Cara Mengirim Pesan WhatsApp Ke Nomor Sendiri

Cara Mengirim Pesan WhatsApp Ke Nomor Sendiri 10
Cara Mengirim Pesan Whatsapp Ke Nomor Sendiri

Menjadi salah satu aplikasi chatting online berbasis id, WhatsApp menggunakan nomor telepon sebagai nama pengenalan akun. Jika kamu telah mendapatkan nomor tersebut dan kemudian menyimpannya, maka kamu sudah bisa menghubungi orang yang bersangkutan.

Tetapi apakah ada yang penasaran, kalau kita simpan nomor pribadi sendiri, WhatsApp akan mendeteksi sebagai akun asing?

Karena berdasarkan perilaku dan kebiasaan orang-orang dalam mengoperasikan aplikasi chatting itu suka mengirim atau forward pesan-pesan penting ke akunnya sendiri.

Kebiasaan tersebut sama artinya jika kita mengutip note di dalam aplikasi catatan, namun bedanya metode yang digunakan ini lebih twice lagi karena teknis penyimpanannya ada di dalam history chat ke akun kita sendiri.

Contoh kasusnya seperti kamu menerima pesan penting, atau menyiapkan konsep pesan yang ingin dikirimkan ke client. Tentu sebelum itu ada teknis perancangan agar pesan terlihat lebih rapi dan enak dibaca.

Nah, perancangan pesan tersebut tidak lewat aplikasi note, tetapi melainkan jendela chat yang terkirim ke nomor kita sendiri. Meski sebenarnya praktis lewat aplikasi note, namun entah kenapa orang-orang yang coba kita tanyakan alasan kenapa mereka mengirim konsep pesan tersebut ke nomornya sendiri juga tidak bisa berikan penjelasan yang logis.

Mostly mereka pada bilang jika sudah terbiasa pakai cara yang seperti ini. Tetapi pertanyaan utamanya adalah apakah bisa kita mengirim pesan ke nomor WhatsApp kita sendiri? Kalau dilihat dengan cara menyimpan nomor pribadi di kontak HP pun sebenarnya tidak akan muncul di kontak aplikasi WhatsAppnya.

Terus bagaimana cara mengirim pesan WhatsApp ke nomor kita sendiri?

Cara Mengirim Pesan WhatsApp Ke Nomor Sendiri

Meski secara teknis WhatsApp tidak memberikan layanan ini kepada penggunanya, tetapi kita masih bisa menggunakan metode hack yang aman untuk tetap bisa memunculkan jendela chat nomor pribadi di aplikasi WhatsApp.

Kurang lebih cara mengirim pesan WhatsApp ke nomor sendiri itu bisa dilakukan dengan tiga metode. Yang pertama pengguna dapat memanfaatkan link modifikasi WA.ME, kemudian yang kedua lewat info nomor yang ada di kontak HP, lalu yang terakhir memanipulasi grup chat.

Cara 1 : Menggunakan Link Modifikasi

Link WA.ME ini biasanya digunakan oleh sebagian orang dalam membuat kontak WhatsApp ID dalam bentuk barcode. Tetapi kita tidak akan membahas itu lagi, sebab kita sudah pernah membahas cara membuat link barcode WhatsApp di ulasan artikel yang lain.

  1. Silahkan kamu buka browser kamu.Buka Browser Kemudian Ketik Di Kotak Pencarian URL
  2. Klik kotak pencarian URL dengan format https://wa.me/(notelp), silahkan isi no telp dengan nomor HP pribadi kamu. Tetapi dalam penulisan nomor telepon tidak bisa diawali dengan 0 tetapi 62 untuk menggantikan kode 0.
    Contoh misalkan no HP kamu 085777232114 kamu harus tulis di link seperti ini https://wa.me/6285777232114.Setelah Memasukkan Format Link Lalu Pencet Enter
  3. Setelah dimasukkan tekan tombol Enter.
  4. Nanti kamu akan dibawa ke tampilan web seperti ini, silahkan pencet tombol Lanjutkan/Continue To Chat.Selanjutnya Tekan Tombol Click To Continue
  5. Jendela chat nomor kamu sudah muncul.Secara Otomatis Kamu Akan Dibawa Ke Jendela Chat Nomor Kamu
  6. Selesai.
Kapan akun WhatsApp kamu dibuat ? Inilah cara mengetahui kapan akun WhatsApp dibuat.

Cara 2 : Membuka Informasi Kontak HP

Cara mengirim pesan Whatsapp ke nomor sendiri bisa melalui info yang ada di aplikasi kontak HP kamu. Meski nomor pribadi yang disimpan tidak akan muncul di dalam kontak aplikasi Whatsappnya, tetapi di dalam informasi detail kontak akan tersedia tombol untuk memulai chat dengan nomor tersebut.

  1. Silahkan buka dial HP kamu.
  2. Masukkan nomor pribadi kamu dan simpan.
  3. Setelah tersimpan buka dalam aplikasi kontak.Buka Menu Kontak HP Kamu
  4. Disana akan ditampilkan menu Chat dengan +6823……, ketuk menu tersebut untuk memulai chat.Buka Informasi Kontak Nomor Kamu Sendiri Ketuk Bagian Chat Dengan Nomor Whatsapp
  5. Secara otomatis kamu akan dibawa ke jendela chat nomor pribadimu.
Bosan dengan tampilan WhatsApp Web yang gitu-gitu saja ? Ikuti panduan cara ganti tampilan WhatsApp Web dengan yang lebih keren.

Cara 3 : Memanipulasi Group Chat

Yang terakhir ini kamu perlu membuat grup chat terlebih dahulu, anggaplah grup ini hanya formalitas saja, masukkan 1 kontak teman dekat kamu karena kontak tersebut nantikan di kick dan tersisa kamu sebagai admin saja.

  1. Buka aplikasi Whatsapp.
  2. Klik icon titik tiga di pojok kanan atas.Pencet Tombol Icon Titik Tiga Di Pojok Kanan Atas
  3. Silahkan pilih Grup Baru.Tekan Tombol Grup Baru
  4. Masukkan 1 anggota saja, kalau bisa teman dekat atau saudara, usahakan orang tersebut sudah kamu briefing untuk jadi perantara metode kali ini.Berikutnya Pencet Tombol Selanjutnya
  5. Isi nama grup dan foto profilnya, isi saja sebagai formalitas.Jika Sudah Tekan Tombol Centang Untuk Buat Grup
  6. Terakhir centang.
  7. Setelah grup terbuat, buka info grup.Buka Informasi Grup
  8. Ketuk dan tahan anggota grupnya.
  9. Kemudian pilih Keluarkan kontak.Pencet Keluarkan Lala
  10. Nah secara sekarang grup hanya menyisakan kamu saja, dan grup ini bisa dimanfaatkan sebagai chat kontak ke nomor pribadi.Sekarang Hanya Kamu Anggota Grup
  11. Selamat mencoba.
Bosan dengan tampilan WhatsApp Web yang gitu-gitu saja ? Ikuti panduan cara ganti tampilan WhatsApp Web dengan yang lebih keren.

Akhir Kata

Bagaimana cara mengirim pesan Whatsapp ke nomor sendiri sangat mudah bukan? kamu bisa pilih ingin pakai cara yang mana, setelah tiu terapkan di HP pribadi kamu sendiri. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.