Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11

Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Microsoft sendiri memiliki aplikasi resmi yang dapat merespon segala bentuk permintaan pengguna.

Nama aplikasinya adalah Microsoft PowerToys. Tanpa kita sadari bahwa potensi yang dimiliki aplikasi berikut sangat besar, contoh kecilnya seperti mengubah gambar menjadi teks, melakukan resize, Keyboard Manager, Mouse utilities, dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara install Microsoft PowerToys di Windows 11. Gunakan fungsi aplikasinya secara maksimal, dijamin segala bentuk perintah kalian bakal terasa praktis dan simpel.

Pengertian PowerToys

Bagi yang belum tahu apa itu PowerToys di Windows 11 ? Pertama sebelum kita masuk ke tahap penjelasan atau langkah instalasi aplikasi berikut, diawali terlebih dahulu penjelasan tentang aplikasi PowerToys itu sendiri.

Jadi Microsoft PowerToys ini merupakan sebuah tools yang dibuat khusus bagi pengguna Windows untuk meningkatkan produktivitas saat menggunakan perangkat komputer.

Sebenarnya tools ini diperkenalkan oleh Windows sejak kemunculan Windows 95 hingga berkembang sampai versi Windows XP. Tetapi setelah itu mereka vakum dan tidak melanjutkan kembali sampai pada versi Windows 10 dan 11, aplikasi PowerToys mulai eksis lagi.

Hingga saat ini sudah banyak menu update tools yang disediakan dalam PowerToys dan tentunya sangat bermanfaat buat kalian dalam menggunakan perangkat komputer.

Untuk itu kita akan sediakan tutorial cara install Microsoft PowerToys di Windows 11, sehingga kami harap kalian silahkan ikuti ulasan artikel kali ini sampai akhir.

Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11

Untuk mendapatkan aplikasinya sangat mudah, karena aplikasi berikut termasuk bagian pengembang dari Microsoft, maka kamu silahkan cari file installasinya di dalam Microsoft Store.

Di dalam Windows 11, akses menu Microsoft Store sudah tersedia secara default tinggal kalian login ke dalam akun masing-masing.

Dan kabar baiknya, Microsoft PowerToys bisa kalian jangkau sangat mudah, karena aplikasi ini dapat diunduh secara gratis tanpa lisensi berbayar.

Langsung saja kalian ikuti langkah langkah-langkah installasi Microsoft PowerToys di Windows 11 di bawah ini:

  1. Disini komputer atau laptop kalian harus terhubung dengan koneksi internet. Karena proses instalasinya dibutuhkan koneksi untuk unduh data.
  2. Pertama kalian buka Microsoft Store. Kalian bisa cari akses Microsoft Store ini di menu Start atau jika tidak ketemu bisa kalian ketikkan di kolom pencarian Windows.1 Buka Microsoft Store - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  3. Setelah terbuka, pastikan kamu sudah login ke dalam akun Microsoft. Ikuti proses Sign In sampai berhasil masuk ke tampilan utama Microsoft Store.
  4. Kalau sudah pencet kolom pencarian.2 Pencet Kotak Pencarian - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  5. Dan ketikkan PowerToys disana. Setelah itu Enter untuk memunculkan pencarian.
  6. Klik aplikasi Microsoft PowerToys.3 Buka Microsoft PowerToys - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  7. Kemudian kalian tinggal pilih tombol Install untuk memasang ke dalam komputer.4 Ketuk Tombol Install - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  8. Tunggu proses pemasangannnya sampai selesai.
  9. Setelah selesai maka secara otomatis Microsof PowerToys akan terbuka dengan sendiri.5 Aplikasi Terbuka - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  10. Selesai.

Baca Juga :

Mau install Hyper-V di Windows 11 versi Home ? Silahkan ikuti langkah-langkah installasi Hyper-V di Windows 11 Home secara lengkap.

Settings Microsoft PowerToys

Jendela aplikasi akan secara otomatis terbuka, ini menandakan bahwa aplikasi berhasil terinstall dan kamu bisa langsung menggunakannya.

Nah untuk mengoperasikan PowerToys, kita perlu menyesuaikan pengaturan di awal guna menjalankan program sesuai preferensi kalian masing-masing. Mode pengaturan berikut dapat kita temui di kolom menu General.

Dibawah ini akan kita jelaskan mengenai pengaturan general seputar aplikasi Microsoft PowerToys.

  1. Saat aplikasi PowerToys terbuka, arahkan ke menu General.6 Pencet Menu General - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  2. Pertama perhatikan versi aplikasi, disini versi yang kita install adalah versi terbaru. Kalau kalian tidak ingin ketinggalan update terakhir mengenai aplikasi PowerToys, silahkan tap tombol Check for Update. Kalau sudah tersedia versi terbarunya, maka sistem akan otomatis memperbarui.7 Pilih Menu Update - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  3. Di bagian kotak Administrator Mode, bisa kalian atur ingin menjalankan aplikasi sebagai administrator atau tidak. Ubah saja kotak dibagian samping menu Administrator Mode. Centang bagan Always run as Administrator bila kalian menginginkan aplikasi terus berjalan sebagai administrator.8 Aktifkan Always On - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  4. Dibawahnya kamu bisa atur App Theme, tetapi jika kalian atur tema disini tetap akan diarahkan ke Settings Theme Windows 11, jadi satu paket ubahan tema buka personisasi dari aplikasi itu sendiri.9 Atur Tema - Cara Install Microsoft PowerToys di Windows 11
  5. Terakhir ada menu Run at Startup, jika kalian aktifkan mode ini maka aplikasi Microsoft PowerToys akan otomatis berjalan ketika kamu menghidupkan Windows. Sehingga tidak perlu buka secara manual ketika ingin digunakan.

Fitur Microsoft PowerToys

Adapun beberapa fitur yang mereka sediakan, diantaranya seperti :

  1. Always on Top
  2. Awake
  3. Color Picker
  4. Fancy Zone
  5. File Explorer Add-ons
  6. Image Resizer
  7. Keyboard Manager
  8. Mouse Utilities
  9. Power Rename
  10. PowerToys Run
  11. Qucik Accent
  12. Screen Ruler
  13. Shortcut Guide
  14. Text Extractor
  15. Video Conference Mute

Baca Juga :

Apple meghadirkan fitur baru Dynamic Island. Untuk pengguna Windows 11 mau coba ? Berikut panduan cara pasang Dynamic Island di Windows 11.


Akhir Kata

Sekian pembahasan kita mengenai cara install Microsoft PowerToys di Windows 11. Silahkan install fasilitas ini untuk memudahkan segala bentuk kemudahan kalian dalam mengoperasikan komputer masing-masing. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar