Windows 8.1 Windows

Cara Menutup dan Mengeluarkan Aplikasi Metro Windows 8.1

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi Anda pengguna Windows 8.1 yang masih pemula, menengah, maupun profesional wajib mengetahui hal yang satu ini. Anda mungkin belum pernah menduga untuk menutup aplikasi metro dengan cara yang benar, dan pastinya tidak akan berjalan dalam background.

Menutup aplikasi metro dengan cara lama tidak akan mengeluarkan aplikasi metro dalam proses latar belakang (background). Menutup aplikasi metro berbeda dari menutup aplikasi desktop (dalam window/jendela). Pengguna harus menghentikan proses dari aplikasi metro secara manual agar tidak berjalan dalam background.

titlebar aplikasi metro di windows 8.1 untuk menutup dan mengeluarkan aplikasi metro

Seingat saya saat pertama kali menggunakan Windows 8, setelah menutup aplikasi metro itu tidak akan berjalan dalam background. Namun setelah meng-upgrade ke Windows 8.1 aplikasi metro tersebut selalu muncul dan masih berjalan dalam background. Ini bisa dilihat dalam Task Manager bahwa aplikasi metro masih muncul dan berjalan dalam background walau Task Manager tidak menujukannya dalam grup “Background processes“.

task manager di windows 8.1 menunjukan aplikasi metro masih berjalan dalam background
Kesulitan menggunakan Windows 8.1 ? Ikuti tips mempermudah penggunaan Windows 8.1.

Dilihat dari screenshot di atas, maka kita bisa mengetahui bahwa aplikasi metro tersebut masih bekerja dan berjalan dalam background. Aplikasi metro tidak akan pernah berhenti berjalan dalam background jika Anda tidak menghentikannya secara manual.

Berbeda dengan aplikasi dalam desktop, di mana Anda dapat menutup dengan tombol Close dan tidak akan berjalan dalam background. Tapi hal itu juga tergantung dari aplikasi desktop tersebut.

Suatu aplikasi yang bekerja dalam background sudah pasti akan memakan RAM. Mungkin juga akan mengurangi CPU, Disk Usage, dan mengurangi kecepatan koneksi internet (tergantung aplikasi itu sendiri). Hal itu akan mengurangi kinerja dari PC Anda.

Menutup aplikasi metro menggunakan tombol Close pada titlebar baru tidak akan memberhentikan aplikasi metro dalam background, sama seperti menutup dengan cara lama, yakni: menggeser bagian atas aplikasi metro ke bawah, dan langsung melepasnya. Hal ini sama sekali tidak akan mengeluarkan aplikasi setelah menutupnya dengan cara lama.

Cara Menutup Aplikasi Metro di Windows 8.1

Lalu bagaimana cara menutup dan mengeluarkan aplikasi metro dengan benar agar tidak berjalan dalam background? Itu mudah saja. Berikut caranya:

  1. Geser pada bagian atas aplikasi metro ke bawah layar.
    task manager di windows 8.1 menunjukan aplikasi metro masih berjalan dalam background
    Posisi di bagian atas layar
  2. Tunggu sampai aplikasi metro tersebut membalik dan menampilkan icon umumnya.
    Cara Menutup dan Mengeluarkan Aplikasi Metro Windows 8.1 1
    Posisi di bagian bawah layar, belum menunjukan icon umum
  3. Jika icon umum telah muncul, maka lepas aplikasi metro tersebut.
    task manager di windows 8.1 menunjukan aplikasi metro masih berjalan dalam background
    Icon umum sudah muncul
  4. Tunggu beberapa detik setelah melakukan cara di atas. Buka Task Manager dan lihat apakah aplikasi metro yang Anda tutup tadi masih berjalan dalam background atau tidak.
  5. Atau lihat animasi GIF ini untuk petunjuk yang lebih jelas.Cara Menutup dan Mengeluarkan Aplikasi Metro Windows 8.1 2
  6. Selesai.
Lock Screen Windows 8.1 mau kamu hilangkan ? Ikuti tutorial cara untuk menghilangkan Windows 8.1.
Tips: Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menekan tombol Alt+F4 untuk menutup aplikasi metro tanpa meninggalkannya bekerja dalam background.

Demikianlah adalah tutorial cara menutup aplikasi Metro agar tidak berjalan di background. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan tips-tips lainnya.

Tentang Penulis

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tulis Komentar