Arti Istilah Chatting di WhatsApp

Istilah Chatting dalam WhatsApp
Istilah Chatting dalam WhatsApp

Bagi pengguna aplikasi pesan instant WhatsApp pasti sering melihat lawan chat kita mengirim pesan yang sebagian dari kita belum paham maknanya.

Misal : Ping, VC, TC, PC, PM, Up, dan juga beberapa istilah  populer di WhatsApp lainnya.

Istilah-istilah tersebut kerap di gunakan oleh pengguna dari kalangan anak muda. Namun begitu, masih banyak di antara pengguna yang masih awam dengan istilah-istilah kekinian tersebut.

Penggunaan istilah-istilah seperti ini, umumnya digunakan oleh kalangan pekerja, pelajar, mahasiswa, hingga para pengusaha.

Nah, untuk itu mari kita cek beberapa arti istilah chatting di Whatsapp yang paling sering dipakai oleh orang-orang.

Arti Istilah Chatting di WhatsApp

1. Arti PM di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 25

Arti istilah chatting di WhatsApp yang pertama adalah PM.

PM merupakan kependekan dari Private Message yang berarti pesan pribadi. Istilah ini sering dijumpai saat kita menanyakan sesuatu yang sifatnya rahasia.

Misal, kita menanyakan harga suatu barang di grup jual beli dengan anggota grup lain, maka sering kali akan memperoleh jawaban “silahkan PM untuk detail harganya” atau “harganya di PM yaa“.


2. Arti Ping di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 26

Ping kurang lebih maksudnya sama seperti TC, yang mana bertujuan untuk mengetahui apakah orang yang sedang kita kirim pesan sedang online atau tidak.

Ping juga dapat berarti urgent atau mengidikasi agar penerima pesan mohon segera membalas pesan ini.


3. Arti PC di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 27

Istilah selanjutnya yang punya arti hampir mirip seperti istilah PM, yaitu PC (Kepanjangan PC = Personal Chat). PC ini juga sering diartikan sebagai pesan pribadi, namun bisa dikondisi tidak formal.

Baca Juga :

Ingin mendownload story WhatsApp ke dalam galeri HP ? Kami sudah pernah membahas cara download status WhatsApp teman dengan mudah.


4. Arti GC di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 28

GC diartikan dengan Group Chat atau Grup WhatsApp. Namun, GC pada WhatsApp juga bisa diartikan dengan maksud Gerak Cepat.


5. Arti TC di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 29

Arti istilah chatting di Whatsapp adalah kata TC. TC adalah singkatan dari Test Chat. Jika diterjemahkan, kurang lebih berarti mengetes obrolan.

Maksud dari pesan ini adalah untuk mengetahui apakah orang yang sedang kirim pesan di WhatsApp sedang online atau tidak.


6. Arti VC di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 30

VC adalah singkatan dari Voice Call, yang artinya panggilan suara. Tujuannya biasanya untuk meminta seseorang menelepon kita via panggilan WhatsApp atau sebaliknya.


7. Arti VN di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 31

VN ini kalau saya pribadi biasanya sering ketemu di grup-grup. Buat yang belum tahu, VN adalah singkatan dari voice note, artinya pesan suara.

Baca Juga :

Mau mengirim pesan ke nomor WhatsApp sendiri ? Kamu berikan tutorial cara kirim pesan WA ke nomor sendiri.


8. Arti Available di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 32

Arti istilah chatting di Whatsapp selanjutnya adalah kata Available. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia available in maksudnya adalah Tersedia.

Maksudnya adalah kontak yang menggunakan status ini sedang tersedia untuk dikirimi sebuah pesan meskipun mereka sedang tidak online.


9. Arti Busy di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 33

Selain kata Available, tentu kamu juga sering melihat kontak WhatsApp temanmu dengan status Busy. Jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, Busy artinya sibuk.

Jadi, kontak WhatsApp temanmu yang menggunakan status Busy ini benar-benar tidak bisa diganggu.


10. Arti Pesan Huruf P di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 34

P merupakan singkatan dari ping. Bisa berarti urgent atau penting, tetapi penggunaan singkatan ini sering dianggap tidak sopan karena tidak memikirkan situasi penerima pesan dan terkadang dinilai mengganggu.


11. Arti PAP di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 35

PAP sendiri artinya adalah post a picture atau dalam bahasa Indonesia berarti kirimkan foto. Istilah ini awalnya sering digunakan di media sosia Ask FM dan berlanjut ke pengguna WhatsApp.


12. Arti OTW di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 36

Otw merupakan singkatan dari On The Way, yang artinya dalam perjalanan. Dengan istilah ini tentu dapat mengehemat kata yang kita ketik agar lebih cepat memberi kabar.


13. Arti SW di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 37

SW adalah singkatan dari Story Whatsapp, yakni status aplikasi chatting WhatsApp yang bisa dilihat melalui menu status.

Baca Juga :

Aplikasi WhatsApp menyediakan mode gelap. Ingin mengaktifkannya ? Ikuti tutorial mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp.


14. Arti Deliv / Delive di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 38

Deliv akronim dari Delivered atau jika dalam bahasa Indonesia adalah Pesan Terkirim. Pada aplikasi tersebut setelah kita mengirim pesan, akan memperlihatkan informasi pengiriman pesan dengan tanda Centang WhatsApp.


15. Arti COD di WhatsApp

Arti Istilah Chatting di WhatsApp 39

Arti istilah chatting di WhatsApp yang terakhit adalah COD.

Singkatan dari COD berarti Cash on DeliveryCash on Delivery artinya pihak pembeli harus melakukan pembayaran kepada pihak penjual pada saat barang dikirim ke pihak pembeli.


Tabel Istilah WhatsApp

No.IstilahArti
1PMPrivate Message
2PingUrgent / Segera Balas
3PCPersonal Chat
4GCGroup Chat
5TCTest Chat
6VCVoice Call
7VNVoice Note
8AvailableTersedia
9BusySibuk
10PPing
11PAPPost A Picture
12OTWOn The Way
13SWStory Whatsapp
14DelivDelivery
15CODCash On Delivery
Istilah-istilah di dalam WhatsApp
Baca Juga :

Apa perbedaan WhatsApp Personal dengan WhatsApp Bisnis ? Kita pernah membahas perbedaan WhatsApp Personal vs WhatsApp Bisnis.


Penutup

Itulah arti istilah chatting di WhatsApp yang paling sering dipakai oleh orang-orang. Mungkin banya orang sudah memahami arti dari istilah-istilah yang ada di atas.

Namun, terkadang ada juga orang yang tidak terlalu memahami istilah tersebut. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat!

Indakhila Putri
Mahasiswa Universitas Swasta di Indonesia dan memiliki hobi menulis sejak muda. Selain menulis, membaca merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan. Indakhila juga menikmati kegiatan-kegiatan seperti traveling dan menonton film.