Cara Mengatur Margin di WPS Office

Cara Mengatur Margin di WPS Office

WPS Office termasuk salah satu favorit aplikasi untuk mengolah dokumen setelah Microsoft Office. Aplikasi satu ini dinilai memiliki keunggulan yang tidak ada di dalam Microsoft Office.

Mereka juga mengeluarkan dua versi aplikasi, baik itu untuk komputer/laptop dan satunya lagi untuk Android.

Sedangkan versi Android berikut memiliki sistem all in one package, dengan menginstall satu aplikasi kalian bisa memanfaatkan berbagai fasilitas di dalamnya, seperti Doc, Sheet, dan juga PowerPoint.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan beberapa macam alat pendukung, dengan meningkatkan versi akun ke premium fasilitas tersebut sudah bisa kita gunakan secara potensial. Tetapi kalian bisa download WPS Office MOD terbaru untuk mendapatkan akses premium tersebut secara gratis.

Adapun dari sebagian fasilitas WPS Office, kita kenal istilah yang namanya margin. Aplikasi ini digunakan untuk menentukan sebuah ukuran dokumen maupun ukuran file print out sesuai ukuran kertas yang kalian gunakan.

Belum banyak yang tahu bagaimana cara mengatur margin di WPS Office ?

Padahal custom ukuran margin ini sangat penting dalam menentukan sebuah format karya tulis…maka dari itu disini kita akan berikan tips dalam membuat margi baik itu versi WPS Office untuk komputer/laptop maupun WPS Office untuk Android.

Fungsi Margin

Sebelum kita mulai tutorial dibawah, pertama secara singkat kita jelaskan pengertian margin itu adalah, fitur atau sub menu yang terdapat di sebagian aplikasi olah dokumen dimana alat ini memiliki fungsi untuk mengatur suatu jarak terhadap batas tepi lembar teks maupun kertas dari ukuran yang dibuat oleh pengguna.

Sebagai gambaran, kertas ukuran A4 dengan kertas ukuran A3 mempunyai ukuran margin yang berbeda, jika kalian menggunakan ukuran margin A4 di kertas A3, maka hasilnya kurang fit dengan batas tepi kertasnya.

Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan ukuran margin untuk menentukan suatu lembar dengan format tampilan yang proper.

Selain itu margin juga berguna dalam mengatur orientasi halaman, seperti potrait atau landscape. Ukuran umum margin dikenal ada beberapa, diantaranya seperti :

Nama MarginKeterangan
Margin NormalTop : 2.54cm
Bottom : 2.54cm
Left : 2.54cm
Right : 2.54cm
Margin NarrowTop : 1.27cm
Bottom : 1.27cm
Left : 1.27cm
Right : 1.27cm
Margin ModerateTop : 2.54cm
Bottom : 2.54cm
Left : 1.91cm
Right : 1.91cm
Margin WideTop : 2.54cm
Bottom : 2.54cm
Left : 5.08cm
Right : 5.08cm
Margin MirroredTop : 2.54cm
Bottom : 2.54cm
Left : 3.18cm
Right : 5.54cm
Margin Office 2003 DefaultTop : 2.54cm
Bottom : 2.54cm
Left : 3.18cm
Right : 3.18cm
Margin SkripsiTop : 4 cm
Bottom : 3 cm
Left : 4 cm 
Right : 3 cm

Cara Mengatur Margin di WPS Office

Ukuran margin selalu menyesuaikan permintaan pengguna, terkadang ada yang meminta kita untuk mengubah margin berukuran custom, mengubah orientasi dan sebagainya.

Untuk panduan mengatur margin di WPS Office akan kami bagikan untuk WPS Office versi komputer/laptop dan Android. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. WPS Office PC

WPS Office untuk komputer/laptop terlihat memiliki tampilan yang sangat familiar. Interface aplikasi berikut hampir menyerupai versi Microsoft Office, hanya saja kemasan, letak tombol dan beberapa fungsinya terasa lebih simpel. Berikut bagaimana cara mengubah margin.

  1. Buka aplikasi WPS Office di komputer kalian.
  2. Bikin dokumen baru.1 Buat Dokumen Baru - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  3. Pergi ke menu ribbon Page Layout.2 Masuk Ke Page Layout - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  4. Kemudian kamu klik untuk menu Margins.3 Pencet Tombol Margin - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  5. Disini tersedia beberapa template ukuran umum di WPS Office.Cara Mengatur Margin di WPS Office 2
  6. Atau jika ingin memasukkan ukuran custom silahkan ketikkan format di setiap masing-masing kolom di samping kotak Margins.5 Masukkan Ukuran Custom - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  7. Selamat mencoba.

2. WPS Office Android

Penggunaan WPS Office versi Android tentu berbeda dengan versi komputer/laptop diatas. Terlihat cukup rumit, tetapi fungsi margin pada WPS Office versi Android masih lumayan lengkap untuk merespon segala bentuk permintaan pengguna.

  1. Perama silahkan buka aplikasi WPS Office versi Android.
  2. Setelah itu kalian tap tombol Plus yang yang ada di pojok kanan bawah.6 Pencet Tombol Plus - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  3. Pilih saja Doc.7 Klik Tombol Doc - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  4. Kemudian pencet tombol Kosong untuk membuat lembar baru.8 Buat Dokumen Baru - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  5. Lalu klik icon Alat di paling pojok kiri bawah.9 Pencet Tombol Alat - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  6. Geser ke menu Lihat.10 Pilih Tab Lihat - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  7. Scroll menu di bawahnya dan klik fitur Pengetesan Halaman.11 Pencet Pengesetan Halaman - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  8. Klik Ukuran Halaman untuk memunculkan template margin.12 Atur Beberapa Settings - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  9. Atur orientasinya juga.
  10. Ubah satuan ukuran Margin ingin CM, Inchi atau sebagainya.
  11. Di paling bawah kamu bisa mengatur ukuran margin secara custom, dengan cara geser kedalam atau keluar setiap panah untuk melihat detail ubahan ukuran.13 Geser Bagian Panah - Cara Mengatur Margin di WPS Office
  12. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan cara mengatur margin di WPS Office, silahkan kamu ikuti penjelasan diatas untuk menyesuaikan ukuran halaman project dokumen di WPS Office masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang