3 Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan

Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru dari Windows yang telah dibekali dengan beberapa fasilitas modern. Walau demikian, sistem operasi ini masih tidak luput dengan berbagai persoalan terkait kerusakan sistem.

Awal mula kehadiran versi Windows 11 ini, masih sering memunculkan gejala-gejala bug maupun error hingga menyulitkan pengguna. Bahkan sampai ada yang tidak dapat mematikan Windows atau biasanya disebut dengan Shut Down.

Mau seperti apapun, komputer atau laptop harus tetap kita matikan, agar kinerja perangkat tidak terlalu over. Sekaligus memelihara komponen dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak terduga.

Permasalahan seperti ini termasuk yang cukup umum terjadi, kita punya solusi alternatif dalam persoalan cara mengatasi Windows 11 tidak bisa dimatikan. Tenang saja kamu tidak perlu panik, silahkan ikuti saja beberapa langkah-langkah panduan yang sudah kami buat dibawah ini.

Penyebab Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan

Perangkat komputer tidak bisa dimatikan, merupakan gejala yang tidak semestinya terjadi. Windows menyediakan menu log aktivitas pengguna dari mulai Shut Down, Restart, hingga Sleep.

Khususnya bagi perintah Shutdown, hal ini memiliki fungsi agar komponen dapat diistirahatkan setelah masa pemakaian pengguna usai. Bertujuan juga dalam hal cooling system, dan supaya menjaga perangkat kerasnya tidak stres.

Namun di beberapa kejadian, mereka mengaku jika komputer Windows 11 mereka tidak dapat dimatikan. Lantas apa yang sebenarnya terjadi?

Penyebab umum dalam peristiwa ini pertama karena gangguan bug. Bukan suatu hal yang asing lagi bahwa bug termasuk musuh utama dalam tatanan program di sebuah Windows…mereka yang akan mendisable hingga membatalkan semua fungsi perintah dari pengguna tanpa gejala mencurigakan.

Selanjutnya bisa karena menu pengaturan yang telah kalian program. Ini akan berlaku bagi pengguna yang mengatur sistem konfigurasi perintah mematikan komputer lewat tombol Power. Sehingga perangkat cuma akan merespon ketika kamu menekan power saja.

Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan

Ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam mengatasi Windows tidak bisa dimatikan disini. Tidak terlalu rumit, tinggal atur beberapa langkah penyesuaian, maka komputer kamu akan teratasi.

1. Troubleshoot Problem

Yang pertama, Windows mempunyai jendela Troubleshoot yang dapat mengatasi berbagai persoalan dalam sistem komputernya.

Salah satu menu disana tersedia aktivitas seputar Power, silahkan kamu jalankan program Troubleshoot dan biarkan Windows memperbaikinya.

  1. Masuk ke dalam menu Start.
  2. Kemudian kamu buka tombol Settings.1 Pencet Tombol Settings - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  3. Berikutnya pilih menu System yang ada di sisi kiri.
  4. Setelah itu scroll bagian menu sisi kanan, dan temukan bagian Troubleshoot.2 Pencet System Troubleshoot - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  5. Pilih lalu tekan tombol Run untuk bagian Power.3 Tap Run Power - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  6. Tunggu proses scanning selesai.4 Pencet Tombol OK - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  7. Kalau sudah kamu silang saja jendela Setting ini dan tekan tombol shortcut Windows + R.
  8. Ketikkan pada kolom shutdown –r –f –t 00. Lalu tap OK.5 Ketikkan Script - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  9. Selesai.

Baca Juga :

Ingin belajar menghubungkan komputer dengan Windows 11 ? Berikut panduan cara konfigurasi jaringan LAN di Windows 11.

2. Edit Plan Setting

Metode kedua mari kita atur kembali sistem konfigurasi yang ada di dalam edit Power Plan Setting. Menu ini menyediakan kelengkapan opsi terkait aktivitas log, sepeti Sleep hingga shut down. Tugas kita adalah mengatur bagian Shutdown agar dapat berfungsi kembali. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Ketuk menu Start Windows 11.
  2. Ketikkan di kolom pencarian Edit Power Plan. Lalu pencet untuk membukanya.6 Buka Edit Power Plan - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  3. Setelah jendela terbuka, silahkan kamu ketuk tulisan Change Advance Power Settings.7 Tap Change Advance Power Settings - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  4. Berikutnya, pencet tombol plus di samping tulisan PCI Express.8 Pencet Plus PC Express - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  5. Selanjutnya klik tombol Plus lagi di samping Link State Power Management.9 Pencet Plus State Power - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  6. Ubah kedua menu pengaturan tersebut menjadi Off semua.10 Ubah Semua Off - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  7. Bila sudah kamu tekan tombol Apply, dan klik OK.
  8. Silahkan coba matikan komputer kalian.

3. Shortcut Shutdown

Cara mengatasi Windows 11 tidak bisa dimatikan yang berikutnya yaitu buat tombol shortcut berisi perintah Shutdown. Tombol ini nantinya yang akan menjadi pengganti fungsi Shutdown, dengan perintah serupa.

  1. Klik kanan bagian desktop.
  2. Selanjutnya pencet New Shortcut.11 New Dan Shortcut - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  3. Ketikkan Type the location of the item dengan shutdown /s /t 00.12 Ketikkan Script - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  4. Setelah itu klik Next.
  5. Ketikkan nama Shortcut dengan Shutdown.13 Ketikkan Nama Shutdown - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  6. Kalau sudah shortcut berhasil kamu buat, dan nanti muncul pada bagian desktop komputermu.
  7. Klik kanan shortcut tersebut. lalu pencet Properties.14 Klik Kanan Properties - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  8. Klik tombol Change Icon.15 Klik Change Icon - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  9. Pilih tombol icon Power merah disana. Dan tap OK.16 Pilih Icon Shutdown - Cara Mengatasi Windows 11 Tidak Bisa Dimatikan
  10. Silahkan double klik shortcut untuk mematikan komputer.

Baca Juga :

Komputer dengan Windows 11 kamu lambat ? Mungkin file sampahnya sudah penuh. Beginilah panduan cara hapus file sampah di Windows 11.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan kita mengenai cara mengatasi Windows 11 tidak bisa dimatikan. Silahkan ikuti penjelasan diatas untuk memperbaiki solusi pada perangkat komputermu. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang