Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 16 Juni 2017

Share:

Apa itu Windows Update? Apa Gunanya? Apa Fungsinya?

proses download selesai

Windows 10 yang sudah dikenal sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft, menghadirkan berbagai fitur yang sangat berguna dan memudahkan. Dunia produktivitas, kreativitas, dan bisnis terbantu karena Windows 10.

Salah satu yang mendorong Windows 10 untuk selalu berkembang adalah Windows Update.

Tapi, apa itu Windows Update?

#1 Apa itu Windows Update? Apa Fungsi Windows Update?

proses download selesai

Windows Update adalah fitur di mana sobat bisa men-download updates untuk Windows 10. Updates yang di-download mampu memberikan peningkatan terhadap keamanan, fitur, dan kinerja Windows 10.

Makanya, jika PC/laptop Windows 10 sobat sudah kadaluwarsa, misalnya masih menggunakan Windows 10 versi awal, apalagi Windows 8/8.1, maka PC/laptop pun akan bekerja dengan performa yang lambat, dengan fitur lama, dan dengan keamanan yang kurang aman.

Efek yang paling krusial adalah driver hardware. Jika driver (contoh: VGA) kurang up-to-date, maka bug atau error tak akan berkurang atau teratasi. Tidak bisa mengubah kecerahan layar hanya salah satu contohnya.

Karena itu pula, mematikan Windows Update sangatlah berbahaya. Ketika Windows Update dimatikan, maka updates akan tertimbun. Ketika tertimbun, maka akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk men-download dan install-nya.

Windows 8 sendiri adalah sistem operasi yang gagal, dan jika sobat masih menggunakannya, disarankan untuk langsung meng-upgrade ke Windows 10. Atau, downgrade ke Windows 7 karena lebih baik.

#2 Windows Update Berjalan secara Otomatis, dan Bikin Boros Kuota

proses download selesai

Windows 10 didesain sedemikian rupa agar sepenuhnya “modern”. Di zaman modern ini, semua perangkat (laptop, smartphone, tablet, smartwatch, dsb) bekerja secara online, yang tentunya membutuhkan koneksi internet.

Windows Update sama halnya dengan System Updates pada Android. Bedanya, Windows adalah sistem operasi PC/laptop, yang tentu berbeda dengan Android yang bekerja di smartphone. Manufaktur smartphone, misalnya Samsung, Xiaomi, Asus, dan lainnya, memberikan updates reguler untuk smartphone Android pabrikannya, yang tentunya berguna bagi smartphone tersebut.

Semua sistem operasi modern (Windows, Android, iOS) memiliki fitur sinkronisasi online, yang nantinya bertugas memberikan notifikasi dan memungkinkan mult-tasking bekerja lebih baik.

Konyolnya, dalam hal PC/laptop, kebanyakan user tak peduli dengan sistem operasi yang mereka gunakan. Tak peduli jika Windows 10 yang mereka gunakan ternyata kadaluwarsa, dan perlu updates.

Alasannya sederhana: menghabiskan kuota, dan membuat boros kuota internet.

Tapi, sobat bisa mematikan update otomatis di Windows 10. Caranya pun mudah. Hal ini akan memungkinkan proses update bisa ditunda, dalam jangka waktu tertentu. Saat sudah siap untuk men-download, ya tinggal download.

#3 Cara Update Windows 10 secara Manual di Windows Update

Untuk men-download updates Windows 10 lewat Windows Update, sobat memerlukan jaringan WiFi dengan kecepatan internet yang agak cepat, dan tak terlalu lambat. Yang paling penting, kuota internetnya masih banyak. Kalau bisa, unlimited.

Buka Settings dengan membuka Start menu terlebih dahulu.

cara download windows update

Kemudian masuk ke Update & Security. Masuk ke tab Windows Update.

update & security windows update

Langsung klik Download jika sudah siap untuk meng-update. Jika tidak ada update yang tersedia, coba klik Check for updates.

Proses download bisa memakan waktu yang lama. Tergantung kecepatan internet, dan berapa size file updates yang di-download. Semakin banyak updates yang tersedia untuk di-download, semakin lama proses download-nya.

proses download selesai

Ketika proses download selesai, maka sobat perlu me-restart PC/laptop. Proses restart ini mengindikasikan bahwa updates sedang di-install.

Working on Updates, Don’t Turn Off Your Computer

Working on Updates, Don’t Turn Off Your Computer

Proses ini akan berjalan agak lama, atau sangat lama. Makanya, pilih waktu yang tepat untuk mulai proses restart. Kalau ternyata PC/laptop ingin digunakan untuk mengerjakan tugas dadakan misalnya, maka lebih baik jangan restart.

#4 Cara Ubah Kapan Restart Otomatis Dimulai

Setelah proses download, Windows Update akan melakukan restart secara otomatis. Jika sobat sedang menggunakan PC/laptop sobat, Windows Update tak akan me-restart secara otomatis.

Bagusnya lagi, Windows Update memiliki fitur Active Hours. Fitur ini berfungsi untuk mengatur kapan jam-jam aktif sobat menggunakan komputer. Nah, Windows Update tak akan me-restart secara otomatis ketika di jam tersebut.

Untuk mengatur Active Hours, klik Change Active Hours.

active hours restart otomatis

Lalu pilih dari kapan, sampai kapan, sobat biasanya menggunakan komputer.

update otomatis

Sobat juga bisa mengatur kapan waktu yang tepat Windows Update me-restart PC/laptop secara otomatis untuk meng-install updates. Klik Restart Options.

mengubah kapan restart otomatis dimulai

Lalu pilih jam dan hari yang tepat untuk restart otomatis. Akan lebih baik untuk memilih waktu tepat tengah malam. Sehingga ketika pagi tiba, proses instalasi updates telah selesai.


Itulah cara meng-update Windows 10 lewat Windows Update. Proses update bisa berjalan dalam waktu yang lama, dan menghabiskan banyak kuota internet. Karena itu, pahami dulu dan atur bagaimana Windows Update bekerja. Dengan begitu, hidup akan menjadi lebih mudah dan memudahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.