Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home

Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home

Dalam kondisi tertentu fitur Hyper-V ini sangat kita butuhkan. Windows telah memberikan fasilitas berikut dari beberapa model sistem operasi sebelumnya. Di mulai dari Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, hingga yang paling terbaru yakni Windows 11.

Fitur ini hadir sebagai program default dengan proses aktivasi manual. Tugas utama Hyper-V adalah sebagai Virtual Machine di platform Windows.

Dan pada kesempatan kali ini kita ingin memberikan ulasan kepada kalian mengenai cara install Hyper-V di Windows 11 Home.

Apa itu Hyper-V di Windows

Agar lebih jelas lagi, Hyper-V merupakan sebuah aktivasi program bila kalian coba menghidupkan fitur satu ini maka sistem operasi Windows akan membuka akses virtualisasi melalui bantuan server core dan prosesor.

Ada dua jenis Hyper-V yang bisa kita kenal umum, pertama Hyper-V Parent dan satunya lagi Hyper-V tanpa Parent. Pada dasarnya fitur berikut akan membuatkan server virtualisasi baru dan dengan diaktifkannya akses tersebut kalian bisa memakai dalam berbagai macam kebutuhan. Seperti kebutuhan bisnis, meningkatkan efisiensi perangkat, hingga mengatasi pengeluaran device.

Bisa juga kita sebuah Hyper-V dengan firmware pembuat mesin virtual. Ada peran Hypervisor dibalik skema fitur, sehingga memungkinakn hardware virtualization menjalankan beberapa sistem operasi diatas host komputer.  

Sejarahnya cukup panjang, dengan penjelasan singkat kita terangkat bahwa fitur aplikasi berikut tersedia satu paket dengan Windows, artinya masih satu program dengan Microsoft. Awalnya “Hyper-V” dibeli dari Connectix setelah itu mereka menyempurnakan dan diganti dengan Virtual Server 2005.

Hingga kini sistem terus mendapatkan perkembangan sampai-sampai yang kita kenal dengan sebuah Hyper-V.  

Fungsi dan Fitur Hyper-V

Adapun beberapa fungsi dan manfaat yang kalian dapatkan ketika mengaktifkan fasilitas satu ini, beberapa diantaranya sudah kita rangkum dibawah ini.

  • Membuat sistem dan program komputer kalian menjadi lebih luas serta cloud privat.
  • Memaksimalkan perangkat komputer lebih efektif.
  • Membuat program infrastruktur desktop virtual (VDI).
  • Menjadikan perangkat komputer dalam mode pengembang dan pengujian efisien.
  • Keamanan dalam hal proteksi program komputer dari malware maupun akses tidak sah dari aktivitas mencurigakan.
  • Koneksi jarak jauh memungkinkan pengguna mengoperasikan desktop melalui akses konsol yang berbeda.
  • Terdapat layanan migrasi portable, sehingga kegiatan impor dan ekspor dapat memudahkan untuk mendistribusikan data secara virtual.
  • Pemulihan dan pencadangan ketika terjadi kerusakan, replika Hyper-V akan membuat salinan komputer. Sehingga kalian akan lebih mudah melakukan restore sesuai kondisi terakhir.

Baca Juga :

Mau pasang Windows Subsystem for Android™️ di Windows 11 ? Kami sediakan panduan installasi WSA di Windows 11 secara lengkap.

Cara 1 : Aktifkan Manual Lewat Windows Features

Windows 11 telah membekali akses pintas dalam mengaktifkan segala bentuk fitur terbaru secara manual sesuai preferensi masing-masing pengguna.

Salah satu yang dapat kalian temukan disana adalah Hyper-V Windows 11. Setelah kalian aktifkan menu ini, langsung saja pergi ke jendela Windows Features untuk mencentang program Hyper-V agar bisa digunakan.

  1. Pertama kalian buka jendela Start.
  2. Setelah itu pencet tombol Settings.
  3. Masuk ke bagian sub menu Apps di sisi kiri.1 Pilih Menu Apps - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  4. Kemudian klik bagian Optional Features.
  5. Disini kamu bisa scroll ke bawah dan cari bagian More Windows Features.
  6. Temukan Hyper-V pada jendela Windows Features ini.
  7. Centang icon folder Hyper-V termasuk program Hyper-V Management Tools dan Hyper-V Platform.12 Centang Hyper V - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  8. Terakhir pencet tombol OK.
  9. Kalau sudah semuanya, tinggal kamu restart perangkat komputer kalian.
  10. Selamat mencoba.

Cara 2 : Melalui Bantuan File Text

Cara install Hyper-V di Windows 11 Home yang berikutnya, kita bisa menggunakan bantuan Text Document beserta script kode yang akan kita sertakan pada keterangan dibawah ini.

Kurang lebih sama seperti diatas, kita tetap mengunjungi jendela Windows Features, dan centang program Hyper-V untuk mengaktifkan secara manual. Selengkapnya simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama kalian klik kanan tampilan Desktop.
  2. Setelah itu pencet tombol New dan pilih bagian Text Document.2 Buat Text Document - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  3. Nah kalau sudah jendela Notepad muncul, paste kode script yang kita tuliskan berikut : pushd “%~dp0″ dir /b %SystemRoot%servicingPackages*Hyper-V*.mum >hv.txt untuk /f %%i in (‘findstr /i. hv.txt 2^>nul’) lakukan dism /online /norestart /add-package:”%SystemRoot%servicingPackages%%i” del hv.txt Dism /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Hyper-V -All /LimitAccess /ALL pause3 Paste Script Disana - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  4. Kalau sudah pencet tombol File.4 Ketuk Tombol File - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  5. Lalu klik bagian Save As.
  6. Letakkan saja penyimpanan file baru ini di Desktop, setelah itu beri nama file dengan hyper-v.bat.5 Ketuk Tombol Desktop - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home6 Ketikkan Hyperbat - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  7. Terakhir klik tombol Save.
  8. Kalau sudah, perhatikan script yang tersimpan di Desktop. Klik kanan script tersebut.7 Klik Kanan Filenya - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  9. Dan pencet menu Run as administrator.8 Pencet Run As Administrator - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  10. Tunggu proses berjalan dengan sendiri.9 Biarkan Program Berjalan - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  11. Sampai pada tulisan Do you want to restart the computer now? ketikkan saja Y dan Enter.10 Ketuk Perintah Y - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  12. Maka komputer akan terestart.
  13. Kalau sudah kembali hidup, pencet tombol Start.
  14. Setelah itu ketikkan Hyper-V Manager.
  15. Buka jendela program tersebut.
  16. Disini kita bisa melihat keterangan The Windows 11 sudah terinstall Hyper-V.11 Cek Status Hyper V - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  17. Kembali kalian pencet Start.
  18. Ketikkan Windows Features di pencarian.
  19. Tap untuk membuka programnya.
  20. Scroll kebawah dan pastikan Hyper-V beserta folder Hyper-V Management Tools dan Hyper-V Platform sudah tercentang.12 Centang Hyper V - Cara Install Hyper-V di Windows 11 Home
  21. Selamat mencoba.

Baca Juga :

Setelah menginstall Windows 11, laptop kamu tidak bisa dimatikan ? Kami berikan cara mengatasi Windows 11 tidak bisa dimatikan.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah penjelasan tim kompiwin tentang cara install Hyper-V di Windows 11 Home. Silahkan ikuti penjelasan dan langkah-langkah diatas, bagi yang menginginkan fitur Hyper-V aktif di dalam komputer kalian. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar