Android Apple iOS Komputer dan Laptop

Cara Melihat Riwayat Copy Paste

Pinterest LinkedIn Tumblr

Coba deh bayangin kalau misalnya jaman sekarang ini masih belum ditemukan teknologi copy-paste, pasti bagi para pelajar bahkan hampir semuanya akan mengalami kesulitan. Sebab di era yang sudah serba digital ini kita bisa melakukan apa saja menggunakan device pintar milik kita, seperti HP dan juga laptop.

Andai kata fitur copy-paste belum ditemukan, mungkin saja manusia akan tetap mempertahankan cara lama yakni mengetik ulang kemudian menyalinnya kembali. Jika panjang kalimatnya singkat atau sedikit, mungkin belum begitu berarti, kalau teks yang kamu salin jumlahnya berpuluh-puluh halaman, jatuhnya buang-buang waktu dan terkesan seperti dua kali kerja.

Beruntung dengan adanya fitur copy-paste ini, mereka yang melakukan kegiatan seperti membuat file atau dokumen makin termudahkan karena menyalin beberapa kalimat tidak perlu mengetik ulang, cukup copy kalimat tersebut kemudian paste di lembar kerja baru.

Tapi ada beberapa pengguna yang kebingungan karena saking banyaknya file yang mereka copy, sampai lupa bagian mana yang harus disalin atau ditempelkan di lembar kerja baru. Ternyata sistem tidak sesingkat itu, pihak pengembang telah memperhitungkan dan merancang semuanya dengan menciptakan fitur seperti history copy-paste.

Jadi pengguna dapat memantau jenis file atau kalimat mana saja yang telah mereka copy sebelumnya, bahkan mungkin ada kalimat yang sudah dikutip tapi lupa ditempelkan, disini kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Cara Melihat Riwayat Copy Paste

Tenang saja disini kita akan berikan cara bagaimana melihat riwayat copy paste di beberapa jenis device. Untuk yang pertama kita akan mulai dengan perangkat Android, karena cukup banyak pengguna ponsel pintar ini dalam melakukan kegiatan copy-paste.

1. Android

Bukan hanya history pencarian di browser saja yang bisa kamu lihat, ternyata sistem Android telah memberikan fitur untuk melihat riwayat copy paste bahkan file-file riwayat sebelumnya. Apa sih kegunaan dari riwayat copy paste ini?

Fitur ini akan sangat kamu butuhkan ketika banyak menyalin file atau teks, namun ketika ditengah perjalanan kamu lupa menempel teks tersebut, secara jauh setelahnya kamu kembali mengcopy teks lagi dan teks lama sudah tertimbun oleh salinan teks baru.

Daripada kamu kembali ke sumbernya langsung, ikuti saja cara dibawah ini :

  1. Kita contohnya untuk mengcopy teks secara double di sebuah website.Copy teks di Android
  2. Fitur riwayat ini sebenarnya ada di keyboardnya, tekan kursor untuk mengetik.
  3. Setelah keyboard muncul, silahkan tekan icon berbentuk dokumen seperti dibawah ini :Tekan ikon dokumen untuk melihat riwayat copy paste
  4. Disini akan muncul banyak history kegiatan kamu seperti copy file, copy teks, dan screenshot tangkapan layar, untuk memunculkan kembali silahkan klik salah satu file tersebut.Riwayat copy paste di Android
  5. Selesai.

2. iOS

Sebelum memanfaatkan fitur riwayat copy paste ini, kamu sebelumnya bisa mendownload aplikasi bernama Copied. Software ini semacan clipboard manager untuk iPhone atau iPad termasuk mengontrol riwayat copy paste si pengguna.

  1. Pasang dulu aplikasi Copied.Aplikasi Copied for iOS
    ‎Copied Touch
    ‎Copied Touch
    Developer: Kevin Chang
    Price: 1,09 €

  2. Silahkan coba dengan mengcopy teks disebuah website, seperti biasa blok kalimat tertentu, tekan tombol Share seperti di bawah ini :Copy teks di iOS
  3. Kemudian kamu bisa pilih Save to Copied.Pilih Save to Copied
  4. Untuk melihat riwayat copy tersebut, munculkan keyboard dengan menekan cursor pengetikan.
  5. Tekan icon seperti globe di bawah ini :Tekan ikon globe
  6. Disana akan muncul riwayat copy paste yang sudah kamu lakukan sebelumnya.Riwayat copy paste di iOS
  7. Selesai.
Mau menonaktifkan update di Windows 10 ? Ikuti panduan cara mematikan update Windows 10.

3. Komputer dan Laptop

Untuk melihat riwayat copy paste di laptop khususnya pada Windows 10 ini jauh lebih mudah, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan lagi, cukup pakai fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft sendiri.

  1. Kamu perlu mengatur terlebih dahulu settingan awal.
  2. Klik icon Windows, kemudian ketik di kolom pencarian Clipboard.Pilih Start dan klik Clipboard settings
  3. Silahkan centang bagian Clipboard history di posisi On.Aktifkan Clipboard history
  4. Centang juga bagian Sync across device di posisi On.
  5. Jika sudah kita tes untuk mencopy suatu teks.Lakukan copy teks di komputer dan laptop
  6. Untuk memunculkan riwayat copy paste kamu bisa tekan tombol shortcut Windows + V.Riwayat copy paste akan terlihat
  7. Selesai.

Akhir Kata

Sekarang satu masalah baru sudah teratasi, bagi kamu yang lupa dan terlanjur tertumpuk banyak file salinan di device kamu, dan bingung mau kembali ke sumber utamanya, tinggal gunakan fitur riwayat copy paste untuk memunculkannya kembali. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar