Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 02 Februari 2017

Share:

Komputer/Laptop Lambat? Ini 9 Penyebab Mengapa Laptop/Komputer Jadi Lambat

komputer lemot lambat penyebab

(image: news.filehippo.com)

Siapa yang kesal ketika mendapati komputer pribadi, PC, laptop, atau notebook yang digunakan itu lambat, dan semakin melambat. Komputer yang kita gunakan selalu memiliki penyebab tersendiri yang mengakibatkan komputer itu sendiri menjadi lambat.

Sobat mungkin tengah kebingungan. Ternyata PC yang digunakan, padahal baru beli, itu melambat. Komputer atau laptop yang sobat gunakan dapat menjadi lambat karena penyebab-penyebab tertentu yang sebenarnya tak selalu sulit untuk dicari solusinya.

Tapi ada pula komputer yang menjadi lambat memang karena hardware-nya. Juga kadang ada komputer yang menjadi lambat karena software-software di dalamnya. Orang bilang ini virus. Orang lainnya bilang ini karena merek laptop yang memang jelek.

Tapi, apakah kenyataannya sesederhana itu?

#1 Komputer Melambat Bisa Saja Karena Sistem Operasi yang Kudet

Windows 10 adalah sistem operasi terakhir dari Microsoft. Orang kebanyakan bilang Windows 10 masih berat digunakan. Padahal semua bisa disesuaikan agar berjalan lebih kencang dengan melakukan hal-hal yang disarankan seperti meng-update Windows lewat Windows Update, menginstal driver terbaru, dan sebagainya.

Orang suka ngaco dengan Windows 10. Orang bilang penyebabnya adalah Windows 10 yang berat. Padahal Windows 10 sendiri terbilang jauh lebih memudahkan. Microsoft sendiri terus mengembangkan Windows 10 agar fitur dan kinerjanya meningkat dengan update besar seperti November Update, dan Creator Update yang akan dirilis beberapa bulan ke depan.

Saya tak menyarankan sobat untuk downgrade ke Windows 7, sebelum terus meng-update Windows 10 ke build yang terbaru (versi Public, bukan Insider). Namun jika sobat tetap lebih nyaman dan merasa komputer lebih cepat dengan Windows 7, ya downgrade saja. Itu pilihan sobat sendiri.

Ada pula yang masih menggunakan Windows 7, tapi komputer atau laptopnya tetap lemot, lambat. Penyebab utama dari lambatnya komputer semacam ini karena tak pernah meng-update Windows 7 yang mereka gunakan. Juga karena driver-nya yang tak pernah di-update.

#2 Komputer Melambat Karena RAM yang Kurang

Kini laptop yang modern sudah diwajibkan untuk minimal menggunakan 2GB RAM. Alasannya tak lain adalah untuk mencegah lambatnya laptop karena sistem operasi yang terus berkembang. Karena Windows 7 dan Windows 10 yang memang akan nyaman digunakan dengan komputer/laptop dengan 1GB RAM saja.

Jadi, jika sobat punya uang dan tak ingin komputer/laptopnya lambat, ya upgrade saja RAM menjadi minimal 2GB. Pastikan pula sobat menggunakan 2GB RAM hanya untuk 32-bit Windows dan 64-bit Windows dengan minimal 4GB RAM.

Jika sobat tak punya cukup uang untuk upgrade RAM, maka tak ada pilihan lain selain menggunakan Windows 7 dengan jumlah software dan penggunaan yang lebih dibatasi.

Karena sobat tak mungkin bisa menggunakan Windows XP lagi karena Microsoft telah menghentikan updates keamanan untuk Windows XP yang berarti membuat Windows XP rentan terkena virus dan peretasan.

By the way, jika sobat seorang desainer grafis atau desainer web, disarankan untuk meng-upgrade RAM hingga 4GB saja. Atau sekalian 8GB. Terserah. Karena untuk desain membutuhkan RAM yang lebih, untuk proses multi-tasking yang terbaik.

#3 Komputer Melambat Karena Banyak Software/Program yang Terinstal

Sobat kemungkinan mendapati komputer atau laptop menjadi lambat dan semakin lambat karena terlalu banyak software yang sobat instal di PC. Ini sebenarnya tak terlalu berpengaruh dalam kinerja komputer sobat. Hanya saja jika software itu berjalan di background secara diam-diam, maka kinerja komputer pun melambat.

Dan jika software berjalan pada startup secara otomatis, maka hal yang akan terjadi tak lain adalah komputer jadi tambah lambat.

Solusinya adalah dengan meng-uninstall software-software yang tak berguna itu...

#4 Komputer Lambat Karena Fitur Windows yang Tak Sesuai dengan Spesifikasi Hardware

Jika RAM sobat hanya 1GB, lalu menggunakan Windows 10 dengan full feature-nya seperti Cortana dan Virtual Desktop, maka tentu saja komputer akan menjadi sangat-sangat lambat.

Jika sobat hanya memilih RAM 1GB dan VGA yang spesifikasinya rendah lalu dipakai untuk gaming, maka tentu saja komputer berubah menjadi lambat.

Jika sobat hanya memiliki kecepatan prosesor yang kecil namun dipakai untuk editing video, maka proses render akan sangat-sangat lambat.

Sederhananya semua penyebab komputer lambat adalah karena spesifikasi hardware yang tak relevan dengan penggunaan laptop atau komputer itu sendiri...

#5 Komputer Jadi Lambat Karena File Sampah yang Banyak

Bukan hanya jumlah software yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. File-file sampah seperti temporary files dan versi lama Windows (bekas upgrade) bisa menambah beban kinerja komputer, yang akhirnya membuat komputer menjadi lambat.

Btw, sobat tak perlu ikut menghapus caches browser atau caches lainnya. Karena cache memang sudah difungsikan untuk menyimpan data-data yang nantinya akan ditampilkan kembali sehingga sobat dapat membuka sebuah program berat (seperti Photoshop) berulang-ulang dengan lebih cepat.

#6 Komputer Jadi Lebih Lambat Karena Ada Lebih dari Satu Antivirus

Antivirus itu dibutuhkan. Sobat tak mungkin menggunakan komputer tanpa antivirus. Ada banyak antivirus di dunia ini, dan jika sobat menggunakan antivirus lebih dari satu, maka akan terjadi bentrok yang berakhir dengan lambatnya kinerja komputer.

Btw, Windows sendiri sudah punya Windows Defender sebagai antivirus default di Windows 10. Jadi sobat tak perlu repot-repot menggunakan antivirus lainnya.

#7 Komputer Lambat Karena Space Harddisk yang Sedikit

Space harddisk yang sedikit membuat komputer bekerja lebih lambat. Jika partisi sistem (biasanya :C) lebih sedikit space kosongnya, maka komputer akan semakin lambat.

Jadi tak ada pilihan lain selain menghapus software-software yang tak perlu. Atau meng-upgrade harddisk space agar kinerja komputer jadi lebih cepat.

#8 Komputer Jadi Lambat Karena Masalah ‘Kebersihan’ dan Kesehatan Hardware

Sobat mungkin menggunakan tipe hardware lama, vga lama, prosesor lama, dan sebagainya dengan tipe yang sudah lama. Maka tak ada solusi lain selain meng-upgrade hardware agar kinerja komputer tak lambat lagi.

Jangan lupakan kebersihan fan (kipas angin) agar CPU dan isinya yang bisa membuat komputer lambat, restart dengan sendirinya, komputer hang, dan sebagainya.

#9 Komputer Lambat Karena Tema yang Berlebihan

Maksud saya adalah skin pack. Jika sobat menggunakan skin pack dengan cara yang tak aman, maka bisa saja sobat membuat komputer menjadi lambat, bahkan error seperti tak bisa booting.

Jadi, uninstall saja skin pack yang sebenarnya tak penting itu. Uninstall dengan cara yang aman, karena cara uninstall yang salah justru membuat komputer tak bisa booting (seperti yang saya alami dulu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.