brand-brand yang sudah besar. Kreator akan merasa tercukupi karena rentan waktu built-in itu jauh lebih panjang.

Otomatis pendapatan yang dihasilkan juga sangat besar, dan kreator bisa menjadikan akun mereka buat proposal ke brand lain mengandalkan modal built-in sebelumnya.


7. TikTok Marketing Atau TikTok Builder

Agency Influencer

Sekarang lagi banyak yang membutuhkan jasa TikTok Builder baik untuk mengelola akun ataupun mengembangkan akun.

TikTok Builder ini yang bertanggung jawab atas semua isi konten, seperti mengunggah, memasukkan caption, optimasi konten, dan sebagainya.

Kamu bisa menjadi TikTok Builder dengan bermodalkan ilmu tentang media sosial. silahkan dipelajari logaritma TikTok agar kamu lebih ahli dalam mengelola akun.

Dapat Uang dari TikTok:

Ingin mendapatkan uang dari TikTok secara instan? Coba masukkan kode undangan TikTok (bagi pengguna baru).


Tips Monetisasi Akun Tiktok

Gunakan Hashtag

Karena pembahasan kita kali ini tentang cara monetisasi akun TikTok untuk pemula. Di bawah akan kita sediakan kriteria akun yang dapat menjangkau monetisasi dari TikTok.

  1. Silahkan isi keterangan informasi diri di dalam Bio, seperti minat, hobi dan keterangan yang menarik.
  2. Interaktif dengan user lain, misalnya saling follow.
  3. Bikin ide konten yang menarik, usahakan sesuai dengan minat serta topikmu, agar dapat membangun komunitas.
  4. Buat konten yang original.
  5. Rajin menggunakan hastag agar videomu mudah dicari oleh orang dan masuk fyp.
  6. Ikuti trend viral namun lewat unggahan video.
  7. Komentar di konten yang sesuai referensi topikmu.
  8. Bagikan kontenmu ke platform media lain.
  9. Branding karakter sesuai yang kamu inginkan.

Optimasi Monetisasi Akun

Share Ke Sosmed Lain

Poin-poin diatas termasuk alur garis besar akun menuju monetisasi. Untuk mewujudkannya, kita harus optimasi lebih dalam tugas serta hal-hal apa saja yang perlu dilakukan.

  1. Buat konten yang sedang viral, karena kemungkinan videomu masuk laman FYP di TikTok sangat besar.
  2. Masukkan caption setiap unggahan video, tentu dengan caption yang tepat dan masih berhubungan dengan topik unggahanmu.
  3. Memakai hastag di setiap unggahan, kamu bisa manfaatkan hastag FYP atau foryourpage untuk mendongkrak konten masuk ke laman utama. Selain itu penggunaan hastag juga dapat memudahkan orang lain menemukan di laman pencarian.
  4. Menggunakan lagu yang sedang viral TikTok. Tidak dapat dipungkiri, lagu viral bisa mengangkat konten video karena di dalam logaritma TiKTok…lagu tertentu sering digunakan untuk challenge atau jenis konten khusus.
  5. Upload konten di jam fyp TikTok. Menggungah konten TikTok di jam ketikan banyak pengguna TikTok yang aktif akan dapat meningkatkan engagement rate.
  6. Interaktif. Ketika kontenmu banyak yang komentar silahkan balas satu per satu demi meningkatkan tingkat kepercayaan user kepadamu. Selain itu interaktif juga dapat menjadi branding bahwa kamu terlihat humble di masyarakat.
  7. Kolaborasi dengan kreator lain. Untuk mendongkrak akun kamu bisa melakukan kolaborasi dengan kreator lain. aktivitas ini sudah sering dilakukan di YouTube.
  8. Konsisten dalam membuat konten. Followers lebih suka kreator yang konsisten karena mereka selalu menanti video-video baru yang kamu unggah. Dengan catatan buat konten semenarik mungkin.
  9. Promosikan video ke media sosial lain. Cara ini termasuk cara mudah dan gratis memperkenalkan akunmu ke orang lain.
Baca Juga:

TikTok mengeluarkan aplikasi TikTok versi Lite. Lalu apa perbedaannya dengan TikTok Original? Silahkan temukan jawabannya di konten artikel perbedaan TikTok Original vs TikTok Lite.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara monetisasi akun TikTok untuk pemula. Setelah ini lakukan kegiatan produktif agar TikTok bisa menjadi peluang usaha yang menghasilkan banyak uang. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.