Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 04 Juli 2017

Share:

Cara agar Komputer Tidak Restart Sendiri Karena Windows Update

pc komputer laptop restart otomatis

Windows 10 punya Windows Update.

Ia memperbarui apa yang lama dan usang. Seperti meningkatkan fitur, keamanan, atau performa komputer.

Windows Update memang sangatlah berguna.

Masalah pun muncul. PC atau laptop sering restart secara otomatis tanpa diketahui penyebabnya. Muncul pesan “Working on updates. Don’t turn of your computer.”

Penyebab komputer sering restart dengan sendirinya ternyata berasal dari Windows Update. Ketika updates secara diam-diam di-download, PC atau laptop akan me-restart dengan sendirinya untuk meng-install updates tersebut.

Bagi sebagian pengguna, hal ini sangatlah menyebalkan.

Berita bagusnya, sobat bisa mematikan restart otomatis ketika updates telah di-download. Sobat juga bisa mematikan fitur update otomatis sehingga Windows 10 tak lagi menguras kuota internet.

#1 Cara Mencegah PC/Laptop Restart Otomatis dengan Active Hours

Windows 10 biasanya akan me-restart PC atau laptop secara otomatis di jam kapan sobat meninggalkan komputer terlalu lama. Misalnya saat tengah malam.

Sayangnya, Windows 10 sering kali salah waktu. PC atau laptop bisa saja restart dengan sendirinya di jam kerja, yang justru malah sangat mengganggu pekerjaan.

Kalau sudah begini, sobat haruslah mengatur kapan jam aktif (active hours) sobat menggunakan komputer. Biasanya antara pukul 07.00 sampai 17.00.

Tapi set/tentukan saja menjadi 03.00 AM sampai 12.00 PM, untuk jaga-jaga kalau ternyata komputer restart sebelum pukul tiga dan membutuhkan waktu yang lama untuk proses install.

Buka Windows Update melalui aplikasi Settings.

Caranya, buka aplikasi Settings. Masuk ke Update & Security. Pilih Windows Update.

Pilih Change Active Hours.

agar pc laptop komputer tidak restart sendiri

Pilih waktu yang tepat. Dari pukul berapa hingga pukul berapa. Set saja beberapa jam sebelum jam kerja dimulai, dan beberapa jam setelah jam kerja selesai. Misalnya antara 03.00 AM sampai 12.00 PM.

agar pc tidak restart sendiri lagi

Klik Save.

Maka, nanti ketika proses download updates telah selesai, PC atau laptop akan me-restart secara otomatis di jam yang tepat. Jika men-set jam seperti contoh barusan, maka PC atau laptop akan me-restart antara pukul 12 malam hingga 3 pagi.

Sayangnya, cara ini tak akan efektif jika sobat harus menggunakan komputer selama 24 jam tanpa henti. Misalnya untuk keperluan download, upload, render animasi atau editing film, atau hal lain yang membutuhkan waktu yang lama.

Maka, sobat perlu solusi selanjutnya.

#2 Mencegah Komputer Restart Otomatis dengan Notifikasi

restart otomatis

Ketika waktunya restart, Windows 10 akan memberi notifikasi atau pemberitahuan di pojok kanan bawah layar yang meminta sobat untuk meng-install updates.

Hanya dengan cara ini, Windows 10 tak akan lagi berani me-restart PC atau laptop secara otomatis kecuali jika sobat yang melakukannya sendiri. Itu karena Windows Update sudah di-set untuk memberi notifikasi untuk restart, yang hanya dilakukan dengan izin sobat sendiri.

Untuk mengaktifkan fitur notifikasi ini, buka Settings > Update & Security > Windows Update.

Pilih Restart options.

Lalu aktifkan Show more notifications.

mencegah restart otomatis

Maka, PC atau laptop tak akan lagi me-restart secara otomatis.

#3 Memilih Tanggal dan Jam yang Tepat untuk Restart Otomatis

Sobat juga bisa membuat PC atau laptop agar restart secara otomatis sesuai jadwal detail yang sobat tentukan. Tanggal, jam, dan menitnya.

Untuk menggunakan fitur ini, masih di Settings > Update & Security > Windows Update.

Pilih Restart Options.

Pada Schedule a time, aktifkan dan ubah menjadi On.

restart otomatis

Pilih tanggal dan waktu yang tepat kapan komputer boleh me-restart secara otomatis. Pastikan hari dan waktu yang dipilih adalah waktu kosong di saat komputer tidak digunakan.


Seketika itu, PC atau laptop sobat tak lagi me-restart secara otomatis.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.