Cara FYP Di TikTok

Cara FYP DI Tiktok

Masuk FYP menjadi banyak tujuan orang membuat video di TikTok. Namun, masih sedikit orang yang mengetahui cara FYP di TikTok.

Jika berbicara soal sosial media, biasanya yang terlintas di kepala adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun, tidak lama ini ada sebuah media sosial yang digandrungi oleh banyak orang.


Pada tahun 2016 aplikasi yang satu ini resmi diluncurkan dan berselang beberapa tahun setelah itu, TikTok menjadi salah satu aplikasi yang tidak dapat lepas dari handphone orang-orang.

Sosial media yang satu ini cukup berbeda dan unik dari sosial media lainnya. Tidak seperti Instagram atau Twitter yang lebih berfokus pada foto dan tulisan.

TikTok sama seperti YouTube berfokus pada unggahan video-video buatan content creator. Bedanya dengan YouTube, TikTok membatasi video yang dapat diunggah hanya satu menit saja.

Walaupun merepotkan membuat video yang hanya berdurasi satu menit. Nyatanya, keterbatasan tersebut membuat TikTok menjadi populer.

Keterbatasan waktu membuat banyak content creator menjadi lebih kreatif dan unik dalam membuat video. Dari segi penonton video pun, video yang berdurasi singkat dapat lebih menarik.

Karena singkat penonton dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan terhibur dari video tersebut.

Nah, kehadiran sosial media baru yang satu ini membuat banyak orang, termasuk orang Indonesia berlomba-lomba membuat video semenarik mungkin yang dapat dilihat oleh banyak orang.

Biasanya banyak video yang menggunakan istilah FYP atau For You Page. Artinya video tersebut dapat muncul di halaman aplikasi orang-orang.

Salah satu hal yang dapat membuat orang-orang frustasi adalah algoritma milik TikTok sangat tidak terduga. Jadi, memang kadang video yang diunggah bisa ditonton oleh ratusan ribu orang dan ada juga video yang dapat ditonton oleh sedikit orang saja.

Tentunya makin banyak penonton yang menonton video kamu. Maka, semakin populer juga akun milik kamu. Jadi, video FYP (For You Page) memang menjadi hal yang penting setiap kali mengunggah video. 

Tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini, kami akan membahas bagaimana cara FYP di TikTok. Langsung saja kita simak bagaimana caranya di bawah ini.

Apa Itu FYP ?

FYP atau For You Page adalah sebutan untuk kolom “For You” di beranda TikTok.

Istilah ini biasanya digunakan untuk hashtag atau tagar dengan tujuan agar video masuk ke kolom FYP. Video yang berhasil masuk ke FYP adalah video viral dengan banyak likes dan viewers.

Tidak hanya satu video yang direkomendasikan, untuk masuk halaman FYP. Namun, akan ada banyak sekali video yang menjadi rekomendasi untuk ditonton.

Biasanya video yang muncul di FYP adalah video yang menjadi minat kamu. Misalnya kamu banyak menonton video tentang anim. Maka, kemungkinan besar video selanjutnya yang akan muncul sesuai dengan video tersebut.

Meskipun begitu, tidak semua video yang masuk FYP kamu adalah video dengan tema kesukaan kamu. Namun, video yang masuk ke FYP juga video yang populer. Sehingga, video dengan konten apa saja, bisa muncul di FYP.

Mulai dari video lipsing, dance, challenge, video masak, hingga curhat. Jadi tidak selalu video yang menjadi minat kamu saja.

Mau dapat uang dari TikTok ? Coba simak informasi selengkapnya di cara mendapatkan uang di event TikTok.

Cara FYP Di TikTok

Ada beberapa cara FYP di TikTok yang bisa kamu coba. Sebaiknya kamu mencoba menggunakan semua cara-cara ini.

Kalaupun video kamu akhirnya tidak FYP, jangan menyerah karena ada banyak faktor untuk membuat video FYP. Nah, kalau begitu langsung saja kita simak cara FYP di TikTok. 

1. Membuat konten yang dapat meningkatkan engagement.

Konten yang bisa meningkatkan engagement. Di sini, kamu bisa membuat dan mencari ide-ide menarik dan juga membuat video sekreatif.

Dalam memilih konten yang tepat tentunya kamu harus bisa membuat video yang dapat diterima oleh banyak orang.Pastikan ide konten unik, berbeda dari yang lain, dan memiliki ciri khas.

Selain itu, perhatikan juga pengambilan gambar atau angle, serta penerangan.

Cara FYP Di Tiktok

2. Ikuti Tren dan Challenge.

Sama seperti di dunia nyata, tren di TikTok juga sangat beragam. Oleh karena itu, kau harus melek dengan tren yang sedang terjadi.

Karena tren bisa sangat cepat berganti, pastikan kamu selalu menyadari trend yang sedang populer di Tiktok.

Cara FYP Di TikTok 8

3. Membuat caption yang unik dan menarik.

Walaupun fokus utama Tiktok adalah videonya, tetapi pastikan kalau caption yang kamu buat di video juga tidak kalah menarik ya.

Cara FYP Di TikTok 9

4. Perhatikan pemilihan hashtag.

Dengan menggunakan hashtag yang populer, video kamu juga bisa ikut populer juga. Penggunaan hashtag atau tagar ini tujuannya untuk mempermudah video kamu dilirik oleh orang-orang.

Cara FYP Di TikTok 10

5. Menggunakan lagu dan sound yang viral.

Salah satu keunikan TikTok dibandingkan YouTube adalah pilihan lagu yang dapat digunakan oleh semua orang. Sama seperti hashtag, sound yang satu ini memiliki kepopuleran masing-masing.

Untuk Top Chart lagu viral dapat kamu dapatkan urutan lengkapnya di postingan lagu TikTok viral dan terbaru.

Cara FYP Di TikTok 11

6. Memperhatikan Waktu Upload Video.

Cara FYP di TikTok berikutnya adalah memperhatikan waktu upload video. Seperti yang diketahui, bahwa setiap media sosial memilih waktu terbaiknya sendiri-sendiri.

Waktu terbaik upload video di TikTok. Jam 12.00 – 13.00 siang, jam 16.00 sore, dan jam 19.00 – 23.00 malam.

Untuk lebih lengkapnya terkait waktu terbaik upload konten di TikTok, silahkan baca jam dan jadwal FYP untuk TikTok.

7. Perbanyak interaksi.

Jangan hanya fokus mengunggah video-video baru saja. Pastikan kalau kamu juga aktif berinteraksi dengan orang-orang. Bisa dengan membalas komen, melike komen, dan sebagainya.

TikTok mengeluarkan aplikasi versi Lite. Inilah beberapa perbedaan TikTok dengan TikTok Lite.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara FYP di TikTok yang dapat kamu coba. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Pastikan mencoba seluruh cara FYP di Tiktok yang sudah kamu berikan ya.

Semangat dan jangan putus asa bila video kamu belum masuk FYP. Sekian artikel kali ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk orang-orang. 

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.